NativZen
Advertising Area

Inilah Performa ASUS TUF Gaming A15 (FA506NF)

Untuk menjawab permintaan gamer yang memiliki dana terbatas, ASUS punya jawabannya melalui ASUS TUF Gaming A15 (FA506NF).

Advertising Area

NATIVZEN.com – ASUS merupakan produsen laptop yang sudah sangat berpengalaman dalam mengembangkan laptop gaming. Sejak tahun 2007, ASUS sudah memiliki jajaran laptop gaming ROG yang hadir sebagai solusi premium bagi gamer yang mulai mengedepankan mobilitas.

Hingga saat ini, laptop gaming ROG tetap menjadi pilihan utama para gamer yang menginginkan inovasi terdepan dan performa maksimal. Lalu bagaimana dengan gamer dengan dana yang terbatas?

Sebagian besar pilihan laptop gaming yang ada saat ini memang berada di rentang harga yang cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan sebuah laptop gaming pada dasarnya memang merupakan mesin berperforma tinggi sehingga rata-rata harganya pasti lebih mahal.

Nah, untuk menjawab permintaan gamer yang memiliki dana terbatas, ASUS menghadirkan TUF Gaming A15 (FA506NF). Menariknya, laptop gaming ini dibanderol dengan harga Rp 12 jutaan, dan menjanjikan pengalaman game AAA terbaik di kelasnya.

Penasaran? Mari kita bahas selengkapnya.

Tangguh dan Punya Fitur Lengkap

TUF Gaming telah lama dikenal sebagai laptop yang tangguh, tidak terkecuali TUF Gaming A15 (FA506NF). Meski dipasarkan sebagai laptop gaming kelas pemula, perangkat ini dibekali bodi yang kokoh dan sudah lolos sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H).

Tak sekadar memiliki bodi kokoh, ASUS juga memperkaya TUF Gaming A15 (FA506NF) ini dengan fitur yang dapat mendukung aktivitas para gamers sehari-hari, dan tidak hanya dapat digunakan untuk bermain game.

ASUS sudah melengkapinya dengan opsi port yang komplit, mulai dari USB Type-A, USB Type-C, LAN, hingga HDMI. Kelengkapan port tersebut tentu saja akan mempermudah pengguna mengkoneksikan TUF Gaming A15 (FA506NF) dengan perangkat gaming lainnya.

Sementara itu, kehadiran WiFi 6 dan Bluetooth 5.3 juga membuat ASUS TUF Gaming A15 (FA506NF) tampil dengan fitur konektivitas nirkabel yang sangat mumpuni. WiFi 6 memastikan laptop gaming ini untuk dapat terhubung ke internet secara nirkabel dengan kecepatan maksimal.

Dukungan Bluetooth 5.3 pun membuat ASUS TUF Gaming A15 (FA506NF) ini dapat terhubung ke berbagai perangkat gaming nirkabel modern lainnya, seperti headset dan mouse nirkabel. Jadi, pengguna tak lagi ribet dengan urusan kabel.

Bagaimana dengan Performanya?

ASUS TUF Gaming A15 (FA506NF) adalah laptop yang ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 5 7535HS serta GPU NVIDIA GeForce RTX 2050. Laptop gaming ini juga menggunakan RAM dengan konfigurasi 1 x 16GB DDR5-5600 dan penyimpanan NVMe SSD 512GB.

Dukungan tersebut tentunya sudah lebih dari cukup bagi para gamers memainkan game-game kesukaannya. Selain itu, konfigurasi yang ditawarkan juga bertujuan agar gamers dapat melakukan upgrade secara lebih mudah karena hanya tinggal menambahkan RAM dan storage saja.

Berdasarkan pengujian, ASUS TUF Gaming A15 (FA506NF) mampu menghadirkan performa dan pengalaman gaming yang sangat baik. Hal tersebut sebagian besar dikarenakan TGP (Total Graphic Power) dari GPU RTX 2050 yang lebih tinggi dibandingkan kompetitor.

Grafik di atas memperlihatkan bahwa TUF Gaming A15 (FA506NF) dapat menjalankan berbagai game AAA dengan sangat baik. Diuji pada pengaturan grafis medium dan resolusi 1080p, laptop gaming ini bisa menjalankan game Cyberpunk 2077 dengan rata-rata framerate di 54,3 fps.

Sementara itu, A Plague Tale Requiem yang dikenal sebagai game dengan tingkat kualitas grafis yang sangat realistis pun bisa dimainkan dengan cukup nyaman. Menggunakan laptop gaming ini, ada di rata-rata 35,1 fps.

Bagaimana dengan game e-sports? Tentu saja hasilnya jauh lebih baik dengan DOTA 2 yang mampu berjalan di rata-rata 102,3 fps, serta Valorant yang memiliki rata-rata 184 fps. Game AAA lain seperti Shadow of The Tomb Raider pun mencatat rata-rata framerate yang sangat baik.

Sedangkan game casual seperti Genshin Impact dan MMORPG Phantasy Star Online NGS mencatatkan rata-rata framerate di atas 100 fps. Hasil yang sangat mengagumkan untuk sebuah laptop gaming dengan harga yang ramah di kantong.

Grafik di atas memperlihatkan hasil benchmark grafis pada GPU NVIDIA GeForce RTX 2050 yang ada di ASUS TUF Gaming A15 (FA506NF) menggunakan 3DMark Fire Strike. Paling penting adalah laptop gaming ini berhasil meraih skor di atas 10.000 poin.

Berdasarkan database 3Dmark, skor yang berhasil diraih oleh ASUS TUF Gaming A15 (FA506NF) adalah 13% lebih besar dibandingkan dengan laptop lain yang sama-sama ditenagai oleh RTX 2050. Sekali lagi, perbedaan performa tersebut tentu saja berasal dari TGP-nya.

Performa sebuah laptop gaming juga sangat dipengaruhi oleh CPU-nya. ASUS TUF Gaming A15 (FA506NF) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 5 7535HS yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread, dengan clock speed yang bisa mencapai 4,55 GHz.

CPU kelas gaming tersebut memang bukan yang paling canggih yang ada saat ini, namun sudah sangat mumpuni untuk menghadirkan pengalaman penggunaan yang baik, khususnya untuk gaming, multitasking, hingga content creation.

Berdasarkan hasil benchmark photo dan video editing menggunakan UL Procyon, ASUS TUF Gaming A15 (FA506NF) dapat menghasilkan skor yang bisa dikatakan sangat baik untuk sebuah laptop gaming kelas entry-level.

Tidak hanya itu, laptop gaming ini bahkan tidak mengalami kendala apapun saat diuji menggunakan fitur AI Image Generation di Adobe Photoshop. Berikut ini adalah hasil benchmark CPU menggunakan Cinebench R15 dan R23, serta hasil benchmark SSD-nya.

Laptop Gaming Powerful untuk Semua

Dibanderol Rp 12 jutaan, ASUS TUF Gaming A15 (FA506NF) jadi laptop gaming yang sangat menarik. Pasalnya, perangkat ini oleh ASUS dikemas dengan dukungan hardware yang tergolong baru dan modern.

Tidak hanya menawarkan pengalaman bermain game terbaik di kelasnya, laptop gaming ini juga punya fitur yang cukup lengkap, desain tangguh berstandar US Military Grade, serta performa yang cukup mumpuni untuk content creation.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.