NativZen
Advertising Area

Mengenal Dukungan AI di ASUS Zenfone 11 Ultra

ASUS Zenfone 11 Ultra, smartphone flagship ASUS yang ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 3 juga diperkaya dengan AI yang sangat beragam.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Teknologi Artificial Intelligence (AI), seiring perkembangannya terus bergerak maju dan meniscayakan kemutakhiran teknologi. Di dalam smartphone, AI juga terus mengambil peran penting dalam pengintegrasiannya secara langsung.

Ya, kehadiran teknologi tersebut membawa dampak yang memberikan kemudahan serta peningkatan produktivitas signifikan pada pengguna. Sementara itu, dukungan generatif AI pada smartphone juga menjadi magnet baru bagi industri untuk memikat para pengguna.

Nah, salah satu perangkat atau smartphone flagship yang telah mengadopsi teknologi AI adalah ASUS Zenfone 11 Ultra. Smartphone ini pun sudah tersedia resmi di Indonesia dan membawa serangkaian fitur menarik di dalamnya.

Diperkaya AI yang Begitu Beragam

Ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 3, Zenfone 11 Ultra memiliki fitur AI Noise Cancellation. Ini didukung oleh teknik komputasi machine-learning yang mampu memberikan kualitas audio begitu jernih di segala kebutuhan.

Ini bisa dirasakan oleh pengguna mulai dari panggilan telepon, panggilan instant-messaging, atau komunikasi dalam game. ASUS Zenfone 11 Ultra juga memberikan kemudahan manajemen file dengan Semantic Search.

Ya, berkat fitur tersebut pengguna dapat mencari foto di galeri dan menginstal aplikasi dengan menggunakan kata kunci, berkat multimodal learning. Sementara, dukungan ASUS GlideX akan memudahkan pengguna melakukan streaming aplikasi dari ponsel ke perangkat lain.

Tools tersebut juga akan menyederhanakan transfer file, memberikan kemudahan untuk melakukan conference call, dan memudahkan kontrol perangkat. Selain itu, fitur AI Call Translator juga dapat menghilangkan hambatan percakapan antar bahasa asing.

Dengan kata lain, pengguna ASUS Zenfone 11 Ultra tak perlu lagi khawatir jika ingin bercakap-cakap, meskipun dengan bahasa yang berbeda. Sementara, fitur AI Transcript membantu pengguna membuat ringkasan dari percakapan atau audio ke dalam bentuk data dan teks.

Selain untuk melengkapi aktivitas harian, teknologi AI yang ada pada smartphone ini juga mampu menyempurnakan kualitas visual pada gambar dan rekaman video. Dengan kemampuan ultra-imaging yang menawan, AI secara pintar mengenali objek secara terperinci.

Untuk selanjutnya, teknologi “pintar” tersebut akan mampu memaksimalkan kualitas warna dan detail objek, maupun kedalaman bidang pada hasil foto atau rekaman video. Ini seperti yang terdapat pada mode AI Portrait Video di ASUS Zenfone 11 Ultra.

Fitur tersebut akan menawarkan kedalaman bidang saat perekaman. Hal ini akan menambahkan estetika video, sementara penyesuaian fokus secara manual dapat memberi pengguna kontrol, sehingga bisa menambah kreativitas atas narasi visual.

Fitur AI lainnya yang tak kalah menarik adalah AI Object Sense yang dapat mengenali berbagai objek dan mengoptimalkannya melalui algoritma khusus, dan teknologi pintar HyperClarity yang otomatis aktif saat kamera melakukan zoom, secara signifikan meningkatkan kejernihan gambar.

Ini dilakukan melalui deep-learning models, merekonstruksi gambar, dan menambahkan detail berdasarkan pengenalan AI. Hal ini membuat ASUS Zenfone 11 Ultra dengan mudah menangkap dan menampilkan aspek terindah dari sebuah pemandangan.

Punya Hardware yang Canggih

Selain kecerdasan buatan melalui software berbasis AI, tentunya yang paling dibutuhkan adalah hardware canggih sebagai basis utama untuk menghasilkan kualitas visual dan audio terbaik. Oleh karena itu, ASUS melengkapi Zenfone 11 Ultra dengan dukungan sistem kamera mumpuni.

Di bagian depan, ASUS menyematkan kamera 32MP yang menawarkan peningkatan performa cahaya rendah dan sudut yang lebih lebar, sehingga dapat menangkap semua momen penting lebih luas pada foto selfie dan menghasilkan kualitas foto low-light yang menakjubkan.

Selain itu, kehadiran kamera belakang 50MP yang didukung stabilitas perekaman video melalui 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 dan dipadukan kemampuan stabilisasi video Super HyperSteady akan menghasilkan kualitas video yang bebas blur dan bebas guncangan.

Bahkan dukungan tersebut sangat membantu pengguna ketika Zenfone 11 Ultra digunakan sambil bergerak, sehingga memungkinkan pengguna untuk merekam video berkualitas profesional dengan sangat mudah.

Kehadiran teknologi perekaman suara OZO Audio-powered 3D surround mampu menghasilkan kualitas audio yang tak tertandingi. Seluruh elemen ini digabungkan pada ASUS Zenfone 11 Ultra untuk menciptakan standar baru dalam teknologi perekaman melalui smartphone.

Semua kemampuan hardware dan software berbasis AI yang sudah disebutkan sebelumnya akan menghasilkan visualisasi menawan yang akan ditampilkan di layar ponsel. Oleh karena itu, dibutuhkan juga layar canggih yang dapat memaksimalkan visual yang menawan.

Layar AMOLED merupakan pilihan terbaik saat ini untuk mendapatkan visual yang memukau dan memanjakan mata, seperti pada ASUS Zenfone 11 Ultra yang sudah dilengkapi layar AMOLED 6,78 inci 144Hz, yang ditingkatkan oleh teknologi Pixelworks®.

Peningkatan tersebut untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup. Menariknya lagi, layar pada ASUS Zenfone 11 Ultra juga dilengkapi teknologi low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) untuk efisiensi energi.

Selain itu, dengan mengoptimalkan bezel yang jauh lebih kecil, dapat menghasilkan rasio screen to-body yang luar biasa sebesar 94%. Dengan kata lain, smartphone ini juga benar-benar memanjakan mata para penggunanya.

Mendukung Keberlanjutan Lingkungan

Tak kalah menarik, smartphone flagship ini juga didesain untuk mendukung keberlanjutan lingkungan. Rangka ponsel pintar yang ramah lingkungan ini terbuat dari aluminium daur ulang 100%.

Sementara, pada sektor tampilan, layar Zenfone 11 Ultra ini dibuat dengan lebih dari satu-pertiga kaca daur ulang. Hal ini membawa produsen teknologi yang berbasis di Taiwan itu selangkah lebih dekat ke rantai pasokan yang sirkuler.

    Tak hanya sampai di situ, ASUS juga berhasil mengurangi penggunaan plastik sebesar 94% untuk kemasan dengan mengandalkan kertas pembungkus untuk smartphone dan kabelnya. Ini bisa kamu temukan dalam paket penjualannya.

    Keseluruhan elemen yang mencakup hardware dan software berbasis AI, layar AMOLED dan teknologi canggih tentunya membutuhkan prosesor yang kuat agar dapat menampilkan performa luar biasa dan dapat menjalankan semua fitur secara optimal.

    Seperti telah disebutkan di atas, ASUS Zenfone 11 Ultra ditenagai chipset flagship dari Qualcomm, apalagi jika bukan Snapdragon 8 Gen 3. Chipset canggih ini memungkinkan
    kinerja yang lancar untuk setiap pemakaian, mulai dari multitasking hingga bermain game.

    Turut dilengkapi dengan RAM 16GB dan penyimpanan internal 512GB yang responsif, ASUS Zenfone 11 Ultra dapat menjadi perangkat yang benar-benar diandalkan oleh pengguna dan tangguh untuk menemani segala aktivitas.

    Daya tarik lainnya adalah dukungan baterai 5.500 mAh yang dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya 65 W HyperCharge. Berkat dukungan tersebut pengguna dapat mengisi ulang smartphone ini dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu 39 menit.

    Promo Kemerdekaan

    Untuk kenyamanan tambahan, ASUS Zenfone 11 Ultra juga mendukung pengisian nirkabel melalui Qi-compatible wireless charger. Untuk itu, dapatkan Wireless Car Charger untuk setiap pembelian smartphone ini dalam rangka merayakan HUT RI Ke-79.

    ASUS mengadakan promo spesial untuk setiap pembelian Zenfone 11 Ultra selama periode promosi, baik varian 12GB/256GB dengan harga Rp 9.999.000 maupun 16GB/512GB dengan harga Rp 13.999.000. Konsumen akan mendapatkan Wireless Car Charger.

    Wireless Car Charger ini memungkinkan pengisian daya smartphone secara praktis saat dalam perjalanan, menggabungkan kemudahan dan teknologi terkini untuk mendukung gaya hidup modern pengguna.

    Kini ASUS Zenfone 11 Ultra semakin menarik dengan tambahan aksesoris yang mempermudah aktivitas sehari-hari. Promo ini berlaku mulai dari tanggal 12 Agustus hingga 30 September 2024 di semua mitra penjualan resmi ASUS, baik offline maupun online.

    Avatar photo

    Eko Lanue Ardie

    co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

    Advertising Area
    Advertising Area

    Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.