NativZen
Advertising Area

Tips Rekam Ribuan Lampion di Hari Waisak Pakai Galaxy S24 Ultra

Pelepasan ribuan lampion memeriahkan Hari Raya Waisak 2568 BE di Candi Borobudur bisa kamu abadikan dengan Galaxy S24 Ultra.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Perayaan Hari Raya Waisak 2568 BE di tahun ini jatuh pada tanggal 23 Mei 2024. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tentu saja perayaan keagamaan bagi umat Buddha ini akan selalu ramai digelar di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Bahkan, InJourney Destination Management (IDM), anak usaha Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung InJourney, baru-baru ini telah mengeluarkan pengumuman untuk mengajak masyarakat turut serta menyaksikan detik-detik Waisak 2568 BE.

Nah, salah satu yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang datang ke sana adalah pelepasan ribuan lampion. Rangkaian acara lainnya yang juga bisa diikuti masyarakat mulai dari meditation walk hingga pasar medang di sekitar Candi Borobudur, yang akan digelar pada 24–26 Mei 2024.

Yuk, Abadikan Pelepasan Ribuan Lampion dengan Galaxy S24 Ultra

Seperti yang telah disebutkan, salah satu acara yang ditunggu oleh masyarakat yang datang ke perayaan Hari Raya Waisak di Candi Borobudur adalah pelepasan ribuan lampion a.k.a Festival Lampion. Dilepas pada malam hari, langit di atas Candi Borobudur akan terlihat sangat menarik.

Tentu saja, momen indah tersebut sayang untuk tidak diabadikan, yang nantinya bisa kamu ceritakan kepada banyak orang lewat sosial media misalnya. Hanya saja, tantangan terberat yang kamu hadapi adalah “merekam” semua itu dalam kondisi gelap alias low-light.

Namun, jika kamu datang ke Candi Borobudur membawa Galaxy S24 Ultra untuk menyaksikan langsung keindahan lampion-lampion yang dilepaskan ke langit malam, kamu tak perlu cemas. Smartphone flagship dari Samsung tersebut sangat bisa kamu andalkan.

Maksimalkan Penggunaan Fitur Nightography

Ya, pengalaman menikmati momen Hari Raya Waisak 2024 di Candi Borobudur dengan mengabadikan sejumlah lampion di malam hari akan lebih istimewa berkat fitur Nightography yang dimuat oleh Samsung ke dalam Galaxy S24 Ultra.

Sekadar informasi untuk kamu, Samsung telah meningkatkan kemampuan Nightography pada Galaxy S24 Ultra. Peningkatan tersebut dilakukan tentunya dengan tujuan untuk mendapatkan perekaman video dengan kualitas paling jernih di kondisi gelap.

Dengan kemampuan Nightography di Galaxy S24 Ultra, konten low light, seperti lampion beterbangan di malam hari di atas Candi Borobudur bisa tertangkap dengan jernih dan terekam lebih epic. Kamu juga bisa memaksimalkan permainan cahaya saat mengambil variasi angle.

Untuk mengabadikan lampion-lampion yang indah dari kemampuan Nightography pada Galaxy S24 Ultra yang memaksimalkan ketajaman hasil rekaman saat gelap, ini tips yang bisa kamu coba:

  • Arahkan kamera ke suatu sumber pencahayaan untuk menciptakan efek biasan yang epic dan sinematik.
  • Ciptakan transisi video yang cantik dengan mengambil footage yang membelakangi sumber pencahayaan.
  • Kombinasikan footage-footage tersebut saat editing untuk menciptakan variasi konten yang berbeda.

Galaxy S24 Ultra dibekali chipset flagship dengan AI ISP untuk meningkatkan kemampuan Nightography. AI ISP membantu perangkat lebih cerdas membedakan pergerakan perekam dengan subjek yang direkam untuk menciptakan video lebih smooth di kondisi minim cahaya.

AI di arsitektur ISP ini pun mendukung noise reduction yang lebih optimal sehingga perangkat mampu menghasilkan video yang lebih jernih di kondisi low-light, termasuk saat merekam dengan menggunakan zoom.

Abadikan Lebih Dekat Menggunakan 5x Optical Zoom

Kamu harus tahu bahwa Samsung juga menghadirkan solusi revolusioner lainnya bagi para penikmat perangkat mobile yang suka membuat konten foto atau video. Ya, solusi yang dimaksud adalah fitur 5x optical zoom terbaru.

Tak main-main, fitur tersebut disandingkan dengan sensor kamera 50MP. Ya, berkat dukungan tersebut tentu saja Galaxy S24 Ultra mampu menghasilkan video yang tidak shaky atau pecah saat pengguna merekam menggunakan zoom untuk mendekatkan objek yang direkam.

Dengan kemampuan tersebut, kamu bisa mendapatkan detail-detail yang lebih hidup pada video walau kamu tidak bisa terlalu dekat dengan objek. Oleh karena, fitur ini pun bisa kamu manfaatkan untuk merekam lampion-lampion yang beterbangan dari jarak dekat.

Dipadukan dengan fitur Nightography yang telah ditingkatkan pada Galaxy S24 Ultra, kamu pun tetap bisa mendapatkan hasil video yang jernih saat merekam dengan zoom di kondisi pencahayaan yang redup. Menarik bukan?

Jangan Panik Ketemu Pencahayaan yang Tricky, Pakai Mode Pro

Tak sedikit pengguna smartphone yang enggan untuk menggunakan Mode Pro ketika mengabadikan sebuah objek yang ada di depan mata, meskipun momen tersebut terbilang sangat spesial, seperti keindahan lampion yang dilepas saat perayaan Hari Waisak.

Padahal, pengaturan khusus sangat dibutuhkan, apalagi pada kondisi pencahayaan tertentu. Dengan begitu, kamu dapat memaksimalkan hasil konten yang direkam agar tetap jernih dan cerah. Di sinilah Mode Pro memainkan peranan!

Kalau menggunakan mode kamera biasa, kamera akan langsung fokus pada sumber cahaya dan membuat objek di sekelilingnya menjadi gelap. Pada kondisi pencahayaan tertentu pun bisa memunculkan garis-garis atau flicker pada video yang tidak bisa diatasi dengan mode biasa.

Agar hasil video lampion-lampion beterbangan terlihat lebih epic, kamu bisa menggunakan mode Pro Video untuk mengubah pengaturan kamera secara manual dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan Kamera lalu pilih mode Pro Video.
  2. Atur Shutter Speed dan ISO untuk mengurangi durasi cahaya yang masuk.
  3. Tingkatkan Shutter Speed dan turunkan ISO jika ingin fokus pada cahaya dari lampion saja.
  4. Sebaliknya, kamu bisa menurunkan Shutter Speed dan meningkatkan ISO untuk fokus pada cahaya lampion dan sekitarnya.
  5. Kamu juga bisa mengatur frame rate untuk mengurangi flicker pada video dalam kondisi pencahayaan tertentu, seperti lampion yang beterbangan.
xr:d:DAFi-ngzRbI:49,j:3234005159547340930,t:24030414
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.