NativZen
Advertising Area

Spesifikasi dan Harga Pixel 9 Pro Fold

Dalam acara tahunana Made by Google, Google juga meluncurkan ponsel lipat generasi kedua, Pixel 9 Pro Fold.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Dalam acara tahunana Made by Google, Google juga meluncurkan ponsel lipat generasi kedua. Ponsel ini disebut Pixel 9 Pro Fold. Ya, raksasa mesin pencari ini telah merambah segmen ponsel lipat sejak tahun 2022 lalu.

Melalui Pixel 9 Pro Fold, Google telah membuat beberapa perubahan pada penawaran perangkat terbarunya ini. Dari segi spesifikasi, ponsel lipat ini memiliki banyak kesamaan dibandingkan dengan ponsel seri Pixel 9 generasi terbaru (standar, Pro, dan Pro XL).

Ya, tak sedikit yang mengakui bahwa kehadiran Pixel 9 Pro Fold ini adalah salah satu cara Google untuk berkompetisi dengan Samsung melalui Galaxy Z Fold6 dan vivo melalui vivo X Fold3. Seperti yang kita tahu, kedua smartphone lipat tersebut hadir resmi di Indonesia.

Nah, sekarang mari kita gali Google Pixel 9 Pro Fold yang memiliki tampilan seperti ponsel lipat sebenarnya jika dibandingkan dengan pendahulunya. Kini, smartphone lipat terbaru dari Goolge ini memiliki rasio aspek lebih lebar.

Bahkan, layar eksternal utamanya lebih tinggi dan terlihat mirip dengan ponsel pintar pada umumnya. Mirip dengan seri Pixel 9, ponsel lipat ini juga memiliki sudut membulat yang menawarkan pegangan yang lebih baik di tangan.

Raksasa mesin pencari itu juga mengatakan bahwa Pixel 9 Pro Fold memiliki kerangka baja dengan penutup yang dipadukan material aluminium berkekuatan tinggi kelas kedirgantaraan. Nah, yang membedakan dengan Pixel 9 dan Pixel 9 Pro Series adalah panel belakangnya.

Pixel 9 Pro Fold dihiasi pulau kamera persegi panjang dengan dua potongan berbentuk pil untuk menampung sensor yang disematkan. Sementara itu, tombol daya dan volume oleh Google diletakkan di sisi kanan.

Ya, Tombol daya juga berfungsi ganda sebagai pemindai sidik jari. Satu hal yang terbilang menarik, Google menegaskan bahwa Pixel 9 Pro Fold dapat dilipat rata sepenuhnya, tidak seperti pendahulunya. Selain itu, ponsel pintar lipat ini juga dapat digunakan dalam Tabletop Mode.

Layar eksternalnya berukuran 6,3 inci yang dikelilingi oleh bezel simetris di semua sisi dan memiliki potongan punch hole yang sejajar di tengah. Layar AMOLED ini memiliki resolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz.

Sementara, layar yang dapat dilipat menggunakan panel Super Actua Flex berukuran 8 inci yang membuatnya setara dengan OnePlus Open. Resolusinya 2.152 x 2.076 piksel dengan refresh rate LTPO 120Hz dan kecerahan puncak 2.700nits.

Bergeser ke bagian kamera, Pixel 9 Pro Fold diperkaya dengan kamera utama 48MP yang disertai lensa ultra-wide 10,5MP, dan unit telefoto 10,8MP dengan zoom 5x dan zoom super res 20x. Baik layar internal maupun eksternal memiliki sensor kamera swafoto 10MP.

Sama seperti ponsel Pixel bar, ponsel lipat ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur kamera dan juga fitur pengeditan gambar yang cerdas. Di bagian dalam, Pixel 9 Pro Fold telah dipasok chipset Tensor G4. Ada juga chipset Titan M2 untuk tujuan keamanan.

Ponsel lipat ini mengemas RAM hingga 16GB dan penyimpanan internal hingga 512GB. Perangkat ini didukung oleh unit baterai 4.650 mAh dengan dukungan pengisian kabel 21W dan pengisian nirkabel.

Sama seperti Pixel 9, Pixel 9 Pro dan Pixel 9 Pro XL, Google juga melengkapi Pixel 9 Pro Fold ini dengan Android 14 dan memenuhi syarat untuk pembaruan OS selama 7 tahun. Perangkat ini juga dilengkapi dengan Gemini Nano beserta fitur-fitur lainnya.

Ponsel ini juga dilengkapi fitur-fitur keselamatan seperti Emergency SOS, deteksi tabrakan, peringatan krisis, dan banyak lagi. Google Pixel 9 Pro Fold ditawarkan dalam dua warna pilihan, yakni Obsidian dan Procelain.

Ponsel lipat generasi kedua ini mulai dijual seharga US$ 1.799 (Rp 28,3 juta) untuk 256GB dan US$ 1.999 (Rp 31,5 juta). Di pasar Amerika Serikat dan Eropa, Prapemesanan smartphone ini sudah dimulai dengan penjualan perdana dimulai pada tanggal 4 September 2024.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.