NativZen
Advertising Area

Hyundai dan ITB Kembangkan Perintah Suara Berbasis AI

Manufaktur Hyundai di Indonesia lanjutkan penelitian bersama Institut Teknologi Bandung mengembangkan perintah suara berbasis AI.

Advertising Area

NATIVZEN.com – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), pada hari Rabu, 15 Mei 2024 lalu, menerima kunjungan kerja dari Institut Teknologi Bandung (ITB) beserta tim peneliti. Kunjungan tersebut dalam rangka penelitian dan pengembangan bersama yang dilakukan HMMI dan ITB.

Ya, penelitian dan pengembangan bersama tersebut untuk mengembangkan fitur perintah suara berbasis Artificial Intteligence (AI). Ini merupakan bagian dari kerjasama yang sudah berjalan sejak 2023 dan akan terus berjalan untuk beberapa tahun ke depan.

“Kami sangat puas dengan kerjasama bersama ITB selama ini. Kami yakin lewat kolaborasi ini, teknologi serta aplikasi dari teknologi canggih Hyundai bisa mendapatkan formula fungsi terbaiknya,” jelas Bong Kyu Lee, Presiden Direktur PT Hyundai Motor Manufacturing.

Riset bersama dunia akademik Indonesia ini bertujuan melakukan pengumpulan data penunjang fitur perintah suara. Data ini nantinya akan dijadikan basis untuk fitur perintah suara interaktif yang canggih pada mobil-mobil Hyundai.

Sebagai bagian dari komitmennya dalam beroperasi di Tanah Air, HMMI bertujuan untuk berkembang bersama dengan Indonesia, salah satunya dengan melakukan penelitan bersama serta berbagi teknologi dengan akademisi.

Langkah ini diyakini dapat bermanfaat banyak dalam meningkatkan ekosistem industri khususnya dalam bidang teknologi. Oleh karena itu, kerjasama ini juga disambut positif oleh Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPiK) ITB Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D.

Saat berkunjung ke HMMI, Sugeng mengatakan bahwa ITB berupaya untuk menjadi lembaga yang mencerminkan kelokalan Indonesia namun tetap berorientasi pada global. Karenanya proyek pengenalan suara ini perlu dikembangkan lebih lanjut.

“Pengembangan dari kerjasama ini bukan hanya menggunakan teknologi terkini, tapi berkaitan dengan masyarakat Indonesia sebagai pengguna teknologi. Harapannya, kerjasama antara ITB dengan Hyundai bisa terus berlanjut,” ucap Sugeng.

Menutup pembicaraan, Bong Kyu Lee juga memiliki harapan yang sama. Ke depannya, diharapkan kolaborasi ini dapat membawa manfaat yang baik bagi semua pihak dan lebih utama lagi, mewujudkan mobilitas terbaik bagi masa depan Indonesia.

Kolaborasi antara manufaktur Hyundai dalam rangka pengembangan dan penelitian tak cuma
berjalan dengan kalangan akademisi. Dengan komitmen tumbuh dan berkembang bersama
Indonesia, HMMI juga secara berkelanjutan melakukan pelatihan bersama para pemasok lokal.

Lewat program peningkatan kemampuan ini, para supplier dibina untuk meningkatkan
kapabilitas penelitian dan pengembangan komponen hingga disertifikasi oleh prinsipal Hyundai
untuk menciptakan desain komponen secara mandiri.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.