NativZen
Advertising Area

Sony Luncurkan Xperia 1 VI, Punya Banyak Peningkatan

Sebagai penerus, Xperia 1 VI membawa sejumlah perbedaan dibandingkan model sebelumnya. Salah satu ada pada sektor kamera.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Sony beberapa waktu lalu telah secara resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya, Sony Xperia 1 VI. Ini merupakan suksesor dari Sony Xperia 1 V yang dirilis pada tahun lalu. Sebagai penerus, Xperia 1 VI membawa sejumlah perbedaan dibandingkan model sebelumnya.

Sony Xperia 1 VI telah dibekali layar LTPO dengan resolusi FHD+ dan memiliki rasio aspek 19.5:9. Karena itu, ini membuat layar 6,5 inci yang dimiliki smartphone tersebut terasa lebih lebar. Selain itu, Sony juga membekali layar tersebut dengan sertifikasi HDR.

Tak ketinggalan, untuk memanjakan para penggunanya, layar Xperia 1 VI juga memiliki cakupan penuh color gamut DCI-P3, touch sampling rate 240Hz dan tentunya sudah memproteksi layarnya tersebut dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus 2.

Tingkat kecerahan (brightness) layar juga ditingkatkan dari 900 nits menjadi 1.300 nits, kemudian refresh rate adaptifnya bisa disesuaikan dari 1 Hz hingga 120 Hz. Ini jauh berbeda dari Sony Xperia 1 V yang beralih antara 60 Hz dan 120 Hz.

Sony pun juga sesumbar bahwa rentang refresh rate adaptif yang baru ini diklaim dapat menghemat daya baterai smartphone. Sony sendiri menyebutkan bahwa smartphone flagship barunya ini telah ditenagai baterai 5.000 mAh dengan pengisian cepat 30W (kabel/nirkabel).

Kapasitas baterai tersebut dikatakan mampu bertahan hingga 2 hari penggunaan. Baterai bisa diisi 50% dalam waktu 30 menit. Baterai ini dapat mempertahankan sekitar 80% dari kapasitasnya setelah penggunaan 4 tahun, dan ini berkat fitur Battery Care dan Xperia Adaptive Charging.

Nah, untuk dapur pacunya, Xperia 1 VI ditenagai oleh SoC Snapdragon 8 Gen 3 bikinan Qualcomm. Chipset tersebut dipadankan dengan RAM LPDDR5X 12GB. Kapasitas media penyimpanannya dengan teknologi UFS 4.0 adalah hingga 512GB.

Bila dirasa kurang, pengguna bisa memperluas penyimpanannya hingga 1,5TB menggunakan kartu microSD. Dengan begitu, pengguna bisa lebih banyak menyimpan file foto, video, dan aplikasi favoritnya.

Sementara itu, di sektor fotografi, Sony Xperia 1 VI membawa konfigurasi yang mirip dengan pendahulunya, tetapi dengan sedikit perbedaan. Sony Xperia 1 VI masih mempertahankan kamera utama 48MP 1/1.35 inci (f/1.9, penstabil gambar OIS, 24 mm).

Namun, kamera ini telah mendukung mode resolusi penuh 48MP. Kamera utamanya ini ditemani oleh lensa ultra-wide 12MP yang tidak mengalami perubahan. Ada juga dukungan zoom yang telah ditingkatkan.

Ukuran sensornya sama yakni 1/3,5 inci, tetapi Sony Xperia 1 V1 menghadirkan modul zoom optik 85 mm hingga 170 mm (meningkat dari 85 mm-110 mm) dengan jarak yang lebih panjang (zoom dari 3,5x hingga 7,1x).

Kamera ini juga menghadirkan mode tele-macro 120 mm dan fokus jarak dekat yang tetap (fixed) 4 cm (perbesaran 2x). Ketiga kamera tersebut diposisikan secara vertikal di sudut kiri atas, dan ada pula sebuah lampu LED flash untuk pemotretan atau perekaman video di kondisi minim cahaya.

Terdapat juga logo Zeiss T*, yang berarti kamera smartphone ini mengadopsi teknologi Zeiss untuk mengurangi cahaya yang tidak diinginkan (glare). Sementara, di bagian depan smartphone ini Sony menyematkan kamera selfie 12MP dengan bidang pandang 84 derajat.

Kamera selfie, di bagian depannya ini ditempatkan di area bingkai, di atas perangkat. Sementara, deretan kamera yang disematkan oleh Sony ke dalam Xperia 1 VI mampu merekam video dengan resolusi 4K pada 120 fps.

Lalu, bagaimana dengan antarmukanya? Sistem operasi yang dijalankan Sony Xperia 1 VI adalah Android 14. Selain itu, Sony juga menjanjikan pembaruan sistem operasi hingga tiga generasi dan pembaruan keamanan hingga empat tahun.

Daya tarik lainnya, Sony Xperia 1 VI juga dibekali vapor chamber untuk menjaga suhu agar tidak terlalu panas. Ada juga dukungan fitur FPS Optimizer untuk menyesuaikan penggunaan CPU dan frame rate tergantung game yang dimainkan.

Tak ketinggalan, Sony juga melengkapi smartphone ini dengan dukungan 5G, Bluetooth 5.4, LE, NFC, dan pemindai sidik jari (fingerprint) di bagian samping. Spesifikasi lainnya adalah stereo speaker yang mengalami peningkatan di sektor bas, kejernihan, dan distribusi suaranya.

Menariknya lagi, Sony masih memperkaya smartphone flagship ini dengan jack audio 3,5 mm, Qi wireless charging, GPS, dan USB 3.2 Type-C. Sony Xperia 1 VI tersedia dalam pilihan warna Black, Platinum Silver dan Khaki Green.

Sony menjanjikan bahwa Sony Xperia 1 VI bakal dijual di pasar global pada awal Juni 2024. Harga yang ditawarkan adalah 1.399 Euro (Rp 24,2 juta) untuk varian 12GB/256GB. Selain Xperia 1 VI, Sony juga meluncurkan smartphone mid-range, Sony Xperia 10 VI.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.