NativZen
Advertising Area

Lintasarta Meluncurkan GPU Merdeka

GPU Merdeka, AI cloud berdaulat pertama dan tercanggih yang didukung oleh NVIDIA untuk berdayakan Indonesia.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Lintasarta meluncurkan produk baru, GPU Merdeka. Diluncurkan di Hotel Kempinski, Jakarta, GPU Merdeka tiba sebagai GPU-as-a-Service (GPUaaS) untuk infrastruktur AI, merupakan Sovereign AI Cloud dari NVIDIA yang dirancang sebagai supercomputing cloud dengan teknologi canggih dan terdepan di Indonesia.

Peluncuran GPU Merdeka dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Selain itu, hadir pula Kepala Departemen Pengembangan Aplikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dwi Kurniawan, Sekretaris SKK Migas Luky A Yusgiantoro, Educator Entrepreneur & Host of “End Game” Gita Wirjawan, dan Digital Business Director Perum Peruri Farah Fitria Rahmayanti.

Tak ketinggalan, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Vikram Sinha, dan Head of Developer Programs for Big Data & Analytics in the ASEAN & ANZ Regions of NVIDIA Deb Goswami.

Peluncuran GPU Merdeka, merupakan bagian dari bukti komitmen Lintasarta dan Indosat Group dalam memberdayakan Indonesia. Peluncuran ini juga merupakan bagian dari ekspansi strategis perusahaan melalui penandatanganan MoU dengan NVIDIA pada awal 2024 silam.

Hal ini juga menegaskan status Lintasarta sebagai NVIDIA Cloud Partner (NCP) dalam NVIDIA Partner Network sejak Mei 2024. GPU Merdeka akan menghadirkan infrastruktur dan platform AI cloud untuk pelaku bisnis nasional serta akses ke GPU tercepat dari NVIDIA.

Kehadiran GPU Merdeka juga akan memberikan akses pada kemampuan dalam bidang Generative AI, machine learning, rendering, dan aplikasi computer aided design (CAD) dengan spesifikasi superior, biaya yang optimal, dan pemanfaatan energi yang efisien.

Sovereign AI Cloud yang didukung teknologi canggih dari NVIDIA akan memposisikan Lintasarta sebagai pemimpin AI cloud nasional yang diharapkan akan membawa kemajuan teknologi dan inovasi untuk transformasi digital pelaku industri nasional.

GPU Merdeka hadir dengan infrastruktur yang berada di dalam negeri, dikelola perusahaan dari Tanah Air, dan dioperasikan oleh tenaga TI profesional berbakat anak bangsa, serta mendukung pertumbuhan industri serta ekosistem nasional.

Selain itu, Lintasarta juga akan menghadirkan AI Nation Program yang bertujuan untuk mempercepat adopsi dan pengembangan teknologi AI dengan membangun ekosistem AI yang kuat serta berkelanjutan.

President Director & CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena, mengatakan, GPU Merdeka merupakan langkah nyata dalam memberdayakan Indonesia melalui solusi teknologi terbaik untuk membantu perusahaan dari berbagai sektor industri mempercepat transformasi digital.

“GPU Merdeka hadir sejalan dengan tujuan Lintasarta dalam memberdayakan Indonesia untuk mempercepat pencapaian potensi digital bangsa. Peluncuran layanan baru ini mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI cloud global,” ujar Bayu.

Hal senada juga diamini oleh President Director and  CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha. Ia merasa turut bangga dengan peluncuran GPU Merdeka milik Lintasarta, yang menjadi bagian dari Indosat Group.

“Kami percaya dengan teknologi dan kemampuan yang ditawarkan oleh Lintasarta dapat membawa Indosat Group selangkah lebih dekat untuk mewujudkan tujuan besarnya dalam memberdayakan Indonesia dan mendorong terwujudnya visi Indonesia Emas 2045,” ujar Vikram.

Sementara itu, Head of Developer Programs for Big Data & Analytics in the ASEAN & ANZ Regions of NVIDIA, Deb Goswami, mengatakan bahwa dengan hadirnya GPU Merdeka, Lintasarta telah mengimplementasikan NVIDIA accelerated computing.

“Implementasi NVIDIA accelerated computing dalam GPU Merdeka yang diperkenalkan oleh Lintasarta akan membantu menghadirkan layanan cloud AI berkinerja tinggi untuk memberdayakan Indonesia dengan AI yang berdaulat,” ucap Goswami.

GPU Merdeka yang didukung oleh NVIDIA, menghadirkan server High Performance GPU dengan konfigurasi 8x Nvidia H100 SXM Tensor Core GPUs dalam 1 server. Konfigurasi ini menghadirkan kapabilitas untuk Generative AI dan memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh GPU NVIDIA generasi sebelumnya.

Keunggulan yang ditawarkan oleh GPU Merdeka tersebut sangat tepat digunakan pada aplikasi yang membutuhkan akurasi tinggi seperti TNavigator dan SLB Petrel High Performance Computing pada industri oil and gas.

NVIDIA H100 SXM pada GPU Merdeka dapat menangani beban kerja Generative AI tingkat lanjut dengan dukungan bandwidth 3.35 TB/s. Fitur canggih lainnya adalah H100 GPU features third-generation RT Cores  yang ideal untuk rendering, 3D modeling, dan aplikasi CAD.

GPU Merdeka mendapatkan dukungan infrastruktur data center AI hingga 20 KW per rack, fitur connectivity data center hingga 3.2 Tbps Infiniband RDMA per server, dan NVIDIA GPUDirect access to storage yang akan meningkatkan performansi layanan secara keseluruhan.

Daya tarik lainnya, pelanggan yang berlangganan GPU Merdeka akan dibebaskan akses untuk trafik internet up to 100 Gbps dengan proteksi DDoS yang memberikan kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.