NativZen
Advertising Area

Karena ini, Android 15 Bikin Masa Pakai Baterai Lebih Panjang

Android 15 telah memperkenalkan optimasi mode “Istirahatkan”. Ini fitur yang membantu menghemat pemakaian baterai saat perangkat tidak aktif.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Di sela-sela gelaran Google I/O 2024 yang digelar beberapa waktu lalu, Google mengungkapkan beberapa fitur baru yang hadir di Android 15. Fitur terbaru itu mencakup peningkatan yang berfokus pada privasi dan keamanan pengguna.

Namun, satu fitur dengan manfaat universal adalah meningkatkan masa pakai baterai. Nah, Android 15 telah memperkenalkan optimasi mode “Istirahatkan”. Ini sebuah fitur yang sudah ada di sistem operasi, dan membantu menghemat pemakaian baterai saat perangkat tidak aktif.

Optimasi tersebut fokus untuk mempercepat proses masuk ke mode Istirahatkan. Menurut Google, perangkat yang menjalankan Android 15 akan mencapai mode Istirahatkan 50% lebih cepat dibandingkan Android 14.

Mode Istirahatkan berfungsi dengan membatasi aktivitas latar belakang dan akses aplikasi ke sumber daya sistem saat smartphone tidak digunakan dalam waktu lama. Ini artinya, kapasitas baterai tidak akan terkuras lebih cepat.

Pengujian internal oleh Google menunjukkan bahwa aktivasi mode Istirahatkan yang lebih cepat ini dapat menghasilkan waktu siaga tambahan hingga tiga jam pada perangkat tertentu. Penting untuk dicatat bahwa peningkatan yang tepat dapat bervariasi.

Ya, hal itu tergantung pada perangkat keras dan pola penggunaan smartphone tertentu. Google juga memastikan bahwa perubahan tersebut akan berlaku untuk semua perangkat yang menerima pembaruan Android 15.

Jadi, jika smartphone kamu sudah mendapatkan Android 15, kamu dapat mengharapkan peningkatan masa pakai baterai secara keseluruhan. Selain itu, fitur tersebut diperkirakan juga akan dibawa oleh Google ke Wear OS 6.

Bisa dikatakan bahwa peningkatan mode Istirahatkan di Android 15 mewakili langkah praktis menuju pengelolaan baterai yang lebih baik bagi pengguna Android. Meskipun dampak pastinya pada masing-masing perangkat mungkin berbeda

Namun, sudah barang tentu bahwa transisi yang lebih cepat ke mode Istirahatkan menawarkan langkah yang menjanjikan untuk mencapai masa pakai baterai siaga yang lebih lama. Jadi, pengguna tak perlu lagi sibuk mencari sumber listrik untuk mengisi ulang baterai setiap saat.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.