NativZen
Advertising Area

ASUS Luncurkan ROG Ally X, ada Peningkatan di Banyak Sektor

ASUS secara resmi telah meluncurkan ASUS ROG Ally X di ajang Computex 2024 di Taiwan. Perangkat ini dijual mulai dari US$ 799.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Setelah menjadi obrolan berbulan-bulan, ASUS akhirnya secara resmi meluncurkan gaming handheld game console terbarunya, ROG Ally X. Ya, perangkat yang bakal memanjakan para penggemar game mobile ini diluncurkan di Computex 2024.

Meskipun bukan sekuel penuh dari Ally pendahulunya yang diluncurkan pada 2023, versi X menghadirkan beberapa peningkatan. Ini yang menjadikannya pilihan yang lebih menarik untuk sebuah perangkat gaming PC portabel.

Perubahan terbesar terletak di balik bodinya yang kini dibalut warna hitam. Dukungan prosesor Z1 Extreme dari AMD yang menggerakkan perangkat ini tetap sama, tetapi kini terpasang pada motherboard baru yang mendukung SSD 2280 penuh, yang mendukung drive dua sisi.

Selain itu, ASUS juga menggandakan penyimpanan pada varian dasar menjadi SSD 1TB. RAM pun telah ditingkatkan menjadi 24GB DDR5-7500 — 8GB yang didedikasikan untuk GPU terintegrasi dengan AMD Z1 Extreme.

Sementara, untuk catu daya, ROG Ally X kini dilengkapi sel 80 Wh, dua kali lipat dari pendahulunya, dan ASUS juga telah berhasil mengatasi masalah termal dengan pipa panas yang lebih besar dan kipas yang lebih senyap.

Hal ini juga berdampak pada peningkatan performa karena mode performa kini berjalan pada 17W, naik dari 15W, dan mode senyap meningkat dari 10W menjadi 13W. Dari segi desain, ROG Ally X mempertahankan estetika yang tampak begitu lebih elegan.

Dibalut warna hitam, perangkat ini tampak begitu lebih ramping, dan ASUS pun menyempurnakannya handheld game console terbarunya ini dengan tata letak kontrol yang lebih baik.

D-pad telah ditingkatkan, joystick didesain ulang untuk daya tahan yang lebih baik dan masa pakai lima juta siklus (dibandingkan dengan dua juta siklus di Steam Deck), dan tombol makro di bagian belakang kini lebih kecil dan lebih tersembunyi.

Salah satu perubahan penting adalah penghapusan port XGM, digantikan oleh port USB Type-C kedua. Salah satu port ini kompatibel dengan Thunderbolt yang memungkinkan pengguna menghubungkan GPU eksternal untuk pengalaman bermain game yang lebih menuntut.

Layarnya tetap sama dengan Ally pendahulunya, yakni panel berukuran 7 inci dengan resolusi 1080p dan refresh rate 120Hz. Nah, bagi konsumen yang tertarik dengan ROG Ally X, saat ini perangkat tersebut tersedia untuk pre-order mulai dari harga US$ 799.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.