NativZen
Advertising Area

Spesifikasi Lengkap dan Harga ASUS ROG Strix SCAR 18 (G834JYR)

Melangkapi jajaran laptop gaming terbaru, pada tahun 2024 ini ASUS merilis ROG Strix SCAR 18 (G834JYR).

Advertising Area

NATIVZEN.com – ASUS secara konsisten berada di garis depan, mendorong batasan dan menetapkan standar baru untuk kinerja, desain, dan inovasi. Pada tahun 2024, ASUS melanjutkan tradisi ini dengan merilis ROG Strix SCAR 18 (G834JYR).

Dibekali dengan teknologi terkini dan dirancang untuk para gamer dan kreator konten yang menuntut performa maksimal, ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) adalah laptop gaming paling powerful yang ada saat ini.

ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) adalah laptop gaming kelas enthusiast yang menawarkan performa dan fitur terbaik untuk para gamers dan kreator konten. Laptop ini ditenagai oleh prosesor 14th Gen Intel® Core™ i9-14900HX.

Ini adalah prosesor racikan Intel yang menggunakan konfigurasi 24 core dan 32 thread, serta dapat bekerja di frekuensi hingga 5,6GHz sehingga mampu menjalankan berbagai aplikasi serta game dengan lancar dan cepat.

Intel® Core™ i9-14900HX juga merupakan prosesor laptop paling kencang dan juga generasi terbaru dari Intel yang berbasis arsitektur hybrid. Prosesor ini menggabungkan Raptor Cove core untuk performa tinggi dan Gracemont core untuk efisiensi daya.

Selain telah mendukung memori DDR5 terbaru, prosesor 14th Gen Intel® Core™ juga dilengkapi dengan fitur eksklusif seperti Intel® Deep Learning Boost yang dapat mempercepat komputasi berkaitan dengan AI alias kecerdasan buatan.

Ada juga dukungan Intel® Smart Cache Technology yang disematkan ke dalam prosesor ini. Dukungan tersebut dapat meningkatkan kinerja cache dengan menggunakan cache L3 bersama antara core Raptor Cove dan Gracemont.

Selain mengusung prosesor paling powerful, ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) juga dibekali dengan GPU paling kencang. Dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX™ seri 4090 terbaru, para gamer dapat merasakan pengalaman bermain game dengan kualitas grafis terbaik.

Sementara itu, para kreator konten yang menggunakan ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) juga dapat menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat berkat proses rendering yang jauh lebih singkat serta kemampuan multitasking tak tertandingi.

Sebagai informasi tambahan, NVIDIA GeForce RTX 4090 merupakan bagian dari GeForce RTX 4000 Series, yaitu chip grafis generasi terbaru dari NVIDIA yang menggunakan arsitektur Ada Lovelace dan sudah dibekali kemampuan AI.

Kartu grafis ini juga menawarkan performa yang jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya. Dengan beberapa fitur unggulan seperti ray tracing, DLSS 3.0, dan NVIDIA Advanced Optimus tentunya akan memberi rasa yang lebih optimal dalam penggunaan.

ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) kembali menggunakan teknologi ROG Intelligent Cooling sebagai basis pada sistem pendinginnya. Bedanya, ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) kali ini dibekali dengan konfigurasi kipas serta heatsink baru.

Dengan adanya dukungan tersebut memungkinkan laptop gaming ini dapat selalu beroperasi secara optimal. Kipas yang digunakan di sistem pendingin ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) menggunakan konfigurasi Tri- Fan.

Konfigurasi tersebut menggabungkan bukan dua, melainkan tiga kipas khusus untuk mendinginkan seluruh komponen yang ada di dalam laptop gaming ini. Konfigurasi Tri-Fan sangat efektif untuk mempertahankan suhu operasional ROG Strix SCAR 18 (G834JYR).

Tri-Fan bukan satu-satunya fitur baru di sistem pendingin ROG Strix SCAR 18 (G834JYR). Laptop gaming terbaru ROG ini juga memiliki desain heatsink unik bernama Full-Width Heatsink. Desain heatsink tersebut membentang sepanjang bagian belakang bodi ROG Strix SCAR 18 (G834JYR).

Ditambah dengan kipas berteknologi Arc Flow Fan dan thermal compound berupa liquid metal Thermal Grizzly Conductonaut Extreme, ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) berhasil menjaga suhu CPU dan GPU dengan sangat baik.

ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) memiliki layar 16 inci dengan resolusi QHD (2560 x 1600) dan refresh rate 240 Hz. Layar ini juga mendukung teknologi NVIDIA G-SYNC untuk sinkronisasi frame rate GPU dengan refresh rate layar, sehingga bisa menghilangkan tearing dan stuttering.

Namun, yang membuat ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) ini berbeda dari laptop gaming kebanyakan adalah teknologi ROG Nebula HDR, yang menggunakan panel Mini LED untuk menciptakan efek HDR.

Panel Mini LED memiliki dioda yang lebih kecil dari LED biasa, sehingga dapat dipadatkan dalam zona-zona terpisah yang dapat dimatikan secara individual. Hal ini membuat warna hitam lebih gelap dan warna terang lebih cerah, sehingga menciptakan rasio kontras 100.000:1.

ROG Nebula HDR juga dilengkapi dengan algoritma pencahayaan lokal khusus yang disebut ROG Nebula HDR Engine. Algoritma ini dilatih dengan lebih dari 150 video dan 2000 foto, sehingga dapat menyesuaikan pencahayaan HDR secara dinamis.

Dengan demikian, gambar terlihat lebih hidup dan mendalam. Teknologi ROG Nebula HDR juga memastikan sajian visual terbaik berkat dukungan color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Selain itu, teknologi ROG Nebula HDR juga dilengkapi dengan fitur Eye Care yang dapat meminimalisir dampak radiasi sinar biru terhadap kesehatan mata. Itulah mengapa ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) dapat dikatakan sebagai laptop gaming yang memiliki kualitas layar terbaik.

Laptop Gaming Paling Powerful Saat Ini

ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) tidak hanya berhasil meneruskan tradisi menghadirkan perangkat yang fokus pada performa, tetapi juga menerapkan standar baru untuk industri laptop gaming di segmen tersebut.

ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) kali ini tampil lebih seperti sebagai laptop gaming dengan paket lengkap mulai dari performa terdepan, konektivitas terbaik, opsi upgrade lengkap, hingga sistem pendingin terbaik dan layar yang kualitasnya tidak dapat ditemukan di kompetitornya.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.