NativZen
Advertising Area

Kenali Fitur-fitur yang Baru dari iOS 18

Saat pertama kali diperkenalkan, Apple mengklaim bahwa iOS 18 membawa peningkatan signifikan di berbagai aspek pengalaman pengguna.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Di sela-sela gelaran WWDC 2024, Apple meluncurkan iOS 18, yang akan segera tersedia untuk berbagai macam iPhone. Salah satu pengumuman terbesar bagi pengguna Apple adalah hadirnya Apple Integration, yang merupakan iterasi fitur-fitur berbasis AI.

Apple menyebutkan bahwa iOS 18 akan segera tersedia untuk seri iPhone 15, seri iPhone 14, seri iPhone 13, seri iPhone 12, seri iPhone 11, iPhone XS, XR, dan XS Max. Ini juga akan tersedia untuk model iPhone SE generasi kedua dan ketiga.

Saat pertama kali diperkenalkan, Apple mengklaim bahwa iOS 18 membawa peningkatan signifikan di berbagai aspek pengalaman pengguna. Home Screen kini memungkinkan pengguna mengatur aplikasi dan widget di ruang terbuka mana pun.

Ini juga membawa tampilan baru untuk ikon dan widget, termasuk efek gelap, berwarna dan ukuran lebih besar. Sementara, Control Centre telah didesain ulang untuk memudahkan akses ke kontrol yang sering digunakan dan dapat disesuaikan dengan kontrol aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi Photo menampilkan satu tampilan terpadu untuk semua foto, koleksi baru, tampilan carousel untuk sorotan, dan konten yang diputar otomatis. Itu semua bertujuan untuk memberikan pengalaman dinamis kepada pengguna.

Sementara, Mail kini mampu untuk mengkategorikan e-mail ke dalam kategori Primary, Transactions, Update dan Promotion. Semuanya dengan tampilan yang lebih baru, termasuk untuk pemindaian cepat e-mail bisnis.

Messages kini mendukung komunikasi satelit, memungkinkan pengiriman pesan teks tanpa jaringan seluler atau Wi-Fi. Juga memperkenalkan efek teks baru, opsi pemformatan, Tapback yang diperluas, penjadwalan pesan, dan dukungan RCS untuk perangkat perpesanan non-Apple.

Bagi pengguna iPhone yang suka berselancar, aplikasi Safari memperkenalkan fitur Hightlights yang menampilkan informasi penting halaman web dan mode Reader yang telah dirancang ulang dengan ringkasan dan daftar isi.

Untuk meningkatkan keamanan perangkat, aplikasi Password yang baru kini menggabungkan kata sandi, kunci sandi, kata sandi Wi-Fi, dan kode verifikasi, dengan peringatan untuk kata sandi yang lemah, digunakan kembali, atau bocor.

Pembaruan kesehatan dan keselamatan mencakup ID Medis juga didesain ulang, manajemen data terkait kehamilan, dan Video Langsung SOS Darurat untuk berbagi konteks selama panggilan darurat.

Fitur privasi kini memungkinkan pengguna untuk mengunci dan menyembunyikan aplikasi dengan Face ID, Touch ID, atau kode sandi, hanya berbagi kontak tertentu dengan aplikasi, dan peningkatan privasi untuk menghubungkan aksesori pihak ketiga.

Apple Intelligence juga menawarkan alat tulis untuk menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks, Image Playground untuk membuat gambar animasi, ilustrasi, atau sketsa, dan tool Clean Up di Photo untuk menghilangkan objek yang mengganggu.

Kemampuan Siri juga turut ditingkatkan untuk respons yang lebih alami dan relevan secara kontekstual. Perlu dicatat oleh pengguna bahwa Apple Intelligence akan tersedia untuk iPhone yang didukung dengan chipset A17 Pro.

Sistem berbasis AI ini juga akan diintegrasikan dengan Mac dan iPad yang didukung oleh chip M1, M2, M3, dan M4. Fitur tambahan lainnya yang dimuat oleh Apple ke dalam iOS 18 mencakup rute jalan kaki khusus offline dan pendakian di Apple Maps,

Selain itu, Apple juga memuat Mode Game untuk frame rate yang konsisten dan aksesori responsif, Apple Pay yang ditingkatkan dengan opsi penukaran hadiah dan cicilan, SharePlay untuk kontrol musik bersama di seluruh perangkat, dan pembaruan AirPods.

Aplikasi Notes memperkenalkan Math Notes Catatan Matematika untuk penyelesaian persamaan secara instan, sedangkan aplikasi Calendar yang juga turut ditingkatkan mengintegrasikan tugas dari Reminders.

Tak kalah menarik, peningkatan lainnya yang Apple lakukan dengan kehadiran iOS 18 adalah aplikasi Home kini menawarkan guest access dengan hands-free unlock, serta pembaruan aksesibilitas mencakup Eye Tracking, Music Haptics, dan Vocal Shortcut.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.