NativZen
Advertising Area

Review realme 13 Pro 5G: Banjir Fitur AI di Sektor Kamera

realme 13 Pro 5G datang sebagai smartphone kelas menengah ke atas yang membawa tagline Ultra Clear Camera with AI.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Awal Agustus 2024, realme kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan meluncurkan realme 13. Smartphone terbaru dari realme ini hadir dengan mengusung pengalaman “Gaming Bintang Lima” di harga Rp 2 jutaan.

Nah, rupanya realme tak berhenti sampai di situ. Melengkapi Number Series terbarunya, realme pada pertengahan bulan September 2024 ini kembali merilis smartphone baru, apalagi jika bukan realme 13 Pro Series 5G.

Untuk seri ini, ada dua model yang akan diluncurkan, yakni realme 13 Pro 5G dan realme 13 Pro+ 5G. Berbeda dengan realme 13, slogan yang dibawa oleh realme 13 Pro Series 5G adalah Ultra Clear Camera with AI. Ya, smartphone ini menekan pada kemampuan kamera yang diperkaya AI.

nativzen.com diberi kesempatan oleh realme untuk mereview secara langsung realme 13 Pro 5G. Tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, ponsel pintar terbaru dari realme ini pun menjadi teman setia untuk menjalani aktivitas harian alias daily driver. Jadi, baca hingga selesai!

Unboxing realme 13 Pro 5G

Masih seperti Number Series sebelumnya, realme memasarkan realme 13 Pro 5G dalam boks kemasan berwarna kuning. Pada bagian muka, realme memuat angka “13” dengan embel-embel Pro di bawahnya.

Menandakan bahwa perangkat yang ditawarkan membawa teknologi AI dan 5G, realme pun mencantumkan keduanya di bagian atas, tepatnya di pojok kiri dan kanan. Tak ketinggalan, bagin muka dari bok tersebut realme juga mencantumkan logo “realme” sebagai ciri khasnya.

Pada bagian samping dari boks kemasan, realme memuat teks bertuliskan “realme 13 Pro 5G. Dan tidak ketinggalan, ada juga “Young Peolpe Choice”. Ya, ini sekaligus menegaskan bahwa smartphone ini memang dipasarkan untuk Anak Muda yang menjadi target realme.

Bagi kamu yang tertarik dengan realme 13 Pro 5G, realme pun turut memuat empat nilai jual yang ditawarkan, seperti dukungan kamera, chipset yang digunakan, keunggulan pada sektor tampilan, dan tentunya kapasitas baterai yang dimiliki.

realme 13 Pro 5G memiliki tipe atau code name RMX3988, dan ini bisa kamu temukan pada stiker yang menempel di bagian belakang boks kemasan. Di sana, kamu juga bisa melihat ukuran RAM dan penyimpanan internal, serta pilihan warna dan nomor IMEI.

Sekadar info untuk kamu, realme 13 Pro 5G yang ada ditangan nativzen.com memiliki ukuran RAM 12GB dengan kapasitas penyimpanan internal 256GB. Sementara itu, pilihan warnanya adalah Ungu Monet.

Sekarang kita cari tahu isi dari boks kemasan tersebut. Saat dibuka, kamu akan menemukan boks kedua yang juga berwarna kuning, dan bertuliskan “Make it real”. Di dalam boks tersebut realme memuat soft-case, lembar Kartu Jaminan dan Petunjuk Penggunaan, serta SIM ejector.

Unit realme 13 Pro sendiri dibungkus dengan plastik transparan, dan bisa kamu temukan di bawah boks kedua. Sementara itu, dua aksesoris umum yang ada di dalam boks kemasan, seperti kepala charge dan kabel USB Type-C juga masih disertakan dalam paket penjualannya.

Desain Terinspirasi Karya Seni Claude Monet

Kehadiran Number Series adalah cara realme berkompetisi di pasar smartphone kelas menengah ke atas alias mid-to-high, tidak terkecuali realme 13 Pro 5G. Karena itu, handset ini pun dikemas begitu ciamik, sehingga tak kalah mewah jika disandingkan dengan kompetitor sekelasnya.

Terkait dengan desain yang ditawarkan, kali ini realme mengambil inspirasi dari keindahan karya seni Claude Monet. Karena itu, desain realme 13 Pro 5G memadukan estetika impresionis dengan teknologi modern.

Seperti yang telah disinggung, realme 13 Pro 5G yang ada di tangan nativzen.com berwarna Ungu Monet atau Monet Purple. Ini menonjolkan warna lili ungu dengan saturasi lembut yang mampu menciptakan suasana tak hanya nyaman, tetapi juga dinamis.

Dengan bahan kaca buram dan proses flash gold unik, smartphone ini mereproduksi efek sapuan kuas Monet, menangkap keindahan momen-momen lukisannya melalui jutaan partikel berkilauan. Ya, realme 13 Pro 5G ini adalah cara baru untuk merasakan keindahan seni Monet.

Kamu juga harus tahu, Monet menciptakan 250 lukisan “Water Lilies” sepanjang hidupnya, yang bertujuan untuk menangkap cahaya sekilas dan pemandangan dari subjek yang sama pada waktu yang berbeda sepanjang hari dan musim.

realme pun telah memilih karya-karya yang paling ikonik untuk Number Series yang dikembangkannya. Kali ini, melestarikan cahaya dan bayangan sekilas yang ditangkap oleh Monet dalam desain smartphone-nya, mengubahnya menjadi karya seni yang dapat kamu genggam.

Mereproduksi efek cahaya dan bayangan yang mengalir dengan tepat, sebagaimana ditemukan dalam karya Monet. Pada berbagai sudut pandang, kaca akan memantulkan kilauan berbeda-beda, sehingga kamu dapat merasakan keindahan visual yang dihasilkan pada panel belakang.

Menariknya lagi, panel belakang realme 13 Pro 5G dengan warna Monet Purple ini juga tidak mudah kotor oleh sidik jari. Tetapi sayangnya, realme memasarkan smartphone ini sepaket dengan soft-case bukan transparan, sehingga keindahannya tertutupi.

Selain Monet Purple, realme 13 Pro 5G yang dipasarkan di Indonesia juga tersedia dalam pilihan warna Emerald Green. Ini menggunakan bahan silikon terbaru yang lembut seperti sutra dan tahap terhadap kotoran. Kesan premium nan mewah juga menonjol pada varian warna ini.

Sementara itu, panel belakang realme 13 Pro 5G ini juga dipercantik modul kamera berbentuk lingkaran, dan realme menyebutnya Sunrise Halo. Mengadopsi jam tangan mewah, tekstur yang dibuat sangat presisi melalui 436 garis logam.

Untuk kamu ketahui, 436 garis logam yang menghiasi smartphone ini diberi sapuan berwarna Perak alias Silver untuk pilihan warna Monet Purple. Sementara, jika kamu suka dengan pilihan warna Emerald Green, garis logam yang melingkar disapu dengan warna Emas atau Gold.

Di dalam modul kamera yang disebut sebagai Sunrise Halo, realme memuat dua buah kamera bersanding dengan LED flash. Ya, terkait dengan kemampuan kamera yang ditawarkan, realme memberikan dukungan HYPERIMAGE+, dan ini pun turut dicantumkan pada modul kamera.

Sementara itu, kesan premium dan mewah dari realme 13 Pro 5G ini juga semakin menonjol dengan desain 3D Curved pada panel belakang di sisi-sisinya. Dukungan tersebut membuat smartphone ini nyaman untuk digenggam atau dimasukkan ke dalam saku celana.

Nah, berbicara mengenai dimensinya, realme 13 Pro 5G varian Monet Purple memiliki ukuran 161,34 mm × 73,91 mm × 8,23 mm, dan beratnya 188 gram. Sementara, varian emeral Green memiliki ukuran 161,34 mm x 73,91 mm x 8,41 m, dan beratnya 183 gram.

realme 13 Pro 5G varian Monet Purple yang ada di tangan nativzen.com diikat dengan frame atau bingkai dengan warna senada pada garis logam Sunrise Halo, yakni Perak. Tombol pengoperasian, seperti tombol volume dan daya ditempatkan pada sisi bingkai bagian kanan.

Sementara, pada sisi bingkai bagian atas, realme muat lubang speaker dan lubang mikrofon. Di sisi bingkai bagian bawah, realme menempatkan port USB Type-C yang diapit oleh slot Sim Card (Nano Sim Card), lubang mikrofon dan lubang speaker.

Ya, punya dua lubang speaker dalam satu perangkat, ini menunjukkan bahwa realme 13 Pro 5G diperkaya oleh speaker stereo. Jadi, kamu tak perlu risau karena suara yang keluar dari speaker yang ada pada ponsel pintar ini terdengar sangat jelas.

Terkait dengan dukungan audio yang dimiliki, realme 13 Pro 5G juga diperkaya dengan Hi-Res Audio Certified. Ini semakin membuktikan bahwa speaker yang ada pada smartphone ini mampu menyemburkan suara stereo berkualitas tinggi saat menonton video, atau mendengarkan musik.

realme 13 Pro 5G tidak lagi menyertakan dukungan port jack audio 3.5mm. Jadi, bagi kamu yang tertarik menikmati lagu favorit saat berangkat beraktivitas, bisa mengintegrasikan smartphone ini dengan TWS, seperti realme Buds Air6 Pro misalnya.

Sekarang kita bergeser ke bagian tampilan, alias layar. realme 13 Pro 5G memiliki layar 3D Curved berukuran 6,7 inci dengan resolusi FHD+ (2412 x 1080 piksel). Panel layar yang digunakan adalah AMOLED dengan adaptive refresh rate hingga 120Hz.

Sudah bisa ditebak! refresh rate ultra-tinggi 120Hz bertujuan untuk penggunaan harian yang lebih lancar. realme pun memperkaya sektor tampilan dari smartphone ini dengan Pro-XDR dan kontras detail yang lebih baik.

Didukung dengan 2160 PWM Dimming yang juga dikombinasikan dengan fungsi perlindungan mata berbasis AI, kamu pun dapat memperoleh kenyamanan walau menggunakan smartphone ini seharian atau sebagai daily driver.

Nah, bagi kamu yang suka bepergian ke luar rumah atau kantor, alias lebih banyak bekerja di luar ruangan, kamu juga tak perlu risau ketika mengoperasikan realme 13 Pro 5G di bawah terik matahari. Sebab, layar smartphone ini telah dibekali tingkat kecerahan maksimal 2.000nits.

realme juga melengkapi layar smartphone ini dengan motor linear pada tactile engine yang besar sehingga menghadirkan pengalaman sentuhan yang lebih kaya dan realistis. Mengetik, mengambil foto hingga bermain game menjadi lebih nyaman pada layar realme 13 Pro 5G.

Layar lengkung AMOLED dari realme 13 Pro 5G juga dipercantik dengan punch-hole di bagian atas. Selain itu, realme juga melengkapi layar ponsel pintar ini dengan pemindai sidik jari untuk membuka kunci yang aman dan cepat.

Nah, untuk memproteksi layarnya, realme juga telah memasang lembaran screen protector. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir ketika layar smartphone ini tergores dengan tidak sengaja.

Fitur lainnya yang realme benamkan pada sektor tampilan adalah Rainwater Smart Touch. Fitur ini memadukan data pindaian layar untuk mendeteksi air atau sentuhan tangan. Ketika ada air, algoritma akan memblokir respons sentuhan untuk mencegah tindakan yang tidak diinginkan.

Jika layar mendeteksi sentuhan tangan dan air bersamaan, algoritma akan mengurangi
dampak air untuk meningkatkan akurasi input sentuhan, memungkinkan pengguna
mengoperasikan smartphone dengan tangan basah.

Ditenagai Snapdragon® 7s Gen 2 5G

Seperti yang telah disebutkan, realme 13 Pro 5G datang sebagai ponsel pintar terbaru dari realme yang akan meramaikan segmen kelas menengah ke atas. Karena itu, realme percaya diri untuk menyuntikkan smartphone ini dengan chipset Snapdragon 7s Gen 2.

Namun, perlu kamu tahu bahwa Snapdragon 7s Gen 2 yang dibangun dengan fabrikasi 4nm pernah menjadi mesin penggerak dari realme 12 Pro+ 5G. Kita pun tentunya masih ingat, itu adalah smartphone yang dirilis di pasar Indonesia oleh realme pada bulan Februari 2024 lalu.

Snapdragon 7s Gen 2 sendiri diperkenalkan oleh Qualcomm pada bulan September 2023. Dengan kata lain, ini adalah chipset dengan teknologi 5G yang umurnya sudah satu tahun. Lalu, bagaimana dengan performanya?

Sebelum masuk sampai ke sana, tentunya kamu juga harus tahu konfigurasi CPU dari chipset tersebut. Mengacu pada situs Qualcomm disebutkan bahwa Snapdragon 7s Gen 2 dikemas dengan arsitektur CPU Octa-core.

Ini terdiri dari empat core Cortex-A78 yang memiliki clock speed 2,40 GHz & empat core Cortex-A55 dengan clock speed 1,95 GHz. Snapdragon 7s Gen 2 juga telah terintegrasi dengan GPU Adreno 710 untuk mendongkran sektor visualisasi.

Empat core pertama, yakni Cortex-A78 berkaitan erat dengan kinerja, sementara empat core berikutnya atau Cortex-A55 berkaitan dengan efisiensi. Untuk membuat smartphone ini mampu multitasking lebih smooth dan lancar, OPPO juga membekali dengan memori yang cukup besar.

Ya, realme telah membekali realme 13 Pro 5G dengan RAM 12GB yang dapat didongkrak kemampuannya menggunakan RAM Expansion hingga 12GB. Dengan kata lain, kamu bisa “ngebut” menggunakan smartphone ini dengan RAM 24GB.

Sementara itu, untuk penyimpanan internalnya, realme membekali realme 13 Pro 5G dengan ROM berkapasitas 256GB. Namun, kamu harus puas dengan dukungan ROM yang ditawarkan. Pasalnya, smartphone ini tidak dibekali baki untuk menyimpan kartu microSD.

Seperti yang telah disinggung, nativzen.com menjadikan realme 13 Pro 5G sebagai daily driver untuk menemani aktivitas. Tak hanya dipakai untuk cek e-mail, berselancar di internet, atau mengakses media sosial, smartphone ini juga dipakai bekerja untuk menulis draft berita.

Ditenagai Snapdragon 7s Gen 2, RAM 12GB + 12GB, dan ROM 256GB, semua aktivitas yang disebutkan di atas bisa berjalan normal alias tidak ada kendala berarti. Sesekali, realme 13 Pro 5G juga dipakai untuk menikmati hiburan, seperti mendengarkan musik atau bermain game.

Untuk aktivitas menikmati hiburan, realme 13 Pro 5G yang ada di tangan nativzen.com pun tidak memiliki kendala. Memutar musik atau digenjot untuk mabar game bersama teman-teman di tongkrongan, smartphone ini pun tidak pernah nge-lag.

Nah, kamu juga harus tahu kapasitas baterai serta dukungan pengisian cepat yang dimiliki oleh realme 13 Pro 5G. realme membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 5.200 mAh. Sedangkan pengisian cepatnya adalah 45W SUPERVOOC Charge.

Menggabungkan kapasitas baterai yang besar dan pengisian daya cepat, realme juga menjanjikan usia baterai yang lebih panjang. Dijanjikan, baterainya tetap optimal hingga empat tahun, dengan kapasitas tinggi meski setelah 3-4 tahun penggunaan.

Dari sejumlah aktivitas yang dijalani bersama dengan ponsel pintar ini, nativzen.com bisa merasakan bahwa daya tahan baterai yang dimiliki realme 13 Pro 5G terbilang mumpuni. Ya, misalnya dipakai bermain game PUBG Mobile selama 1 jam, baterai yang terkuras hanya 11 %.

Sekadar informasi tambahan untuk kamu yang tertarik dengan realme 13 Pro 5G, smartphone ini telah berjalan dengan realme UI 5.0 berbasiskan Android 14. Untuk konektivitas, tentu saja ponsel pintar ini menyuguhkan jaringan 5G. Ada juga dukungan WiFi 6, Bluetooth 5.2 dan NFC.

Kamera Utama 50MP dengan Sony LYT-600, Plus OIS

Seperti yang telah disebutkan di atas, realme meletakkan dua buah kamera ditambah LED flash dalam modul yang diberi nama Sunrise Halo. Kamera utama realme 13 Pro 5G menggunakan sensor Sony LYT-600 50MP.

Ukurannya 1/1.5” dan bukaan f/1.88, serta fitur OIS dan 2x in-sensor zoom untuk foto siang dan malam yang menakjubkan. nativzen.com merasakan bahwa lensa 26mm ini menawarkan kualitas portrait yang superior dengan rentang dinamis tinggi dan jernih pada malam hari.

Sementara itu, kamera kedua yang menemani kamera utama adalah lensa ultra-wide 8MP dengan sudut 112 derajat dan bukaan f/2.2. Bagi kamu yang suka foto selfie atau nge-vlog, realme 13 Pro 5G juga dilengkapi kamera depan 32MP dengan sensor Sony dan bukaan f/2.45.

Nah, satu hal yang mengejutkan, realme membekali realme 13 Pro 5G dengan sistem kamera HYPERIMAGE+. Dikemas sedemikian rupa, realme memperkaya smartphopne ini dengan optik flagship, algoritma AI, dan pengeditan gambar berbasis cloud untuk hasil yang lebih tajam.

Dengan menghadirkan kemampuan AI pada pemrosesan gambar dalam domain RAW, AI HyperRAW Algorithm racikan realme secara signifikan mampu meningkatkan kejernihan gambar dan rentang dinamis untuk menangkap cahaya serta bayangan yang otentik.

Oleh karena itu, bisa kamu rasakan bahwa subjek yang dibidik menggunakan kamera yang ada pada realme 13 Pro 5G hasilnya sesuai dengan aslinya. Beberapa fitur lainnya yang turut dimuat oleh realme adalah AI Pure Bokeh, AI Natural Skin Tone, dan AI Ultra Clarity.

Dengan AI Pure Bokeh, kamera yang ada pada realme 13 Pro 5G mampu mengidentifikasi elemen latar depan, tengah, dan latar belakang secara akurat dalam sebuah adegan, termasuk subjek yang difoto.

Kemudian, itu digunakan untuk melakukan segmentasi objek pada tingkat piksel dan menerapkan optimalisasi algoritmik serta pemrosesan yang ditargetkan. Pada akhirnya, AI Pure Bokeh mampu menciptakan foto portrait sinematik realistis dalam waktu singkat.

Sementara, AI Natural Skin Tone dapat menyempurnakan tampilan alami berbagai warna kulit menggunakan pemrosesan AI yang ada pada perangkat, sedangkan fitur pengeditan gambar berbasis cloud, AI Ultra Clarity dapat menyempurnakan foto beresolusi rendah alias buram.

Memanfaatkan kemampuan AI large-scale models, AI Ultra Clarity menghadirkan peningkatan resolusi yang signifikan serta memperbaiki kejernihan gambar yang buram. Oleh karena itu, fitur sangat berguna untuk merestorasi foto-foto lawas yang telah kehilangan detailnya seiring waktu.

Dengan bantuan fitur AI Ultra Clarity, kamu dapat menghidupkan kembali kenangan lama dengan kualitas foto yang jauh lebih baik. Ini dapat memastikan setiap detail dan nuansa dalam gambar kembali terlihat seperti aslinya.

Tak hanya itu, kamu yang tertarik dengan realme 13 Pro 5G, realme juga menyematkan AI Smart Removal. Fitur ini sangat bermafaat untuk kamu yang ingin menghapus objek yang tidak diinginkan dengan lebih mudah dan cepat.

Masih terkait dengan dukungan AI yang disematkan, kamu juga bisa merasakan kemampuan dari AI Group Photo Enhance. Fitur ini dapat menganalisis informasi visual dan mengoptimalkan kejernihan wajah pada objek foto grup (dengan tiga orang atau lebih).

Menariknya lagi, AI Group Photo Enhance ini bisa bekerja dari sudut pengambilan dengan kamera utama atau ultra-wide. Hasilnya, detail wajah tetap terlihat jelas, bahkan untuk mereka yang berada di tepi atau di barisan belakang.

Terkait pemotretan, ada beragam mode yang bisa kamu gunakan. Selain Photo, kamu juga bisa menemukan Portrait, Street, Night, Panorama, Hi-Res, Macro, Long Exposur, Starry Mode, dan Tilt-Shift. Tak ketinggalan tentunya mode pemotretan Pro.

Sedangkang terkait dengan perekaman video, selain mode Video, kamu juga bisa menggunakan mode Movie, Slo-Mo, Time-Lapse, Dual-View Video. realme juga sudah melengkapinya dengan fitur Ultra Steady dan kemampuan perekaman video hingga resolusi 4K.

Fitur Pendukung

Tiba sebagai smartphone kelas menengah ke atas yang ditenagai chipset Snapdragon 7s Gen 2 5G, realme juga memperkaya realme 13 Pro 5G dengan sistem pendingin 9 lapis, mencakup vapor chamber dengan luas 4500 mm² dan grafit 9953 mm².

Dengan area pendinginan yang luas dan efisiensi tinggi, sistem ini secara signifikan mampu mengurangi panas untuk menjaga suhu smartphone tetap berada dalam situasi yang optimal baik dalam penggunaan harian maupun penggunaan berat.

realme 13 Pro 5G juga tiba di pasar smartphone Indonesia dengan sertifikasi IP65. Ini sepenuhnya tahan terhadap debu dan dapat menahan semprotan air bertekanan rendah dari segala arah tanpa mengalami kerusakan.

Dengan desain bingkai tengah yang terintegrasi dan penyegelan lem layar 3D mampu meningkatkan performa kedap debu dan kedap air secara keseluruhan pada smartphone ini sehingga membuat kamu tak perlu khawatir dalam penggunaan sehari-hari.

Lalu, bagaimana dengan durabilitasnya? Daya tahan realme 13 Pro 5G telah diakui melalui Swiss SGS Premium Performance 5 Stars Drop Resistance, di mana smartphone ini dapat tetap berfungsi dengan optimal walaupun jatuh dari ketinggian 1,65 m ke lantai granit.

Kamu juga harus tahu bahwa realme 13 Pro 5G telah dipersenjatai dengan 360° NFC. Dukungan tersebut memungkinkan kamu untuk mendeteksi sinyal NFC dari sudut mana pun sehingga mempermudah dalam penggunaan harian.

Terakhir, realme 13 Pro 5G berjalan dengan realme UI 5.0 berbasiskan Android 14. Antarmuka ini menghadirkan beragam fitur yang membuat penggunaan harian smartphone ini semakin menarik dan mudah untuk digunakan.

Di dalam antarmuka realme UI 5.0 kamu bisa menemukan fitur AI Smart Loop yang dapat mengenali konten, mengantisipasi maksud pengguna, dan memberikan rekomendasi yang tepat untuk langkah selanjutnya.

Selain itu, realme UI 5.0 juga diperkaya dengan Air Gesture. Kehadiran fitur tersebut memberi kemudahan kepada pengguna untuk mengoperasikan realme 13 Pro 5G hanya dengan lambaian tangan.

Ada juga File Dock, di mana dukungan fitur ini dihadirkan untuk menjadi wadah mengumpulkan segala jenis file yang lengkap dan memfasilitasi transfer lintas aplikasi dalam satu tempat. Ya, sekali lagi fitur-fitur tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna.

Kesimpulan

Hadir di pasar smartphone di Indonesia, realme 13 Pro 5G membawa tagline Ultra Clear Camera with AI. Ya, nativzen.com merasakan langsung dari slogan tersebut karena smartphone ini benar-benar menawarkan pengalaman fotografi terdepan.

Dukungan kamera 50MP dengan sensor Sony LYT-600 dan sistem HYPERIMAGE+ berbasis AI adalah jawabannya. Selain itu, ditenagai Snapdragon® 7s Gen 2 5G dan cooling system yang luas, smartphone ini memberikan performa yang lancar dan optimal.

Dari sisi desain, berkolaborasi dengan Museum of Fine Arts, Boston, dan terinspirasi oleh Claude
Monet, realme 13 Pro 5G menampilkan gaya impresionis untuk generasi muda. Layar terangnya disertifikasi SGS untuk AI Eye Protection.

Bagi kamu yang menyukai varian warna Emerald Green, perangkat ini memiliki sertifikasi Swiss SGS Premium Performance 5 Stars Drop Resistance. Ya, ini adalah smartphone yang ideal untuk kamu yang mencari kamera terdepan, performa optimal, dan kualitas terjamin.

Di pasar Indonesia, realme 13 Pro 5G yang dibekali RAM 12GB ditambah RAM Expansion hingga 12GB dan penyimpanan internal 256GB ditawarkan dengan harga Rp 5.599.000, dan bisa didapatkan ekslusif di realme.com, TikTok Shop dan Tokopedia.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.