NativZen
Advertising Area

Mengenal Lebih Dekat Reno12 Series 5G

OPPO Reno12 Series 5G sudah meluncur resmi di Indonesia. Smartphone ini diperkaya dengan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Awal tahun ini, OPPO membuat gebrakan dengan mengumumkan komitmennya untuk membawa kemampuan AI ke lebih banyak orang. Dengan kata lain, teknologi tersebut tidak hanya tersedia di smartphone flagship kelas atas.

OPPO telah bergabung dengan Google, Microsoft, MediaTek, Qualcomm, dan mitra lainnya untuk mempercepat kehadiran generasi baru AI Phone. Reno12 Series 5G yang telah diluncurkan OPPO memperkenalkan serangkaian terobosan fitur GenAI, yang mencakup penggunaan sehari-hari.

Rangkaian GenAI Tingkatkan Produktivitas Pengguna

Pertama, Reno12 Series diperkaya dengan fitur AI Eraser 2.0. Pengguna smartphone ini dapat dengan mudah menghapus orang lain di foto dengan sekali sentuh berkat kemampuan mengidentifikasi orang dan objek yang tidak diinginkan secara otomatis.

Selain itu, ada juga fitur AI Clear Face. Ini memastikan setiap orang dalam foto grup tertangkap dengan kejernihan yang luar biasa dengan mengembalikan detail definisi tinggi seperti kontur wajah, rambut, dan alis.

Sementara itu, fitur lainnya yang dimuat oleh OPPO ke dalam Reno12 Series 5G adalah AI Best Face dapat secara otomatis mengidentifikasi orang di foto dengan mata yang berkedip dan menggunakan teknologi GenAI canggih untuk memperbaikinya.

Tak kalah menarik, OPPO juga melengkapinya dengan fitur AI Studio. Kehadiran fitur ini memudahkan pengguna untuk membuat avatar digital hanya dari 1 foto pengguna, seperti tema koboi, cyberpunk, dan lainnya dengan memanfaatkan kemampuan GenAI.

Reno12 Series juga memanfaatkan kekuatan AI untuk membawa efisiensi dan kreativitas. Dibangun dengan model Google Gemini (LLM), OPPO juga menyelipkan AI Toolbox memanfaatkan kemampuan pengenalan yang kuat.

Fitur ini hadir untuk memahami konten yang ditampilkan di layar dan merekomendasikan fitur AI yang sesuai, seperti pembuatan konten media sosial atau ringkasan konten untuk artikel panjang. Dengan begitu, produktivitas pengguna bisa lebih meningkat.

Pengguna juga dapat menggunakan AI Recording Summary yang dengan cerdas hasilkan ringkasan teks dari rekaman suara dan mengorganisasikannya menjadi catatan dengan informasi seperti daftar tugas, waktu, lokasi, dan detail lainnya.

Desain Futuristik yang Stylish dan Kokoh

OPPO Membawa Reno Series ke masa depan melalui Reno12 Series dengan desain eksterior perak yang futuristik. Panel belakang kaca dibuat dengan OPPO’s Fluid Ripple Texture menciptakan nuansa 3D seperti air yang beriak.

Penggunaan efek paralaks yang inovatif juga mempu menghadirkan visual indah dengan tekstur yang halus seperti cermin, ciri khas seri Reno. Selain warna silver, kedua perangkat ini hadir dengan pilihan warna lainnya.

Sunset Pink pada Reno12 5G menggunakan proses kristal cair grafis OPPO untuk membuat desain warna baru di tahun 2024. Untuk desain yang lebih klasik, Matte Brown menampilkan warna coklat elegan dalam desain bebas sidik jari.

Sementara itu, pada Reno12 Pro 5G, Space Brown mampu menghadirkan desain dua warna matte-gloss dengan dua bagian yang dipisahkan oleh pita logam horizontal di cover belakang sehingga tampak begitu elegan.

Evolusi terbesar pada layar dalam sejarah Reno Series juga hadir melalui Infinite View Screen. Ini salah satu teknologi layar paling canggih di pasaran. Menggunakan desain quad micro-curve, layar ini menggabungkan keindahan layar melengkung dengan pengalaman genggaman layar datar.

Hal ini memberikan kenyamanan luar biasa dan visual imersif serta mengurangi sentuhan yang tidak sengaja pada tepi layar lengkung. Reno12 Series hadir dengan layar OLED 6,7 inci 120Hz yang mampu menampilkan hingga 1,07 miliar warna.

Dukungan lainnya adalah perlindungan mata yang rendah cahaya biru. Ditambah dengan teknologi Splash Touch yang memungkinkan layar tetap responsif bahkan saat layar atau tangan pengguna basah.

Layar Reno12 5G dilindungi Corning® Gorilla® Glass 7i dengan perlindungan jatuh yang luar biasa. Sementara Reno12 Pro 5G dilengkapi Corning® Gorilla® Glass Victus® 2 yang menjadi kaca pelindung terkuat di Reno Series.

Dengan rating IP65, Reno12 Series memberikan ketahanan debu dan air yang luar biasa sementara komponen penting seperti lubang, speaker, port USB-C, dan slot kartu SIM telah diperkuat untuk membuat smartphone semakin tahan air.

Tangkap Momen Sempurna dengan AI Portrait Expert

Dilengkapi sensor Sony LYT-600 dengan autofocus omnidirectional full pixel dan OIS, kamera utama Reno12 Series menawarkan pemfokusan yang lebih cepat dan stabil untuk bidikan yang lebih jelas.

Tak hanya sampai di situ, kedua perangkat ini juga disempurnakan oleh OPPO dengan dilengkapi Mode Portrait yang memiliki zoom hingga 2x untuk memudahkan pengambilan portrait bokeh menakjubkan setara dengan kamera profesional.

Reno12 Pro 5G membawa pengalaman portrait profesional lebih jauh dengan kamera portrait telefoto 50MP yang menawarkan zoom optik hingga 2x dan kamera selfie 50MP dengan kemampuan Autofocus dan efek AI Portrait Retouching.

Reno12 Series menampilkan Flash Snapshot yang ditingkatkan untuk menyesuaikan proses eksposur kamera dengan lebih cepat, memungkinkan foto untuk menangkap efek pencahayaan yang lebih realistis dan warna kulit yang alami.

Video 4K 30fps juga tersedia pada kedua kamera belakang dan depan untuk video detail tinggi dengan resolusi ultra jernih. Dengan begitu, pengguna yang suka nge-vlog akan benar-benar dimanjakan oleh Reno12 Series 5G.

Debut Global Chipset Baru

Reno12 Series adalah smartphone pertama yang dilengkapi dengan platform mobile MediaTek Dimensity 7300-Energy 4nm. Dikembangkan bersama oleh MediaTek dan OPPO, SoC ini hadir untuk memberikan efisiensi daya yang luar biasa.

Platform Octa-core baru ini terdiri dari 4 inti performa tinggi A78 dan 4 inti efisiensi tinggi A55. Kolaborasi OPPO dan MediaTek pada Dimensity 7300-Energy juga menghasilkan terobosan dalam performa memori dan penyimpanan SoC melalui ColorOS Trinity Engine terbaru.

Dengan menggunakan model AI untuk mengidentifikasi kebiasaan pengguna saat ini, teknologi CPU-Vita yang diperbarui dari Trinity Engine dapat secara tepat mengalokasikan sumber daya SoC, mencapai konsumsi daya yang lebih rendah dengan stabilitas dan kelancaran sistem.

Sementara itu, kehadiran teknologi RAM-Vita meningkatkan pemanfaatan RAM untuk mempercepat kecepatan membuka aplikasi dan beralih antar aplikasi, menjaga aplikasi di latar belakang aktif selama 72 jam tanpa kendala.

RAM Expansion juga tersedia untuk mengonversi 12GB penyimpanan menjadi RAM sementara yang memberikan performa tambahan kapanpun dibutuhkan. Terakhir, teknologi ROM-Vita mampu melakukan kompresi lossless pada aplikasi yang jarang digunakan.

Tak hanya itu, teknologi tersebut juga dapat mengelola file duplikat untuk mengurangi penggunaan penyimpanan yang tidak diperlukan, menghasilkan ruang penyimpanan yang lebih besar untuk file pengguna dan kecepatan baca/tulis memori yang lebih cepat.

Masa Pakai Baterai Lebih Lama

Optimalisasi yang ditargetkan pada struktur anoda dan katoda dalam baterai Reno12 Series telah menghasilkan baterai 5000 mAh dengan densitas energi tertinggi pada smartphone Reno Series, sehingga memberikan masa pakai baterai yang lebih lama.

OPPO menjanjikan kondisi baterai yang ada pada Reno12 Series 5G ini bakal optimal selama lebih dari 4 tahun tanpa meningkatkan ukuran baterai atau smartphone. Menariknya lagi, OPPO juga melengkapinya dengan pengisian cepat 80W SUPERVOOC.

Ya! berkat pengisian cepat 80W SUPERVOOC, baterai Reno12 Series dapat diisi dari 1% hingga 32% hanya dalam waktu 10 menit. Jika pengguna ingin mengisi baterai hingga penuh alias 100%, hanya butuh waktu kurang dari 50 menit.

Pengalaman Konektivitas Lancar, Mulus, dan Stabil

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan OPPO Reno12 Series 5G, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan AI LinkBoost generasi terbaru. Ini terdiri dari sembilan antena individual yang disusun dalam arsitektur 360° surround.

AI LinkBoost mampu meningkatkan penerimaan sinyal dan mengoptimalkan pemilihan jaringan menggunakan model AI tingkat sistem untuk melakukan peralihan jaringan yang cepat berdasarkan lingkungan jaringan pengguna.

Meningkatkan latensi jaringan di area dengan sinyal lemah atau jaringan sibuk, meningkatkan seamless switch antara WiFi dan jaringan seluler, dan mempercepat kecepatan pemulihan sinyal saat keluar dari lift atau basement.

Hal menarik lainnya, dengan dukungan Sertifikasi Performa Jaringan Tinggi yang dikeluarkan oleh TÜV Rheinland dan pertama di dunia, Reno12 Series telah teruji untuk memberikan pengalaman jaringan lancar di semua skenario.

Saat pengguna berada di penerbangan, kereta bawah tanah, atau pendakian gunung di mana cakupan jaringan seluler tidak tersedia, OPPO juga telah memperkenalkan BeaconLink ke dalam bodi Reno12 Series.

Bagi kamu yang belum tahu, dukungan fitur BeaconLink mampu meningkatkan transmisi Bluetooth untuk panggilan suara antar perangkat pada jarak hingga 200 meter dalam situasi darurat tanpa memerlukan pulsa dan data. Menarik bukan?

Reno12 Pro 5G, smartphone ini memiliki konfigurasi memori 12GB/512GB, dibanderol dengan harga Rp 8.999.000. Sedangkan Reno12 5G dengan memori 12GB/512GB dijual seharga Rp 7.999.000 dan varian 12GB/256GB dijual seharga Rp 6.999.000.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.