NativZen
Advertising Area

OPPO akan Buat Smartphone AI Terjangkau

Dalam sebuah diskusi panel, OPPO mengungkapkan komitmennya untuk membuat smartphone AI terjangkau bagi semua orang.

Advertising Area

NATIVZEN.com – OPPO mengungkapkan komitmennya untuk membuat smartphone AI terjangkau bagi semua orang. Langkah ini juga menunjukan cara OPPO untuk revolusi teknologi dan restrukturisasi ekosistem smartphone AI di masa yang akan datang.

Selain itu, OPPO juga memberikan gambaran tentang kehidupan yang lebih cerdas dan nyaman yang akan hadir melalui smartphone AI bersama sejumlah mitra industri ternama di bidang teknologi, yang terdiri dari Google, MediaTek dan IDC.

OPPO akan Bawa AI Generatif ke Semua Lini Produk Smartphone AI 

Dengan jangkauan global yang luas, konektivitas tinggi, dan kemampuan multimodal, smartphone ditempatkan sebagai perangkat AI pribadi yang paling penting. Oleh karena itu, OPPO percaya bahwa AI tidak seharusnya eksklusif hanya untuk smartphone flagship.

“Dengan upaya dan komitmen kami yang tiada henti, OPPO bertujuan untuk membuat smartphone AI terjangkau bagi semua orang.” kata Billy Zhang, President of Overseas Marketing, Sales, and Service OPPO.

Ditambahkan oleh Billy Zhang bahwa untuk pertama kalinya dalam industri, OPPO akan membawa AI generatif ke semua lini produk. Bagi kamu menunggu gebrakan OPPO, lini produk tersebut akan segera hadir pada akhir tahun ini.

Sementara itu, laporan IDC terbaru, “Saatnya Mendemokratisasi Dampak Teknologi AI”
dengan memperkuat potensi signifikan pasar saat ini. Menurut IDC, pengiriman smartphone
AI di segmen sub-US$ 1000 diperkirakan akan tumbuh sebesar 250% pada tahun 2024.

Artinya, ini akan mencapai 35 juta unit. AI generatif makin memasuki kehidupan sehari – hari melalui smartphone, meningkatkan pengalaman di berbagai bidang seperti hiburan, perkantoran
hybrid, dan sebagainya. 

Inovasi dan Kolaborasi

Selama dekade terakhir, OPPO telah mengajukan lebih dari 5.000 paten terkait penemuan AI, dimana sekitar 70% secara khusus terkait dengan pemrosesan gambar AI. Sejak tahun 2020, OPPO telah mempelopori pengembangan Large Language Models (LLMs) sendiri.

Selain itu, OPPO juga secara aktif berpartisipasi dalam model visi besar serta teknologi multimodal. Lebih penting lagi, OPPO adalah perusahaan smartphone pertama yang menerapkan LLM dengan 7 miliar parameter langsung pada perangkat.

Dengan memajukan teknologi AI, OPPO telah meluncurkan lebih dari 100 kemampuan AI generatif ke smartphone yang dikembangnya di tahun ini. Selain itu, OPPO juga bekerjasama erat dengan pemimpin industri lainnya untuk membawa pengalaman smartphone AI yang lebih baik.

Dalam kemitraan dengan Google, seri OPPO Reno12 dan generasi berikutnya dari perangkat Flagship Find X akan menampilkan LLM bagian dari Google Gemini, yang membawa fitur AI yang lebih inovatif dan nyaman seperti AI Toolbox termasuk fitur AI Writer dan AI Recording Summary.

Sementara itu, dengan MediaTek, kedua pihak juga telah berhasil menyempurnakan chipset untuk meningkatkan efisiensi penyimpanan dan komputasi chip pada model smartphone flagship OPPO yang akan datang.

Melalui kemitraan dengan Microsoft, smartphone OPPO generasi berikutnya akan dilengkapi
kemampuan Microsoft untuk membawa pengalaman konversi suara dan teks yang lebih
efisien, akurat, dan alami serta meningkatkan konektivitas antar AI desktop dan smartphone.

Dalam diskusi panel, OPPO mengundang para ahli industri termasuk , Susara van den Heever, Director of AI, Customer Engineering EMEA di Google Cloud, Philipp Ennen, Principal Research Manager di Mediatek, dan Francisco Jeronimo, Vice President, EMEA Devices di IDC

Mereka semua hadir untuk mengeksplorasi bagaimana smartphone AI memungkinkan lebih banyak orang untuk mendapatkan manfaat dari AI. Dengan kata lain, AI generatif nantinya benar-benar bisa dinikmati oleh lebih banyak orang dalam sebuah handset yang lebih terjangkau.

Pengalaman Smartphone AI yang Revolusioner

OPPO telah mengintegrasikan banyak fitur inovatif ke dalam smartphone AI-nya untuk
membantu meningkatkan produktivitas dan memicu kreativitas. Pengguna dapat memproses lebih banyak informasi dan menikmati terjemahan secara realtime.

Kreativitas lainnya adalah pengeditan foto dan kreasi personalisasi juga telah direvolosi melalui
generasi multimodal dan teknologi motion generation. Misalnya, fitur OPPO AI Eraser yang membantu pengguna menghapus objek yang tidak diinginkan secara mulus dan cepat.

Saat ini, fitur tersebut telah digunakan rata – rata 15 kali per hari. Sementara itu, teknologi multimodal dapat membantu pengguna dengan mudah menghasilkan konten visual dan teks kreatif di sosial media. 

“Kami percaya bahwa smart OS akan tertanam dengan Agen AI dan mendukung interaksi multimodal, semetara layanan pihak ketiga akan tersedia lebih fleksibel. Ini akan mentransformasi ekosistem smartphone AI,” kata Nicole Zhang, GM Produk AI di OPPO. 

Dengan tekadnya untuk membuat smartphone AI terjangkau bagi semua orang, OPPO
akan terus mengembangkan pengalaman smartphone AI yang optimal melalui inovasi
dan kolaborasi untuk menyambut kedatangan era baru smartphone AI.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.