NativZen
Advertising Area

Review OPPO A3 Pro 5G: Tangguh dan Tahan Banting

OPPO memiliki smartphone tangguh di lini A Series terbarunya. Smartphone tersebut adalah OPPO A3 Pro 5G.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Kembali meramaikan pasar smartphone kelas menengah yang dibanderol seharga Rp 3 jutaan, OPPO pada bulan Juni 2024 telah meluncurkan OPPO A3 Pro 5G di Indonesia. Sesuai penyebutannya, smartphone ini menambah panjang daftar OPPO A Series di Tanah Air.

Nilai jual yang ditawarkan oleh OPPO melalui A3 Pro 5G, smartphone ini tak hanya menyodorkan desain yang stylish, tetapi juga tangguh. Tak hanya bodinya, layar smartphone ini juga kokoh dan sudah memenuhi standar militer.

Nah, OPPO kembali memberi kesempatan kepada nativzen.com untuk mereview OPPO A3 Pro 5G. Tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, smartphone tangguh ini dipakai selama dua minggu untuk menemani aktivitas liputan hingga hiburan di akhir pekan.

Unboxing OPPO A3 Pro 5G

Tidak berbeda dengan OPPO Reno11 F 5G yang pernah mampir ke nativzen.com, OPPO juga memasarkan OPPO A3 Pro 5G dalam boks serupa. Didominasi warna abu-abu, ditambah sentuhan warna perak berkilau, OPPO mencantumkan teks bertuliskan “OPPO A3 Pro 5G”.

Sementara, pada area yang berwarna perak berkilauan, OPPO juga mencantumkan angka “3”, yang menandakan bahwa ini adalah bagian dari keluarga seri OPPO A generasi ketiga. Ada juga logo OPPO berwarna perak di bagian bawahnya.

Untuk membantu konsumen yang tertarik dengan smartphone ini, OPPO juga mencantumkan empat nilai jual OPPO A3 Pro 5G ini, mulai dari fitur ketangguhannya, refresh rate layar yang dimiliki hingga kemampuan pengisian cepatnya. Semua itu ada di sisi samping boks kemasan.

Informasi pendukung lainnya, seperti besaran memori yang ditawarkan, warna, nomor tipe smartphone dan nomor IMEI, itu semua bisa kamu temukan di bagian belakang boks kemasan. Nah, warna OPPO A3 Pro 5G yang ada di tangan nativzen.com adalah Ungu Rembulan.

Jika boks dibuka, kamu langsung menemukan unit OPPO A3 Pro 5G yang dibungkus kertas transparan dan diletakkan dalam wadah berwarna putih. Di bawahnya, OPPO menyimpan soft-case, lembar petunjuk penggunaan serta garansi, dan SIM Card ejector dalam plastik transparan.

Tak perlu khawatir! Kamu pun juga masih bisa menemukan aksesoris yang disertakan dalam paket penjualan OPPO A3 Pro 5G. Selain kabel USB Type-C, ada juga kepala charger dengan kemampuan pengisian cepat 45W SUPERVOOC.

Sodorkan Standar MIL-STD 810H, Tahan Benturan

OPPO secara resmi meluncurkan OPPO A3 Pro 5G ke pasar Indonesia pada akhir Juni 2024, atau tepatnya 28 Juni 2024. Saat pertama kali diluncurkan, OPPO pun sesumbar bahwa ini adalah smartphone yang menawarkan ketahanan luar biasa.

Hal ini terbilang wajar karena OPPO membekali OPPO A3 Pro 5G dengan standar MIL-STD 810H Tahan Benturan Tingkat Militer. Ini yang membuatnya mampu bertahan meskipun terjatuh, terlindas, atau terlempar.

Bahkan, untuk membuktikan hal itu, OPPO memberi kebebasan kepada pengunjung Pekan Raya Jakarta 2024 (PRJ) untuk menjajal langsung ketahanan OPPO A3 Pro 5G. Ya, OPPO menggelar tantangan melempar dan memasukan perangkat tersebut ke ring basket.

Durabilitas yang dimiliki oleh smartphone tersebut tidak hanya tahan banting. OPPO juga melengkapi A3 Pro 5G dengan fitur Splash Touch serta Ketahanan Air dan Debu IP54. Ini memastikan navigasi layar tetap akurat dan responsif meski dalam kondisi basah.

Ya, tak hanya tahan banting, OPPO juga merancang smartphone ini dengan desain desain yang stylish. Hal ini pun nativzen.com akui ketika memegang langsung OPPO A3 Pro 5G warna Ungu Rembulan. Panel bagian belakangnya yang terbuat dari plastik polikarbonat itu begitu cantik.

Warna ungu yang menutup seluruh panel bagian belakangnya itu dirancang sedemikian rupa dengan sentuhan taburan layaknya pasir berwarna silver. Akan terlihat begitu indah ketika terkena paparan cahaya. Pantas jika OPPO memberi penamaan warnanya, Ungu Rembulan.

Menariknya lagi, meski dilapisi plastik polikarbonat, panel bagian belakang smartphone ini juga tidak mudah mudah kotor oleh sidik jari. Namun, agar tidak cepat kusam, kamu bisa melindungi panel belakangnya itu dengan casing yang tersedia dalam paket penjualan.

Ya, scasing gratis yang disediakan OPPO dalam paket penjualannya itu juga dibekali Anti-Drop Shield Case dengan bantalan di setiap sudut. Ditambah dengan desain belakang A3 Pro 5G yang diperkuat, casing ini dengan sempurna mengintegrasikan fitur peredam guncangan.

Kecantikan panel belakang yang dimiliki A3 Pro 5G tak berhenti sampai di situ. OPPO juga mengemas “rumah kamera” belakang dengan sentuhan yang begitu ciamik. Ada dua buah kamera yang disusun secara vertikal ditambah dengan LED flash yang diramu begitu menarik.

Dua buah kamera yang disematkan, masing-masing dihiasi cincin berwarna silver, dan begitu juga dengan LED flash di bagian bawahnya. Semua itu tampak begitu cantik, sehingga menjadikan smartphone ini begitu stylish.

Bergeser ke sisi bagian samping, OPPO mengemas smartphone ini dengan bingkai flat berwarna silver. Sudut-sudutnya juga dibuat melengkung sehingga tidak hanya nyaman ketika digenggam, tetapi juga saat masuk ke dalam kantong atau saku celana.

Tombol pengoperasian, seperti tombol volume dan daya yang juga terintegrasi dengan fitur pemindai sidik jari diletakkan pada bingkai di sisi kanan. Sementara, pada sisi bingkai di bagian kiri, OPPO meletakkan slot untuk kartu microSD dan SIM Card.

Sisi bingkai di bagian atas dibuat polos, dan sisi bingkai bagian bawah, OPPO memuat port jack audio 3.5mm yang segaris dengan lubang mikrofon, port USB Type-C, serta lubang speaker. Ya, kamu bisa menggunakan smartphone ini bersama dengan headphone/headset kabel.

lalu, bagaimana dengan panel layarnya? Datang sebagai kelas menengah yang dibanderol seharga Rp 3 jutaan, OPPO mengemas A3 Pro 5G ini dengan panel layar IPS LCD yang memiliki ukuran 6,67 inci. hanya saja, resolusi yang ditawarkan masih HD+ alias 720p.

Namun, meski panel layar yang digunakan adalah IPS LCD dan resolusi mentok di HD+, OPPO membekali smartphone ini dengan refresh rate 120Hz. Dengan kata lain, untuk berselancar di dunia maya, pergerakan layarnya sangat mulus.

Selain itu, kamu juga tak perlu khawatir ketika mengoperasikan OPPO A3 Pro 5G di bawah terik sinar matahari. Pasalnya, smartphone ini memiliki layar dengan kemampuan tingkat kecerahannya mencapai 1000nits.

Kembali ke durabilitas, OPPO juga sudah melindungi layarnya ini dengan Panda Glass. Tak main-main, OPPO menjanjikan perlindungan layarnya itu diperkuat dua kali lipat sehingga benar-benar kuat. Dan nativzen.com pun membuktikannya untuk memecahkan kacang walnut.

Secara kesuluruhan, smartphone ini memiliki bobot seberat 186 gram. Sementara itu, dimensinya berukuran 165,79 x 76,14 x 7,68mm. Kerena itu, smartphone tangguh ini begitu nyaman saat digenggam dengan satu tangan.

Dipasok Chipset Dimensity 6300 dari MediaTek

Untuk kesekian kalinya, OPPO begitu percaya untuk menggunakan chipset dari MediaTek. Hal ini pun bisa kamu temukan pada OPPO A3 Pro 5G. Smartphone tangguh ini telah dicekoki dengan chipset Dimensity 6300 yang memiliki fabrikasi 6nm.

System on Chip yang diperkenalkan oleh MediaTek pada bulan April 2024 ini memiliki dukungan CPU 8 inti. Konfigurasinya terdiri dari 2 x Cortex-A76 yang memiliki clock speed 2,4 GHz dipadukan dengan 6 x Cortex-A55 yang memiliki clock speed sama.

MediaTek juga mengintegrasikannya dengan Mali-G57 MC2 sebagai GPU-nya yang tentunya untuk mendongkrak performa di sektor grafis. Nah, OPPO sendiri juga membekali A3 Pro 5G dengan RAM 8GB menggunakan teknologi LPDDR4X.

Sementara, untuk sektor penyimpanan internalnya, smartphone tangguh ini juga diperkaya dengan ROM berkapasitas 256 yang masih mengusung teknologi UFS 2.2. Jika kamu ingin menambah kapasitas penyimpanannya bisa menggunakan kartu microSD hingga 1TB.

Tak hanya memiliki kemampuan untuk menambah kapasitas penyimpanannya, kamu juga dapat menjadikan OPPO A3 Pro 5G lebih “ngebut” dengan menambahkan secara virtual RAM yang dimiliki. Ya, OPPO memperkaya smartphone ini dengan fitur RAM Expansion hingga 8GB.

Dengan kata lain, kamu bisa merasakan RAM 16GB ketika beraktivitas bersama OPPO A3 Pro 5G. Nah, untuk sektor catu daya, OPPO telah membekali smartphone ini dengan baterai 5.100 mAh yang tentunya bisa kamu pakai seharian.

Sementara itu, kepala charger 45W SUPERVOOC Flash Charging yang tersedia dalam paket penjualannya dapat mengisi daya hingga 50% hanya dalam 30 menit. Jika kamu ingin mengisi baterai OPPO A3 Pro 5G hingga penuh alias 100%, hanya butuh waktu 1 jam.

nativzen.com juga menggunakan OPPO A3 Pro 5G sebagai daily driver untuk menemani aktivitas, mulai dari cek e-mail, berselancar di internet untuk membaca berita, mengakses media sosial, hingga menikmati hiburan, bermain game misalnya.

Dari sejumlah aktivitas yang dijalani bersama dengan ponsel pintar ini, nativzen.com bisa merasakan daya tahan baterai yang dimiliki smartphone tangguh ini terbilang mumpuni. Ya, misalnya dipakai bermain game PUBG Mobile selama 1 jam, baterai yang terkuras hanya 13 %.

Sekadar informasi tambahan untuk kamu yang tertarik dengan OPPO A3 Pro 5G, ponsel pintar ini berjalan dengan ColorOS 14 berbasiskan Android 14. Untuk urusan konektivitas, tentu saja ponsel pintar ini menyuguhkan jaringan 5G. Ada juga dukungan WiFi 6, Bluetooth 5.3 dan NFC.

Kamera Utama 50MP

Sekarang, mari kita bedah dukungan kamera bagian belakang OPPO A3 Pro 5G. OPPO menyematkan dua buah kamera, ini terdiri dari lensa utama 50MP dengan aperture f/1.8, yang berpasangan dengan lensa portrait 2MP dengan aperture f/2.4.

Kedua lensa tersebut disusun secara vertikal, yang ditambah dengan sebuah LED flash. Menariknya, OPPO meramu LED flash tersebut sedemikian rupa sehingga bisa memancarkan cahaya yang begitu terang dan menempatkan secara proporsional dengan kedua lensa yang ada.

Selain itu, OPPO juga melengkapi sektor fotografi di bagian belakang ini dengan penyebutan “INNOVATIVE AI CAMERA”. Ya, dengan kata lain, kamu sebagai pengguna A3 Pro 5G akan merasakan teknologi AI secara nyata ketika memotret menggunakan smartphone ini.

Tak hanya sampai di situ, OPPO juga membekali kamera belakangnya ini dengan serangkaian fitur menarik di dalamnya yang mampu menciptakan foto beresolusi tinggi, terutama ketika kamu memilih opsi mode pemotretan Hi-Res.

Jika kamu ingin mendapatkan foto Hi-Res alias 50MP, kamu bisa masuk ke aplikasi kamera bawaan, lalu pilih menu “More” dan tap Hi-Res. Kini, kamu sudah siap untuk memotret subjek yang ada, dan lihat hasilnya akan lebih tajam, meskipun kamu perbesar.

Nah, bagi kamu yang suka dengan mode bokeh, kamu dapat memilih mode pemotretan Portrait. Ya, tampaknya OPPO berhasil mengombinasikan dua kamera bekerja sama untuk menghasilkan gambar subjek yang tajam dan mencolok dengan latar belakang bokeh yang menakjubkan.

OPPO juga masih menyertakan fitur AI Portrait Retouching ke dalam OPPO A3 Pro 5G. Ini fitur dari mode Portrait yang memungkinkan ponsel pintar besutan OPPO ini bisa memoles subjek wajah manusia dalam sebuah foto sehingga terlihat lebih menarik.

AI Portrait Retouching dapat memoles untuk menghilangkan bekas jerawat, tekstur kulit wajah, dan sebagainya. Meski dibantu oleh AI, hasil polesan yang ditampilkan terbilang mampu menciptakan foto yang tampak natural, alias tidak berlebihan.

Sementara itu, Jika kamu hobi memotret cantiknya lampu-lampu kota di malam hari, kamu bisa menggunakan mode Night. OPPO juga memberi kebebasan kepada kamu yang suka memotret dengan mode Pro.

Mode pemotretan lainnya yang disediakan oleh OPPO ke dalam OPPO A3 Pro adalah Panorama dan Sticker. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan smartphone ini untuk mengcapture teks yang ada di hadapan kamu dengan memilih opsi Text Scanner.

Bagaimana jika OPPO A3 Pro 5G ini kamu gunakan untuk merekam video? Tak perlu khawatir! OPPO juga memperkaya smartphone ini dengan kemampuan perekaman video dengan resolusi 1080p alias FHD @30fps atau @60fps.

Sayangnya, OPPO tidak melengkapi smartphone ini dengan kemampuan Ultra Steady. Ya, dengan tidak adanya dukungan tersebut hasil rekaman video yang kamu buat ketika kamu mengambilnya dalam posisi bergerak sangat terlihat jelas begitu ‘goyang’.

Opsi perekaman video lainnya yang dapat kamu gunakan adalah Slo-Mo, Time-Lapse dan Dual-View. Sedangkan untuk kamu yang suka memotret selfie atau membuat konten vlog, harus puas dengan dukungan kamera depan dengan lensa 8MP, aperture f/2.0 dan FoV 80 derajat.

Fitur Pendukung

Nah, berbicara mengenai fitur pendukung yang ada pada OPPO A3 Pro, OPPO telah membekali ponsel pintar kelas menengah terbarunya ini dengan NFC. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan yang namanya fitur AI LinkBoost.

Fitur ini dihadirkan dengan mengadopsi teknologi peningkatan kekuatan antena dan pemilihan jaringan berbasiskan AI, sehingga dapat menciptakan koneksi yang lebih kuat dan memulihkan sinyal lebih cepat setelah koneksi terputus.

Nah, fitur AI lainnya yang bisa kamu rasakan adalah AI Eraser. Ini berkaitan erat dengan proses foto editing, di mana kamu dapat menghapus objek yang tidak diinginkan. Caranya, cukup lingkari atau tandai objek yang akan dihapus, dan AI akan bekerja secara otomatis.

Tidak dapat mendengar panggilan ketika berada di lingkungan yang bising? Untungnya smartphone ini telah dilengkapi dengan algoritme bawaan yang meningkatkan volume hingga 300%. OPPO menyebutnya ini adalah fitur Mode Volume Ultra.

Kamu juga wajib tahu bahwa OPPO A3 Pro 5G telah membawa sertifikasi IP54, tahan air dan debu. Artinya, kamu tak perlu khawatir ketika menggunakan ponsel pintar ini di area outdoor saat hujan atau tersiram air saat berada di atas meja kerja.

OPPO juga membekalinya dengan Splash Touch. Jika layar terkena cipratan air hujan, tangan yang masih basah, atau berkeringat setelah nge-gym, layar smartphone ini akan tetap super responsif alias bisa dioperasikan seperti biasa.

OPPO A3 Pro 5G berjalan dengan antarmuka ColorOS 14 berbasiskan Android 14. Dengan antarmuka tersebut, kamu juga akan menemukan beberapa hal menarik sehingga dapat meningkatkan produktivitas ketika beraktivitas dengan ponsel pintar ini.

Kesimpulan

OPPO melengkapi seri A di tahun ini dengan menghadirkan OPPO A3 Pro 5G. Ditempatkan sebagai smartphone seharga Rp 3 jutaan, ponsel pintar ini juga menawarkan banyak keunggulan, terutama pada sisi durabilitas.

Smartphone ini tak hanya menyodorkan desain yang stylish, tetapi juga tangguh. Tak hanya bodinya, layar OPPO A3 Pro 5G ini juga kokoh dan sudah memenuhi standar militer. OPPO juga sudah melindungi layarnya ini dengan Panda Glass.

OPPO menjanjikan perlindungan layarnya itu diperkuat dua kali lipat sehingga benar-benar kuat. Secara kesuluruhan, smartphone ini memiliki bobot seberat 186 gram. Sementara itu, dimensinya berukuran 165,79 x 76,14 x 7,68mm.

Tak hanya menarik dari sisi durabilitas bodinya, performanya juga sudah mumpuni untuk menunjang produktivitas pengguna. OPPO A3 Pro 5G sudah dibekali dengan chipset Dimensity 6300 yang memiliki fabrikasi 6nm.

Nah, OPPO sendiri juga membekali A3 Pro 5G dengan RAM 8GB menggunakan teknologi LPDDR4X. Ada dukungan RAM Expansion hingga 8GB. Artinya, kamu bisa memaksa smartphone ini berjalan dengan RAM hingga 16GB.

Sementara, untuk sektor penyimpanan internalnya, smartphone tangguh ini juga diperkaya dengan ROM berkapasitas 256 yang masih mengusung teknologi UFS 2.2. Jika kamu ingin menambah kapasitas penyimpanannya bisa menggunakan kartu microSD hingga 1TB.

OPPO telah membekali smartphone ini dengan baterai 5.100 mAh. Kepala charger 45W SUPERVOOC Flash Charging yang tersedia dalam paket penjualannya dapat mengisi daya hingga 50% hanya dalam 30 menit.

Dukungan lainnya, OPPO juga memperkaya smartphone ini dengan dua buah kamera di bagian belakang dan satu kamera di bagian depan. Di bagian belakang, ada kamera utama 50MP yang berpasangan dengan kamera portrait 2MP. Di bagian depan bercokol lensa 8MP.

Smartphone yang berjalan dengan OS ColorOS 14 berbasis Android 14 ini juga dilengkapi beberapa fitur penunjang lainnya, seperti NFC, LinkBoost, AI Eraser, Mode Volume Ultra, Splash Touch, dan sertifikasi IP54, tahan air dan debu. OPPO A3 Pro 5G dijual seharga Rp 3.999.000.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.