NativZen
Advertising Area

Waspada Modus Penawaran Seri iPhone 16 Palsu

Minat yang begitu tinggi dari banyak orang, yang tertarik untuk memiliki seri iPhone 16 tampaknya bakal dimanfaatkan oleh para penjahat siber.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Apple secara resmi telah memperkenalkan seri iPhone terbarunya. Ada empat model yang diperkenalkan, yakni iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Tentu saja, kehadiran seri iPhone 16 di pasaran sangat ditunggu-tunggu penggemarnya.

Minat yang begitu tinggi dari banyak orang, yang tertarik untuk memiliki seri iPhone 16 tampaknya bakal dimanfaatkan oleh para penjahat siber. Ya, mereka mulai mengintai untuk mencari mangsa dan menipu dengan cara membuat penawaran palsu.

Seperti yang diungkap oleh pakar keamanan dari Kaspersky bahwa tak sedikit penipu di dunia maya kini menargetkan konsumen yang tidak sabar untuk segera memiliki smartphone baru besutan Apple tersebut. Caranya, membuat penawaran pra-pemesanan palsu.

Tak main-main, untuk mengincar konsumen yang menjadi targetnya, penjahat siber ini juga memberikan iming-iming dukungan teknis jika seri iPhone 16 yang dibelinya nanti mengalami masalah. Padahal, itu adalah dukungan teknis palsu.

Penipuan pra-pemesanan adalah salah satu modus yang paling umum ditemukan oleh peneliti Kaspersky. Para penipu menawarkan iPhone terbaru dengan diskon hingga 40%, dan membuat situs web yang terlihat meyakinkan untuk memikat korban.

Korban akan diarahkan ke situs tersebut dengan janji untuk menjadi yang pertama menikmati teknologi terbaru dari Apple. Mereka pun diminta untuk memasukkan informasi penagihan dan pengiriman serta melakukan pembayaran melalui PayPal.

Namun, setelah pembayaran dilakukan, korban tidak akan pernah menerima smartphone yang dijanjikan. Selain kehilangan uang, informasi pribadi korban juga berhasil dicuri, dan pada akhirnya semua data tersebut akan diperjual-belikan di dark web.

Penipuan lain yang diidentifikasi oleh peneliti Kaspersky adalah penawaran dukungan teknis palsu. Situs-situs palsu ini mengklaim dapat membantu pengguna memperbarui perangkat mereka atau melaporkan kehilangan dan pencurian perangkat.

Bagaimana situs dukungan teknis palsu ini bekerja? Sangat mudah! Si calon korban akan diminta untuk login ke situs tersebut menggunakan ID Apple mereka. Setelah informasi ID Apple berhasil dicuri, maka akan digunakan oleh penipu untuk mengakses informasi pribadi si korban.

Tips Menghindari Penipuan

Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky menekankan pentingnya kewaspadaan ekstra selama periode peluncuran produk baru. Berikut ini adalah beberapa tips dari Kaspersky untuk menghindari penipuan:

  1. Gunakan Saluran Resmi: Pesan iPhone 16 hanya melalui pengecer resmi seperti website Apple atau mitra terpercaya. Hindari mengklik tautan dari situs yang tidak dikenal atau e-mail promosi yang tidak jelas.
  2. Waspada Terhadap Penawaran Palsu: Diskon besar atau akses awal sering kali menjadi umpan bagi penipu. Jika penawaran tampak terlalu menarik atau di luar akal sehat, kemungkinan besar itu adalah penipuan.
  3. Periksa URL dan Alamat Email: Pastikan URL situs yang diakses dimulai dengan “https://” dan sesuai dengan domain resmi Apple. Berhati-hatilah terhadap e-mail dari alamat yang tampak tidak resmi.
  4. Jangan Bagikan Informasi Pribadi: Hindari memberikan informasi sensitif seperti detail kartu kredit atau kata sandi ID Apple melalui e-mail atau situs yang tidak terpercaya.
  5. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA): Tambahkan lapisan keamanan ekstra untuk akun online yang kamu miliki, terutama yang terhubung dengan metode pembayaran.
  6. Verifikasi Berita Pra-pemesanan: Konfirmasikan penawaran khusus atau kesepakatan pra-pemesanan di situs resmi Apple atau saluran berita terpercaya.
  7. Laporkan Aktivitas Mencurigakan: Jika menerima e-mail mencurigakan, laporkan segera ke Apple atau otoritas terkait.
  8. Tetap Terinformasi: Ikuti perkembangan berita terkait penipuan umum dan praktik keamanan siber terbaik.

Dengan langkah-langkah pencegahan ini, pengguna dapat melindungi diri dari penipuan yang sering kali muncul bersamaan dengan peluncuran produk baru yang sangat dinanti, seperti seri iPhone 16 yang memang sangat ditunggu-tunggu.

Selain itu, Kaspersky berani menjamin bahwa dengan melakukan beberapa tindakan seperti di atas, kamu bisa untuk meminimalisir menjadi korban selanjutnya dari modus penipuan yang dilakukan para penjahat siber. Tetap waspada!

Avatar photo

Christopher Louis

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.