NativZen
Advertising Area

Review nubia Neo 2 5G: Punya Shoulder Triggers dan Diperkaya Game Space 2.0

ZTE telah meluncurkan nubia Neo 2 5G di pasar smartphone Indonesia. Ini adalah smartphone gaming yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Penggemar gadget di Tanah Air tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama nubia, pabrikan smartphone asal Tiongkok yang berada di bawah bendera ZTE. Hanya saja, nubia tidak begitu getol seperti pabrikan smartphone asal Tiongkok lainnya untuk menelurkan perangkat baru.

Di pasar Indonesia, smartphone terbaru yang telah diluncurkan oleh nubia adalah nubia Neo 2 5G. nubia mengklaim bahwa ini adalah smartphone gaming yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Ya, smartphone gaming ini dipasarkan dengan harga Rp 2 jutaan.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan nubia Neo 2 5G, nativzen.com diberi kesempatan oleh nubia untuk mereview smartphone tersebut. Tentu saja, tak hanya melulu dipakai bermain game, smartphone ini juga dipakai selama dua pekan untuk menjalankan berbagai aktivitas lainnya.

Unboxing nubia Neo 2 5G

Di pasar Indonesia, nubia memasarkan nubia Neo 2 5G dengan boks yang dikemas memiliki sentuhan gaming. Terbilang pantas, karena nubia merancang perangkat ini ditujukan untuk mereka yang gemar bermain mobile game.

Pada bagian muka, boks tersebut menampilkan karakter anak muda yang tampaknya seorang gamer sedang memegang nubia 2 5G. Juga terdapat tulisan nama perangkat di bagian atas, dan di bawah nubia mencantumkan besaran memori yang dimiliki oleh smartphone tersebut.

Source: YouTube alistudio gadget

Jika kita beralih ke bagian samping dari boks penjualannya, kamu jakan menemukan beberapa key point dari smartphone tersebut. Ya, salah satunya nubia Neo 2 5G disebutkan memiliki dukungan Shoulder Triggers dan Game Space 2.0 yang memang dirancang untuk seorang gamer.

Selain itu, nubia juga mencantumkan ukuran serta refresh rate layar, kapasitas baterai, kecepatan chipset yang disematkan dan dukungan audio yang dimiliki. Semua key point tersebut mengisyaratkan bahwa nubia Neo 2 5G memang dirancang sebagai smartphone gaming.

Sekarang, kita buka boks kemasannya. Pertama kali, kamu akan langsung menemukan sebuah boks kemasan berwarna putih yang di dalamnya menampung lembar petunjuk penggunaan dan kartu garansi, serta hard-case atau pelindung bodi smartphone dan SIM Card ejector.

Sementara itu, unit nubia Neo 2 5G dibungkus oleh plastik transparan yang lagi dan lagi mencantumkan beberapa key point dari smartphone tersebut, seperti dukungan Shoulder Triggers, keunggulan layar yang dimiliki, dukungan memori, serta fitur Game Space 2.0.

Nah, di paling bawah yang ada di dalam boks kemasan nubia Neo 2 5G, kamu akan menemukan dua buah aksesoris yang tersimpan begitu rapi dalam dua boks kecil. Kedua aksesoris tersebut adalah kabel pengisian daya dengan ujung USB Type-C to Type-C serta kepala charger.

Mecha Design yang Terlihat Futuristik

Di pasar Indonesia, nubia Neo 2 5G hadir dalam tiga pilihan warna menarik, yakni Frost Sliver, Sunfire Yellow, dan Storm Grey. Perangkat yang direview oleh nativzen.com memiliki warna Frost Silver. Ya, smartphone ini menyodorkan Mecha Design.

Membawa desain dengan sentuhan yang tampak begitu futuristik pada bodi belakangnya memang bukan tanpa alasan. Sebab, nubia sepertinya ingin menyakini konsumen di Tanah Air yang membeli nubia Neo 2 5G bahwa ini adalah smartphone gaming.

Aksen futuristik seperti bodi robot masa depan memang terasa begitu kental pada bagian belakang smartphone ini, meski itu hanya sebuah goresan gambar. nubia juga memuat dua buah modul kamera berbentuk octagonal di pojok kanan atas yang disusun secara vertikal.

Modul kamera pertama menampung satu buah lensa, dan modul kedua menampung satu buah lensa bersama dengan LED flash tunggal. Dirancang sedemikian rupa, kedua modul kamera tersebut menambah kesan futuristik yang dibawa oleh nubia Neo 2 5G.

Bergeser ke bagian bingkai atau frame, nubia menempatkan tombol daya berwarna merah di sisi bagian kanan. Sementara itu, tombol volume berada di sisi bagian kiri, ditemani oleh slot untuk menampung dua buah SIM Card, namun tidak ada wadah untuk kartu microSD.

Berbicara mengenai keamanan, terutama untuk mengunci layar, nubia juga mengemas tombol daya yang berwarna merah itu terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari. Selain tentunya, kamu juga dapat mengunci layar Neo 2 5G ini dengan password, PIN, dan juga pattern atau pola.

Satu hal yang menarik, pada sisi bagian kanan, nubia menyematkan tombol Shoulder Triggers dalam bentuk sensor. Ya, dukungan tersebut tentunya untuk mendukung para gamer yang hobi bermain game battle royale alias tembak-tembakan, seperti PUBG Mobile.

Layar IPS FHD+ 120Hz

Sekarang kita bergeser ke bagian tampilan alias layar. Meski datang sebagai smartphone gaming yang ditawarkan dengan harga terjangkau, nubia Neo 2 5G hanya dibekali dengan layar IPS LCD. Meski begitu, layar berukuran 6,7 inci ini telah diperkaya dengan refresh rate 120Hz.

Ya, dukungan refresh rate 120Hz menjadikan layar smartphone ini terasa begitu smooth. nativzen.com juga merasakan saat menggulir layar ketika berselancar di dunia maya atau bermain game, terasa lebih lancar alias bebas nge-lag.

Neo 2 5G memiliki layar dengan resolusi FHD+ yang begitu reponsif. Dukungan lainnya, smartphone ini juga memiliki screen adaptive sehingga kamu tak perlu risau ketika mengoperasikan smartphone ini di bawah pencahayaan yang begitu terang atau gelap.

Terkait bezel layar yang dimiliki oleh nubia Neo 2 5G ini, nativzen.com menilai bahwa smartphone ini terbilang memiliki bezel relatif tipis untuk sisi kiri, atas, dan kanan. Sementara bezel bawah terasa masih cukup tebal.

Untuk dimensinya, nubia Neo 2 5G memiliki ukuran 166 × 76,1 × 8,5 mm, dengan bobot 208 gram. Meski begitu, smartphone gaming yang dibanderol seharga Rp 2 jutaan ini masih terasa nyaman ketika digenggam atau dimasukkan ke saku celana kerja.

Ditenagai SoC Unisoc T820

Setelah mengulik lebih dalam bagian eksternalnya, bagaimana dengan performa atau jeroan yang dimiliki oleh smartphone gaming Rp 2 jutaan ini? Ya, nubia begitu percaya diri untuk memuat SoC Unisoc T820 sebagai mesin penggerak utama smartphone ini.

Unisoc T820 adalah chipset khusus gaming yang dibangun dengan proses EUV 6nm. Membawa teknologi 5G di dalamnya, SoC ini mampu menghasilkan kecepatan hingga 2,7GHz. Ya, memberikan kinerja yang tinggi dengan konsumsi daya yang rendah.

Bagi kamu yang penasaran dengan arsitektur Unisoc T820, chipset atau SoC ini memiliki CPU Octa core dengan konfigurasi 1x Cortex A76 2,7GHz & 3x Cortex A76 2,3GHz & 4x Cortex A55 2,1GHz. Sementara itu, chipset ini juga terintegrasi dengan GPU Mali-G57.

Performa nubia Neo 2 5G juga sudah ditopang dengan RAM 8GB, dan bisa ditingkatkan hingga 12GB menggunakan fitur Dynamic RAM. Dengan kata lain, kamu bisa merasakan RAM hingga 20GB pada smartphone gaming Rp 2 jutaan ini.

nubia juga memuat kapasitas penyimpanan internal alias ROM 256GB. Hanya saja, pengguna yang tertarik membeli smartphone ini, nubia tidak menyertakan wadah untuk menampung kartu microSD. Dengan begitu, pengguna tidak bisa menambah kapasitas penyimpanannya.

Ditenagai dengan chipset Unisoc T820 yang memiliki teknologi jaringan 5G, RAM 8GB+12GB, dan penyimpanan internal 256GB, nativzen.com merasakan bahwa nubia Neo 2 5G mampu menawarkan multitasking yang mulus. Ya, kita bisa membuka banyak aplikasi tanpa masalah.

Sementara itu, dukungan Performance Engine NeoTurbo mampu menghadirkan pengalaman penggunaan smartphone ini yang lebih mulus. Hal ini tentunya juga tak lepas dari optimalisasi yang cerdas melalui algoritma AI.

Sistem yang terpasang pada perangkat ini mampu memprediksi perilaku pengguna berdasarkan kebiasaan penggunaan untuk membekukan aplikasi yang sedang tidak digunakan secara otomatis. Keuntungannya bisa mengurangi konsumsi daya dan meningkatkan daya tahan baterai.

Nah, berbicara mengenai dukungan catu daya yang disematkan ke dalam smartphone ini, nubia telah memuat baterai berkapasitas “jumbo”, yakni 6.000 mAh, yang mampu bertahan cukup panjang. Selain itu, nubia juga melengkapinya dengan pengisian cepat 33W.

Smartphone ini juga kompatibel dengan jaringan 5G, menawarkan pengalaman gaming yang lebih mulus kepada pengguna. Untuk stabilitas jaringan yang optimal, nubia Neo 2 5G juga mendukung 5G dual-card intelligent switching, memastikan pengalaman jaringan 5G yang stabil.

nubia juga memperkaya smartphone gaming yang dibanderol harga terjangkau ini dengan sistem operasi MyOS yang didukung Android 13 (Android T). Selain itu, nubia Neo 2 5G ini juga sudah dibekali dengan fitur NFC.

Bagaimana dengan dukungan audio yang dimiliki oleh nubia Neo 2 5G ketika smartphone ini dipakai untuk mendengarkan musik? Ya, smartphone ini telah dibekali dukungan dual stereo speaker DTS:X Ultra, yang mampu menyemburkan suara begitu tajam dan jelas.

Hanya saja, tidak ada port jack audio 3.5mm pada smartphone ini. Dengan kata lain, ketika kamu ingin mendengarkan musik secara personal, kamu bisa mengkoneksikan nubia Neo 2 5G ini dengan earbud wireless atau headphone nirkabel.

Dukungan Kamera 50MP

nubia yang berada di bawah payung ZTE memang menekankan bahwa kehadiran Neo 2 5G di Indonesia untuk menjawab permintaan para penggemarnya yang menginginkan smartphone gaming dengan harga terjangkau.

Meski begitu, bukan berarti nubia mengabaikan sektor lainnya, seperti dukungan kamera yang disematkan. Ya, nuabia Neo 2 5G ini telah dibekali dengan kamera utama 50MP, yang tentunya bisa kamu manfaatkan untuk memotret atau merekam momen menarik.

Selain kamera utama 50MP, nubia juga menyematkan kamera kedua di bagian belakang perangkat yang memiliki sensor 2MP serta LED flash. Sementara, di bagian depan, untuk menjawab kebutuhan foto selfie atau video call, ada kamera dengan sensor 16MP.

nubia juga menyediakan skenario pemotretan dan perekaman video yang cukup beragam. Bagi kamu yang hobi memotret dengan efek latarbelakang nge-blur alias bokeh, bisa menggunakan opsi Portrait.

Atau mau mengabadikan keindahan malam di perkotaan, kamu bisa memotret menggunakan opsi Night. Mode pemotretan lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah Mode Pro, Street, dan Panorama.

Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan banjirnya filter pemotretan yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Kamu bisa memilih filter Original hingga Black White, dengan begitu foto yang dihasilkan bisa terlihat lebih menarik untuk dibagikan di sosial media.

Ya, untuk mendapatkan hasil pemotretan dengan resolusi yang lebih besar, kamu bisa menggunakan opsi 50MP. Hanya saja, jika kamu sering menggunakan opsi pemotretan ini, kapasitas penyimpanan yang ada bakal cepat penuh.

Sementara itu, ketika kamu ingin menggunakan nubia Neo 2 5G untuk merekam video, mode perekaman yang tersedia selain Video, ada juga Time-lapse. Untuk perekaman video menggunakan kamera belakang, video yang dihasilkan bisa hingga resolusi FHD, 30fps.

Dukungan Game Space 2.0

Selain dukungan Shoulder Triggers yang ditempatkan oleh nubia pada sisi bagian kanan perangkat, nubia Neo 2 5G juga dibekali dengan Game Space 2.0. Ini adalah sebuah tools yang memang dirancang untuk para mobile gamer.

Game Space 2.0 bakal menempatkan game-game yang kamu instal, dan juga berfungsi mengoptimalkan game yang dimainkan untuk meningkatkan pengalaman saat game tersebut dimainkan. Tools ini secara otomatis akan menyesuaikan CPU dan GPU dengan tiga mode.

Ketiga mode tersebut adalah Eco, yang memberikan pengalaman gaming dengan daya rendah dan tahan lama; Balance, yang mengalokasikan sumber daya CPU/GPU sesuai dengan performa game; Rise, yang merupakan mode performa game yang optimal.

Seperti yang telah disebutkan bahwa Neo 2 5G telah dibekali dukungan dual stereo speaker dengan DTS:X Ultra. Nah, nativzen.com juga merasakan bahwa dukungan tersebut mampu memberikan kualitas suara yang lebih kaya ketika bermain game.

Selama sesi bermain, kamu dapat memilih salah satu dari empat efek suara untuk menyesuaikan
pengalaman dengan skenario game yang berbeda. Efek pertama adalah pengaturan default,
yang dirancang untuk memberikan pengalaman audio secara umum.

Efek kedua adalah pengaturan Shoot, yang dimaksudkan untuk menyempurnakan audio posisional dalam game menembak. Efek ketiga adalah Music, yang didesain untuk meningkatkan performa dan ritme frekuensi rendah dalam permainan musik dan balap.

Terakhir, atau efek keempat adalah Movie, yang dirancang untuk meningkatkan kehadiran dan imersi dalam game role-playing. nubia Neo 2 5G juga memfasilitasi pengoperasian game dan meningkatkan pengalaman gaming melalui penggabungan plugin yang keren.

Misalnya, Game Shorthand, sistem catatan yang tersedia selama bermain game. Ini bakal memudahkan kamu memindahkan layar dan mengedit informasi bila diperlukan. Ada juga Macro, yang membantu kamu untuk mengatur serangkaian perintah secara otomatis via satu tombol

Auxiliary Line adalah fitur lainnya yang untuk membuat lingkaran di layar di sekitar karakter, yang menandakan hal-hal seperti area efek dari skill atau serangan tertentu. Fitur ini sangat berguna jika kamu hobi memainkan game dengan genre MOBA.

Kesimpulan

nubia Neo 2 5G adalah smartphone gaming yang ditawarkan dengan harga terjangkau sehingga tidak bikin jebol kantong penggunanya. Sebagai perangkat untuk memenuhi hasrat para gamer, smartphone ini pun dirancang dengan desain yang memiliki sentuhan gaming.

Hal ini bisa kamu lihat dari bagian eksternalnya, khususnya penampang bagian belakang. nubia merancang panel bagian belakang tersebut dengan sentuhan Mecha Design. Ya, layaknya bodi robot masa depan, meskipun hal itu hanyalah sebuah goresan gambar.

Key point lainnya yang ditawarkan oleh smartphone gaming ini adalah dukungan tombol Shoulder Triggers dalam bentuk sensor. Kehadiran Shoulder Triggers tentunya semakin memanjakan para gamer yang hobi bermain game bergenre battle royale.

Tak hanya itu, nubia Neo 2 5G juga memiliki key point lainnya, yakni kehadiran fitur Game Space 2.0. Ini bakal menempatkan game-game yang kamu instal, dan juga berfungsi mengoptimalkan game yang dimainkan untuk meningkatkan pengalaman saat game tersebut dimainkan.

Dari sektor layar, smartphone ini juga sudah dibekali refresh rate 120Hz dengan resolusi FHD+ sehingga benar-benar memberikan rasa nyaman ketika scrolling untuk berselancar di dunia maya atau sekadar mengintip foto-foto terbaik yang ada di media sosial teman kamu.

Untuk urusan performa, smartphone ini juga tak bisa dipandang sebelah mata meski dibekali chipset Unisoc T820. Pasalnya, kamu juga akan merasakan kegesitan nubia Neo 2 5G ini karena adanya dukungan RAM 8GB, yang bisa ditingkatkan menggunakan Dynamic RAM hingga 12GB.

Selain itu, smartphone ini juga punya dukungan kamera utama 50MP .Terakhir, yang juga menjadi daya tarik dari smartphone gaming terjangkau ini adalah dukungan catu daya. nubia telah membenamkan baterai berkapasitas 6.000 mAh, yang sudah disokong fitur fast charging 33W.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membeli nubia Neo 2 5G, smartphone gaming ini dijual dengan harga Rp 2.999.000. Smartphone ini sudah bisa dibeli secara langsung melalui nubia Official Store di e-commerce Tokopedia.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.