NativZen
Advertising Area

Harga Ponsel Pintar Terbaru yang Hadir di Bulan September 2024

nativzen.com mencatat bahwa pada bulan kesembilan di tahun 2024 ini ada 9 smartphone yang diluncurkan di Indonesia oleh 5 brand ternama.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Produsen smartphone masih terus menggempur pasar Indonesia dengan serangkaian perangkat terbaru. Tak hanya menyasar segmen kelas menengah ke atas, smartphone-smartphone tersebut juga dihadirkan untuk memancing konsumen entry-level.

nativzen.com mencatat bahwa pada bulan kesembilan di tahun 2024 ini ada 9 smartphone yang diluncurkan di Indonesia oleh 5 brand ternama, seperti OPPO yang meluncurkan OPPO A3 dan ZTE yang merilis ZTE Blade A55 dan ZTE nubia Music.

Tak hanya meluncurkan dua smartphone tersebut, ZTE juga menggelontorkan nubia V60 di pasar Indonesia. Brand smartphone lainnya adalah vivo yang jor-joran meluncurkan vivo V40, dan dilanjutkan dengan vivo V40 Lite.

Tak mau ketinggalan, realme pun menggebrak pasar Indonesia dengan menghadirkan realme 13 Pro Series 5G, setelah sebelumnya pada bulan Agustus 2024, realme meluncurkan realme 13. Tak kalah mengejutkan adalah Samsung yang di akhir bulan September meluncurkan Galaxy S24 FE.

OPPO A3

Awal September 2024, OPPO resmi luncurkan perangkat OPPO A3, anggota terbaru dari keluarga A Series yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan smartphone tangguh dengan harga terjangkau.

Mengusung konsep ketahanan yang luar biasa, OPPO A3 dilengkapi dengan sertifikasi Ketahanan Benturan Tingkat Militer dan perlindungan dari berbagai macam cairan, menjadikannya pilihan tepat untuk aktivitas harian yang dinamis.

Dengan kapasitas baterai besar, yakni 5.100 mAh dan teknologi pengisian daya cepat 45W SUPERVOOC Falsh Charge, OPPO A3 memastikan pengguna dapat menjalani hari tanpa khawatir kehabisan daya.

Perangkat ini juga hadir dengan layar ultra cerah 1.000 nits dan mode Ultra Volume untuk pengalaman visual dan audio yang lebih imersif, baik saat bekerja maupun bermain. Dukungan lainnya adalah RAM 8GB dan penyimpanan internal (ROM) sebesar 128GB.

Ditambah dengan teknologi RAM Expansion, OPPO A3 dapat menggandakan kapasitas RAM yang tersedia hingga 8GB, memberikan performa ekstra saat dibutuhkan untuk pengalaman yang mulus dan responsif kapan saja.

OPPO A3 tidak hanya kuat dan fungsional, tetapi juga menawarkan estetika yang menarik. Hadir dalam tiga pilihan warna elegan yaitu Starlight White, Sparkle Black, dan Starry Purple, perangkat ini dirancang untuk tampil menawan.

Warna Sparkle Black dihasilkan melalui proses OPPO Glow yang memberikan tampilan berkilauan yang memukau sekaligus menjaga perangkat bebas dari sidik jari dan noda. Semua varian warna dilengkapi dengan desain ramping, ketebalan 7,68 mm dan berat sekitar 186 gram.

OPPO A3 dirancang dengan ketahanan maksimal untuk penggunaan sehari-hari, dilengkapi bodi yang diperkuat kaca tempered ganda dan telah mendapatkan Sertifikasi MIL-STD 810H untuk Ketahanan Benturan Tingkat Militer serta Sertifikasi Standar SGS.

Dengan rating IP54 untuk ketahanan air dan debu, serta fitur Splash Touch yang meningkatkan responsivitas layar saat basah, OPPO A3 siap menghadapi berbagai kondisi, dari tumpahan cairan hingga menghadapi hujan ringan.

Bagi para pecinta fotografi, OPPO juga memperkaya OPPO A3 yang dibanderol seharga Rp 2.499.000 ini dengan kamera utama Ultra-Clear 50MP yang mampu menangkap detail dengan sangat tajam, baik dalam kondisi cahaya terang maupun redup.

Kamera ini didukung oleh fitur AI Portrait Retouching, Dual View Video, dan Retouching Video, yang memungkinkan pengguna mengambil gambar dan video dengan hasil yang lebih natural dan kreatif. Sementara, kamera depan 5MP juga tidak kalah menarik.

Untuk memastikan performa yang konsisten dalam jangka panjang, OPPO A3 telah lulus uji Perlindungan Kelancaran 50 Bulan OPPO. Berkat dukungan dari Trinity Engine yang tertanam dalam ColorOS 14, perangkat ini mampu mengatur sumber daya komputasi secara efisien.

ZTE nubia Music & ZTE Blade A55

Dengan desain yang terinspirasi dari pemutar piringan hitam klasik, dengan garis-garis geometris klasik danholographic optical film yang menawan, nubia Music bukan hanya sebuah smartphone, tetapi juga pemutar musik yang memberikan pengguna pengalaman tak tertandingi.

Smartphone ini sudah diperkuat High Quality Ultra Speaker untuk memperdengarkan volume suara yang 600% lebih tinggi dari smartphone umumnya. Bukan hanya kencang, kualitas audio yang diperdengarkan pun tinggi, karena didukung oleh AI super volume algorithm.

Tak ketinggalan, nubia Music juga diperkaya dengan speaker yang mengadopsi teknologi DTS® Ultra, serta dukungan yang terbilang menarik, yakni dua jack earphone 3.5mm untuk aktivitas berbagi musik dengan teman, keluarga, atau pasangan.

Dengan fitur Dual Musical Light Effects with Melody, pengguna dapat menikmati efek cahaya yang menakjubkan pada speaker dan layar smartphone. Kedua efek cahaya ini dapat berubah secara real-time mengikuti irama musik yang sedang diperdengarkan.

Dibekali baterai besar 5.000 mAh, pengguna bisa menikmati musik favorit mereka atau melakukan berbagai aktivitas digital mereka dengan lebih lama. Performanya tak perlu diragukan karena perangkat ini sudah menggunakan dynamic RAM hingga 8GB dan internal storage 128GB.

Tak hanya musik, pengguna juga bisa menikmati berbagai konten di layar seluas 6,6 inci HD+ dengan refresh rate 90Hz. Abadikan juga berbagai momen-momen terbaik dengan kamera ganda (50MP+AI) di belakang, disertai dukungan AI Camera.

ZTE Blade A55 mendefinisi ulang segmen smartphone yang terjangkau melalui perpaduan antara style, kinerja, dan kemampuan serbaguna, dalam performa yang luar biasa di kelasnya, baterai awet, kamera canggih, dan desain yang memukau.

Perangkat ini dirancang dengan performa yang powerful, sehingga mumpuni untuk melakukan berbagai aktivitas digital dan multitasking berkat prosesor Octa-core. Kinerjanya ditunjang oleh dynamic RAM yang berkapasitas lebih besar.

Ya, berkat teknologi fusi memori, dukungan RAM-nya bisa ditingkatkan oleh pengguna, mulai dari 4GB menjadi hingga 12GB. Sementara itu, penyimpanan internalnya juga terbilang besar untuk smartphone sekelasanya, yakni 128GB.

ZTE Blade A55 dibekali layar Hole Punch Display 6,75 inci HD+ dengan refresh rate 90Hz untuk pengalaman visual yang jelas dan smooth. ZTE juga menanamkan baterai masif 5.000 mAh disertai dengan teknologi penghemat baterai untuk memberikan penggunaan yang lebih lama.

Ada juga dukungan kamera ganda di belakang dengan kamera utama 13MP AI dan kamera depan 8MP untuk merekam foto dan video yang lebih tajam. Fitur inovatif Live Island Interactive dan Side Fingerprint juga turut ditanamkan ke dalam Blade A55.

Live Island adalah semacam kapsul interaktif yang akan menampilkan berbagai notifikasi penting seperti status baterai, timer, koneksi earbuds, aktivitas real-time dan pengingat bagi para multitasker. Kunci layar Blade A55 bisa dibuka melalui sensor sidik jari serta fitur pengenalan wajah.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan ZTE nubia Music, smartphone ini ditawarkan dengan harga Rp 1.249.000. Sementara, ZTE Blade A55 dibanderol dengan harga Rp 1.149.000. Keduanya juga datang dengan pilihan warna yang terbilang stylish.

vivo V40

Ditunggu-tunggu para penggemarnya, vivo secara resmi telah meluncurkan smartphone barunya, vivo V40 di pasar Indonesia. Smartphone ini tiba dibekali dengan sistem fotografi ZEISS serta sertifikasi IP68 dan IP69.

Ya, jika berbicara sektor kamera yang memperkaya vivo V40, smartphone ini telah dibekali kamera utama ZEISS 50MP dengan sensor GNJ 1/1.56 inci dan fitur OIS. Selain itu, vivo juga memuat kamera ultra-wide 50MP ZEISS dengan sensor JN1.

Tak kalah menarik, vivo juga melengkapi smartphone ini dengan kamera depan 50MP yang sudah mendukung fitur Autofokus. vivo pun menjanjikan bahwa foto selfie atau wifie yang dihasilkan oleh kamera depannya ini “ready to upload” ke media sosial.

vivo juga menyematkan efek bokeh baru pada fitur ZEISS Bokeh Flare yaitu B-speed. Ini bisa mengahsilkan efek bokeh yang artistik. Pengalaman videografi yang sinematik juga dihadirkan melalui teknologi ZEISS Cinematic Portrait Video.

Tentunya, tak lengkap jika seri V yang dikembangkan oleh vivo tidak menyertakan dukungan AI Aura Light Portrait. Menariknya, vivo sesumbar bahwa mereka telah meningkatkan kecerahan AI Aura Light Portrait ini lebih besar 33% dibandingkan generasi sebelumnya.

Sementara itu, jika kita menyinggung desain yang ditawarkan, vivo V40 hadir dengan desain curved dan bodi yang terbilamng tipis. Ya, ketebalan smartphone ini hanya 7,58 mm. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan, yakni Platinum Silver, Ceramic Peach, dan Chrome Purple.

vivo menjagokan warna Chrome Purple sebagai “hero color” yang ditawarkan untuk para penggemar V Series. Sementara, pada bagian tampilan, smartphone ini dibekali layar lengkung 3D AMOLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi 1.5K dan refresh rate 120Hz.

Nah, bagi kamu yang tertarik meminang vivo V40, kamu juga harus tahu chipset yang disematkan. Datang sebagai perangkat yang menyasar segmen mid-to-high, vivo membekali smartphone ini dengan chipset Snapdragon 7 Gen 3.

Dalam presentasinya yang dipertontonkan di hadapan sejumlah media, vivo V40 dengan chipset Snapdragon 7 Gen 3 ini memiliki skor AnTuTu mencapai 830 ribu poin. Berbicara dukungan memori, smartphone ini telah dibekali RAM hingga 12GB dan ROM hingga 512GB.

Meski punya bodi yang tipis, bukan berarti vivo mengabaikan sektor catu dayanya. vivo V40 telah dibekali baterai 5.500 mAh, yang didukung pengisian daya cepat 80W. Dikatakan, pengisian baterai 0 sampai dengan 100% hanya butuh waktu 49 menit.

vivo juga meningkatkan kemampuan speaker yang ada pada vivo V40. Kini, vivo memuat dukungan dual speaker pada smartphone tersebut, menggantikan speaker mono di generasi sebelumnya. Smartphone ini juga sudah mendapatkan sertifikasi IP68 & IP69.

Sertifikasi IP68 menjamin ketahanan vivo V40 dari air tawar hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Sementara itu, sertifikasi IP69 menandakan ketahanannya terhadap semburan air bertekanan dan bersuhu tinggi hingga 80 derajat celcius.

Di pasar Indonesia, vivo memasarkan vivo V40 dalam tiga pilihan memori, yakni 8GB/256GB yang dibanderol seharga Rp 6.499.000, 12GB/256GB yang ditawarkan seharga Rp 6.999.000, dan yang terakhir 12GB/512GB yang dibanderol seharga Rp 7.999.000.

Samsung Galaxy A06

Dengan 185,3 juta pengguna Internet dan rata-rata durasi pemakaian 7 jam 38 menit setiap hari, tak dapat dipungkiri bahwa gaya hidup digital sudah tak dapat dipisahkan dari keseharian orang Indonesia. Itulah laporan dari Digital 2024: Indonesia dari Datareportal.

Akan tetapi, masifnya penggunaan internet ini juga diiringi dengan banyaknya kejahatan siber atau upaya pencurian data digital. Contoh yang paling sering terjadi saat ini adalah seringnya menerima link atau dokumen dari sumber yang tidak dikenal.

Biasanya, ini kita dapatkan dari SMS, Whatsapp, atau bahkan pesan dari orang terdekat kita yang hanya asal mem-forward link atau dokumen. Ketika ternyata link atau dokumen tersebut berisi APK berbahaya, alhasil banyak yang mengalami kebocoran data atau bahkan pencurian uang.

Terkait dengan hal itu, Samsung tidak berkompromi dengan masalah keamanan. Karena itu, Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy A06 di Indonesia dengan sejumlah fitur perlindungan untuk memproteksi data atau file yang tersimpan pada perangkat tersebut.

Daya tarik lainnya dari smartphone ini adalah dukungan baterai besar, yakni 5.000 mAh dan fast charging 25W. Karena itu, Ricky juga menambahkan bahwa Galaxy A06 mampu mendukung keseharian pengguna yang padat dengan lebih lancar.

Samsung juga membekali Galaxy A06 dengan formasi dual camera yang mumpuni di kelasnya. Dengan kamera utama wide-angle 50MP dan lensa depth 2MP, smartphone ini bisa merekam berbagai momen dengan hasil yang jernih dan terang.

Tak ketinggalan, kamera depan 8MP-nya juga aman buat digunakan untuk selfie atau bikin video yang siap diupload ke sosial media. Smartphone ini juga disertai dengan dukungan slot untuk menamupng kartu microSD hingga 1TB.

Dengan RAM 4GB yang dapat ditambah dengan RAM Plus hingga total 8GB, semua kegiatan melalui Galaxy A06 pun bisa lancar dilakukan. Nah, mulai 6 Oktober, kamu sudah bisa membeli smartphone ini di toko offline maupun online di Indonesia.

Terkait dengan harga yang ditawarkan, ada dua varian Galaxy A06 yang ditawarkan oleh Samsung untuk pasar Indonesia. Varian 4GB/64GB dibanderol dengan harga Rp 1.599.000 dan varian 4GB/128GB ditawarkan dengan harga Rp 1.799.000.

ZTE nubia V60

Tak hanya menggoyang pasar Indonesia dengan menghadirkan ZTE nubia Music dan ZTE Blade A55, ZTE pada bulan September 2024 lalu juga meluncurkan ZTE nubia V60. Ini adalah perangkat terbaru ZTE yang membawa tagline “Smartphone dengan Desain Trendi dan Performa Tanpa Batas.

Bagi kamu yang tertarik dengan nubia V60, smartphone ini sudah ditawarkan sejak pertengahan bulan September 2024 lalu dengan harga Rp 1.499.000. Ya, lagi dan lagi, ZTE kembali menghadirkan smartphone entry-level yang dibanderol seharga Rp 1 jutaan

nubia V60 Design dirancang indah dengan cover belakang kaca sebening kristal yang disebut Sky-mirror Glass. Material ini diklaim akan mencegah bodi perangkat cepat aus oleh penggunaan sehari-hari dan tampilannya akan selalu eye-catching.

Dengan frame tengah yang flat-edged dan pilihan warna-warna penuh gaya, Champagne Gold, Sunrise Violet, dan Dark Blue, ponsel pintar ini juga benar-benar menegaskan desainnya yang tampak begitu elegan.

Pengguna akan dimanjakan dengan layar luas 6,6 inci HD+ untuk tampilan yang jernih dan terang. ZTE juga melengkapinya dengan Live Island untuk menampilkan berbagai notifikasi penting dan reminder bagi para multitasker.

Diperkuat refresh rate 90Hz, aspect ratio 20:9, dan screen-to-body ratio 91%, layar ini benar-benar menampilkan pengalaman menonton yang superior dengan gambar-gambar yang smooth. Menonton serial favorit di layanan streaming jadi kegiatan hiburan yang menyenangkan.

Dengan prosesor Octa-core, nubia V60 Design menghadirkan performa kencang untuk berbagai penggunaan, bahkan multitasking sekalipun. Performanya didukung oleh RAM 6GB ditambah Dynamic RAM hingga 10GB dan dukungan internal storage 256GB.

Dilengkapi dengan baterai 5.000 mAh dan teknologi hemat daya yang cerdas, memastikan masa pakai baterai yang lebih lama pada smartphone ini. Selain itu, dengan dukungan fast charging 22.5W, smartphone ini dapat terisi penuh dalam waktu singkat.

Dengan kamera berteknologi kecerdasan buatan (AI), smartphone ini mumpuni menjadi salah satu andalan untuk mengabadikan berbagai momen berharga dalam berbagai kondisi pencahayaan dengan foto dan video yang terang dan jernih.

Dan tentunya, kamu bisa ikutan FOMO saat mengabadikan keseruan berkumpul di kafe atau tempat yang sedang viral. nubia V60 Design telah dibekali kamera utama 50MP berteknologi AI, depth lens 2MP dan kamera depan 8MP.

Abadikan berbagai ekspresi seru dengan Portrait Mode dengan efek bokeh yang menakjubkan dan biarkan ponsel pintar ini menciptakan foto-foto terbaik pada malam hari dengan Night Mode. Aktifkan Auto HDR untuk meningkatkan kualitas foto jadi lebih alami dan realistis.

nubia V60 Design dirancang untuk menghadirkan user experience yang mulus untuk berbagai kebutuhan digitalmu. Sistem operasi canggihnya mengoptimalkan performa untuk operasional yang lebih efisien dan smooth.

Untuk keamanan yang lebih kuat, nubia V60 Design sudah mendukung fitur biometrik untuk membuka kunci layar, yaitu face recognition dan side fingerprint. Tak ketinggalan fitur NFC juga telah disematkan secara utuh pada smartphone ini.

realme 13 Pro Series 5G

 realme secara resmi telah memboyong smartphone barunya, realme 13 Pro Series 5G ke pasar Indonesia. Ada dua model yang diluncurkan, yakni realme 13 Pro+ 5G dan realme 13 Pro 5G. Lalu, apa perbedaan keduanya?

Menjadi seri tertinggi dari realme 13 Pro Series 5G, realme 13 Pro+ 5G menghadirkan pengalaman fotografi layaknya profesional dengan menjadi yang pertama di industri memadukan Dual Sony Sensors dan dukungan teknologi telefoto periskop pertama di segmennya.

Pada kamera utama, realme 13 Pro+ 5G mengusung sensor Sony LYT-701 50MP yang pertama kali digunakan pada industri smartphone. Sensor ini mengusung ukuran besar 1/1.56” yang mampu mereproduksi cahaya dan bayangan yang seimbang.

Oleh karena itu, sensor tersebut mampu menghadirkan kinerja yang luar biasa, khususnya dalam hal fotografi minim cahaya. Kamera utama pada smartphone ini juga dipadukan dengan kamera telefoto periskop dengan sensor Sony LYT-600 50MP. 

Kedua kamera yang ada pada realme 13 Pro+ 5G ini juga telah didukung dengan kehadiran Optical Image Stabilization (OIS) yang mampu memberikan kestabilan yang lebih baik untuk hasil foto yang lebih detail dan cepat dalam hal pemrosesan gambar. 

realme 13 Pro+ 5G didukung dengan kemampuan 3x optical zoom untuk kualitas foto dengan pembesaran yang baik. Dalam hal fotografi portrait, panjang fokus 80mm yang optimal ini juga mampu menghasilkan kualitas foto layaknya profesional.

Smartphone ini juga mendukung teknologi in-sensor zoom yang meningkatkan fleksibilitas, memungkinkan anak muda untuk beralih secara mulus antara zoom 3x dan 6x. Keduanya telah lulus TÜV Rheinland High Resolution Camera Certification.

realme 13 Pro+ 5G dan realme 13 Pro 5G sama-sama dilengkapi dengan realme HYPERIMAGE+ Camera System dan AI HyperRAW Algorithm dari realme yang menghadirkan kemampuan AI pada pemrosesan gambar dalam domain RAW.

Dukungan tersebut secara signifikan mampu meningkatkan kejernihan gambar dan rentang dinamis untuk menangkap cahaya serta bayangan yang otentik. Oleh karena itu, fotot yang dihasilkan terlihat sesuai dengan aslinya.

realme juga mengeksplorasi penggunaan realme Next AI ke level yang lebih tinggi pada kedua smartphone ini dengan menghadirkan rangkaian fitur berbasis AI. realme 13 Pro+ 5G dan realme 13 Pro 5G mengusung AI Ultra Clarity.

Dukungan fitur AI tersebut dapat meningkatkan resolusi dan kejernihan gambar yang buram. Kemudian, ada juga fitur AI Smart Removal yang memungkinkan anak muda untuk menghapus objek asing dari foto hanya dengan satu klik.

Lalu AI Group Photo Enhance memungkinkan anak muda untuk mengambil foto grup dengan kamera utama atau ultra-wide angle yang dapat memiliki detail wajah yang jelas, bahkan untuk mereka yang berada di tepi atau di barisan belakang.

Melengkapi keunggulan pada smartphone ini, realme 13 Pro+ 5G turut mengusung kualitas layar terdepan dengan 120Hz Curved Vision Display untuk sajian visual harian yang lancar, ditambah dengan layar Pro-XDR yang mampu menghadirkan kontras dan detail yang baik.

Teknologi layar ini juga didukung dengan 2160 PWM Dimming dengan fungsi perlindungan mata berbasis AI. realme 13 Pro+ 5G juga didukung pengisian daya cepat 80W SUPERVOOC Charge dan baterai besar berkapasitas 5200 mAh. 

realme 13 Pro+ 5G dan realme 13 Pro 5G turut hadir dengan performa mumpuni berkat dukungan chipset Snapdragon® 7s Gen 2 5G serta RAM Dinamis hingga 12GB+12GB dan penyimpanan internal hingga 512GB.

realme 13 Pro+ 5G juga menghadirkan rangkaian fitur kelas flagship, seperti Tactile Engine, Hi-Res Dual Stereo Speaker, 360° NFC, IP65 Dust & Water Resistant, dan In-display Fingerprint Scanner yang ikut menjamin pengalaman premium yang lengkap melalui antarmuka realme UI 5.0.

realme 13 Pro+ 5G juga mengusung desain stylish di segmennya dengan mengambil inspirasi dari keindahan alam pada karya seni dari Claude Monet, “Grainstack (Sunset)”. Desain realme 13 Pro+ 5G varian Monet Gold mengadopsi permainan cahaya dan warna yang mengagumkan.

Bagian bodi realme 13 Pro+ 5G mengusung material kaca buram yang dibuat dengan proses flash gold unik, di reproduksi oleh jutaan partikel berkilauan yang menyatu untuk meniru sapuan kuas Monet pada kaca mengkilap yang buram, menangkap sekilas momen-momen lukisannya.

realme 13 Pro+ 5G juga tersedia dalam varian warna Emerald Green dengan Premium Vegan Leather. realme mengemas model ini menggunakan bahan silikon terbaru lembut seperti sutra dan tahap terhadap kotoran.

Sementara, realme 13 Pro 5G menjadi opsi realme Number Series terbaru yang menghadirkan kualitas fotografi profesional dengan performa terdepan untuk rangkaian skenario penggunaan. realme 13 Pro 5G turut menghadirkan keunggulan fotografi Ultra Clear berbasis realme Next AI.

Hal ini tentunya tak lepas berkat dukungan HYPERIMAGE+ dengan mengusung sensor Sony LYT-600 pada kamera utama, serta dukungan AI pada pemrosesan gambar dan opsi pengeditan pasca proses pemotretan. 

Sony LYT-600 pada kamera utama realme 13 Pro 5G hadir dengan sensor besar berukuran 1/1.95” yang andal untuk berbagai skenario fotografi harian, bahkan pada kondisi minim cahaya. Konfigurasi ini diperkuat dengan panjang fokus 26mm dan bukaan f/1.88.

Dukungan lainnya adalah OIS dan 2x in-sensor zoom. Pengalaman fotografi pada realme 13 Pro 5G juga disempurnakan dengan kehadiran rangkaian fitur berbasis realme Next AI, sama seperti yang terdapat pada realme 13 Pro+ 5G. 

Di sisi performa, realme 13 Pro 5G ditenagai oleh chipset Snapdragon® 7s Gen 2 yang membuat smartphone ini dapat diandalkan untuk menjalankan berbagai skenario penggunaan harian, mulai dari multitasking hingga gaming dengan lancar.

Pada skenario bermain game, realme 13 Pro 5G juga didukung dengan 3D VC Cooling System, sistem pendingin 9 lapis dengan VC tempered 4500mm² dan grafit 9953mm² yang mampu menjaga suhu smartphone dapat tetap optimal walau digunakan secara marathon.

Sama seperti varian tertinggi, desain pada realme 13 Pro 5G juga mengambil inspirasi atas karya legendaris Claude Monet berjudul “Water Lilies” yang tercermin dengan nuansa ungu ikonik. Varian Monet Purple mereproduksi efek cahaya dan bayangan yang mengalir dengan tepat.

Pada berbagai sudut pandang, kaca akan memantulkan kilauan yang berbeda-beda, sehingga setiap sentuhan ujung jari dapat merasakan keindahan visual yang dihasilkan oleh tekstur mahakarya impresionis.

realme 13 Pro 5G juga tersedia dalam warna Emerald Green, yang hadirkan kemewahan melalui Premium Vegan Leather. Berikan daya tahan terbaik, realme 13 Pro 5G memiliki sertifikasi IP65 Dust and Water Resistance, serta Swiss SGS Premium Performance 5 Stars Drop Resistance.

Seperti seri Plus, realme 13 Pro 5G mengusung teknologi layar 120Hz Curved Vision Display, dengan dukungan Rainwater Smart Touch untuk keakuratan input sentuhan saat terkena basah. Baterai 5200 mAh pada smartphone ini mendukung masa penggunaan panjang.

Berbeda dengan model Pro+, realme hanya menyematkan pengisian daya cepat 45W SUPERVOOC Charge pada realme 13 Pro 5G. Smartphone ini juga sudah didukung dengan fitur Tactile Engine, Hi-Res Dual Stereo Speakers, dan 360° NFC.

Tak ketinggalan, dukungan IP65 Dust & Water Resistant dan In-display Fingerprint Scanner memberi kenyamanan dalam hal keamanan smartphone. realme 13 Pro 5G juga menghadirkan antarmuka baru realme UI 5.0 berbasis Android 14 dengan beragam fitur AI.

Lalu, bagaimana dengan harganya? realme 13 Pro+ 5G 8GB+8GB|256GB dijual dengan harga Rp 6.499.000. Sementara, varian tertingginya, yakni dengan RAM 12GB+12GB dan internal storage 512GB dibanderol dengan harga Rp 6.999.000.

Sementara, Bagi konsumen yang tertarik dengan realme 13 Pro 5G, hanya ada satu varian, yakni RAM 12GB+12GB yang dipadukan dengan internal storage 256GB dan dijual seharga Rp 5.999.000.

vivo V40 Lite

Menjelang akhir September 2024, vivo telah secara resmi meluncurkan smartphone barunya, vivo V40 Lite. Smartphone modis ini hadir untuk memenuhi kebutuhan Gen Z yang dinamis akan sebuah perangkat yang dijejali banyak fitur canggih di dalamnya.

Kali ini, vivo V40 Lite hadir dengan memadukan desain ramping nan modern serta sentuhan warna Titanium Silver yang futuristik. Tak hanya itu, smartphone ini juga diperkuat dengan kecerdasan AI, termasuk fitur AI Aura Light Portrait, AI Erase, dan AI Photo Enhance.

Ya, dibekali dukungan kecerdasan buatan, vivo V40 Lite dapat membantu pengguna memudahkan berbagai kreasi konten dan menciptakan foto dengan hasil yang natural dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Inovasi vivo V40 Lite ini juga tidak terlepas dari dedikasi vivo untuk selalu menghadirkan inovasi terbaik bagi penggunanya. Apalagi smartphone ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan generasi muda khususnya Gen Z yang begitu dinamis.

Kita tentunya sudah tahu bersama bahwa perangkat smartphone kini tak lagi sekadar pelengkap estetika. Perangkat yang awalnya untuk komunikasi kini telah bertransformasi menjadi cerminan kepribadian dan gaya hidup, seiring meningkatnya aktivitas digital pengguna.

Muncul kebutuhan akan smartphone dengan desain yang unik dan berkarakter guna mengekpresikan diri supaya dapat tampil lebih memukau. Mewujudkan hal tersebut, vivo mempersembahkan vivo V40 Lite dengan inovasi warna terbaru, Titanium Silver.

Kamu juga harus tahu bahwa warna tersebut terinspirasi dari mahakarya khas Indonesia. Mengambil inspirasi dari keindahan dan ketelitian kerajinan perak Indonesia, varian Titanium Silver memancarkan aura elegan yang tak tertandingi.

Menariknya lagi, panel belakang vivo V40 Lite memiliki desain Cushion-Cut Diamond Camera berbentuk layaknya diamond yang memberikan kesan premium, trendy, dan kekinian yang membuat smartphone ini cocok untuk dibawa dalam berbagai aktivitas.

Bagi kamu yang gemar tampilan klasik dan elegan, vivo V40 Lite varian Carbon Black adalah pilihan yang tepat. Warna hitam pekatnya memberikan kesan simpel dan berkelas, cocok untuk segala suasana.

Sementara itu, vivo V40 Lite varian Pearl Violet untuk kamu yang ingin tampil lebih berani dan ekspresif. Warna ungu dengan efek mutiara yang berkilau memberikan sentuhan trendy dan modern, menonjolkan sisi stylish dalam dirimu.

vivo V40 Lite juga terasa begitu tipis berkat ketebalan hanya 7,79 mm. Selain itu, desainnya juga kokoh dan premium karena dibalut oleh 2.5D Metallic Frame yang ergonomis sehingga kokoh sekaligus nyaman untuk digenggam.

Kemampuan AI yang canggih pada vivo V40 Lite semakin optimal berkat dukungan sistem kamera yang mumpuni. Perpaduan keduanya menghasilkan kemampuan fotografi mobile yang membuatmu bebas berkreasi dan menghasilkan konten visual yang diinginkan.

vivo V40 Lite 5G hadir dengan 50MP Sony IMX882 Main Camera yang mampu menangkap detail gambar dengan tajam dan jernih. Serta, 8MP Wide Lens yang dapat membantu mengabadikan objek lebar dengan hasil foto yang tajam.

Sementara itu, vivo V40 Lite 4G menawarkan 50MP Main Camera yang handal untuk menciptakan berbagai momen dengan hasil yang memuaskan dan 2MP Depth Lens untuk detail foto yang memukau.

Baik vivo V40 Lite varian 5G atau 4G, keduanjya telah dibekali fitur AI Aura Light Portrait. Dukungan fitur tersebut siap untuk memberikan efek pencahayaan yang mampu memberikan hasil foto estetik dan natural, walaupun dalam kondisi minim cahaya

Sementara itu, bagi kamu yang gemar foto selfie, vivo V40 Lite 5G dan 4G membawa kamera depan 32MP untuk hasil selfie yang menawan. Dengan kata lain, kamera belakang dan depannya sama-sama bisa kamu andalkan.

Pengalaman hiburan dan gaming yang lancar turut diberikan, melalui chipset Snapdragon 4 Gen 2 pada versi 5G dan Snapdragon 685 untuk versi 4G. Kedua prosesor tersebut dirancang untuk memberikan performa optimal dan efisiensi daya baterai.

Ditambah lagi dengan kapasitas RAM yang besar mencapai 8GB untuk versi 4G dan 12GB untuk 5G, sehingga dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game berat dengan mulus tanpa lag. Kamu pun bisa menyimpan berbagai file penting tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Layar smartphone adalah gerbang menuju pengalaman visual yang memukau. Menikmati film favorit dengan detail yang tajam dan bermain game dengan layar yang responsif, sudah menjadi kebutuhan untuk kamu yang selalu ingin terhubung dengan dunia digital secara maksimal.

vivo V40 Lite dapat memanjakan pengguna dengan pengalaman visual yang imersif. Layar AMOLED Ultra O Screen seluas 6,67 inci dengan resolusi FHD+ mampu menghasilkan tampilan gambar yang jernih, tajam, dan kaya warna.

Detail gambar terlihat hidup, sementara warna-warna terpancar indah, mampu memanjakan mata saat menikmati konten video favorit. Ditambah lagi, layar smartphone ini telah diperkaya dengan refresh rate 120Hz.

Terakhir, yang membuat vivo V40 Lite ini menarik adalah kehadiran sertifikasi IP64. Ini menjamin ketahanan terhadap air hujan, goresan, dan benturan ringan. Kamu tidak perlu khawatir lagi smartphone kesayangan kamu dapat diandalkan di segala aktivitas harianmu.

Buat kamu yang ingin tampil fashionable sekaligus merasakan kecanggihan teknologi AI, vivo V40 Lite kini sudah bisa kamu pesan melalui sistem pre-order. Tersedia vivo V40 Lite 4G varian 8GB/128GB yang dibanderol Rp 3.299.000 dan varian 8GB/256GB seharga Rp 3.599.000.

Sementara, untuk vivo V40 Lite 5G varian 8GB/256GB ROM dapat kamu miliki dengan harga Rp 4.299.000. Sedangkan varian 12GB/512GB dibanderol dengan harga Rp5.299.000 yang akan hadir pada 17 Oktober 2024 di beberapa platform tertentu.

Samsung Galaxy S24 FE

Setelah resmi diluncurkan di seluruh dunia pada 26 September 2024, Samsung akhirnya membawa Galaxy S24 FE untuk pasar Indonesia. Dibanderol mulai dari harga Rp 9 jutaan, Galaxy S24 FE menawarkan peningkatan signifikan pada fitur Galaxy AI.

Peningkatan lainnya ada pada sektor kamera, serta performa yang lebih tangguh dibanding generasi sebelumnya. Selain itu, Galaxy S24 FE juga hadir dengan berbagai fitur Galaxy AI baru yang memperkaya pengalaman pengguna dalam menciptakan konten kreatif.

Salah satunya adalah fitur Photo Assist yang membantu kamu menghasilkan konten dramatis dan fun sesuai tren.  Ada juga fitur Sketch to Image untuk menambahkan ornamen unik agar konten lebih personal dan berkarakter.

Ditambah AI Composer, di mana kamu bisa membuat prompt kreatif untuk caption media sosial, melengkapi kreasi foto unik yang baru saja dibuat. Ada pula fitur Live Effect yang mengubah foto menjadi video 3D.

Tak ketinggalan, Samsung juga melangkapi smartphone unggulan terbarunya ini dengan AI Instant-Slow Mo untuk memperlambat video langsung dari Gallery. Terkait untuk kemudahan komunikasi, Samsung juga membenamkan fitur Live Translate.

Menariknya lagi, fitur Live Translate kini dapat diaktifkan di aplikasi seperti WhatsApp, Line, dan Google Meet, sehingga kamu bisa menerjemahkan percakapan secara real-time tanpa perlu aplikasi tambahan.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Circle to Search untuk mencari objek dengan mudah, fitur Transcript Assist yang mempermudah transkripsi seminar atau podcast dan mengubah suara menjadi teks, serta fitur Browsing Assist untuk menerjemahkan artikel multibahasa.

Galaxy S24 FE hadir dengan tiga kamera belakang yang canggih, yaitu kamera wide 50MP, ultra-wide 12MP, dan telefoto 8MP dengan 3x optical zoom. Kombinasi ini memungkinkan pengguna mengambil foto dengan kualitas tinggi dan video 8K pada 30 FPS.

Dengan Galaxy S24 FE, kamu tidak hanya dapat memotret, tetapi juga menciptakan konten video yang menakjubkan. Oleh karena itu, smartphone ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin mengeksplorasi dunia fotografi.

Ditenagai oleh ProVisual Engine, Galaxy S24 FE membawa peningkatan signifikan dalam kualitas gambar. Fitur AI Zoom dan Nightography berfungsi untuk meningkatkan detail dan kejernihan foto, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Dengan lensa 50MP yang didukung teknologi AI, setiap foto yang diambil akan lebih jernih dan menampilkan warna kulit yang lebih natural, sehingga memberikan kamu kebebasan untuk menangkap momen berharga tanpa khawatir tentang kualitas gambar.

Galaxy S24 FE juga menawarkan peningkatan ketahanan catu daya yang signifikan berkat baterai 4.700 mAh dan chipset Exynos 2400e. Kombinasi tersebut mampu menawarkan performa tinggi dengan efisiensi daya yang lebih baik. 

Selain itu, SoC ini hampir dua kali lebih cepat dibandingkan pendahulunya dengan peningkatan kinerja yang mencolok, yaitu 51% untuk CPU, 99% untuk GPU, dan 61% untuk NPU. Selain itu, Samsung juga sudah memperluas vapor chamber yang diperbesar 11%,

Selain performa yang mumpuni, Galaxy S24 FE juga menawarkan desain premium dengan bezel yang lebih ramping, memberikan tampilan sleek dan modern. Frame aluminium dan lapisan Corning® Gorilla® Victus+ di bagian depan dan belakang menambah perlindungan ekstra.

Oleh karean itu, Galaxy S24 FE sangat ideal sebagai perangkat untuk berbagai situasi. Smartphone ini juga sudah bersertifikasi IP68 yang tahan terhadap air dan debu, serta mampu bertahan hingga 1,5 meter di bawah air selama 30 menit.

Samsung menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin beralih ke Galaxy dengan fitur Smart Switch. Dengan fitur ini, kamu dapat memindahkan data dari ponsel lain, termasuk perangkat non-Galaxy, secara cepat dan efisien.

Semua data penting, mulai dari kontak hingga foto, dapat dipindahkan dalam satu proses yang sederhana, membuat transisi ke Galaxy menjadi lebih lancar dan bebas stres. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berbagi foto dan file dengan lebih mudah berkat fitur Quick Share.

Cukup pilih pengguna yang muncul di daftar dan mereka akan menerima notifikasi untuk menerima file tersebut. Untuk perangkat non-Samsung, kamu bisa membagikan file melalui link atau QR Code, memberikan fleksibilitas dalam proses berbagi.

Dengan Quick Share, kamu bisa segera menikmati dan membagikan momen seru dengan teman tanpa hambatan. Ini semakin menjadikan pengalaman berpindah ke Samsung semakin menyenangkan.

Semua fitur di atas tadi membuat Galaxy S24 FE pilihan ideal untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas sehari-hari. Dari vlog hingga potret sehari-hari, Galaxy S24 FE siap meningkatkan pengalaman fotografi kamu dalam satu paket yang stylish. 

Galaxy S24 FE tersedia dalam dua varian memori, yaitu 8GB/256GB dengan harga Rp 10.999.000 dan 8GB/128GB dengan harga Rp 9.999.000. Tersedia dalam pilihan warna kekinian, yaitu Graphite, Gray, dan Blue.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.