NativZen
Advertising Area

Review Redmi 14C: Smartphone Rp 1 Jutaan, Punya NFC dan Desain Stylish

Bisa dikatakan, Redmi 14C juga cocok untuk mereka yang sedang mencari smartphone terjangkau yang reliabel.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Hadir memberikan opsi smartphone Rp 1 jutaan terbaru, Xiaomi secara resmi telah membawa Redmi 14C ke pasar Indonesia. Smartphone ini tiba di pasar Indonesia tentunya dengan membawa sejumlah peningkatan menarik dibandingkan generasi sebelumnya.

Bisa dikatakan, Redmi 14C juga cocok untuk mereka yang sedang mencari smartphone terjangkau yang reliabel, punya fitur esensial lengkap termasuk NFC, sampai kualitas kamera selfie yang bisa diandalkan dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Melalui lini Redmi, Xiaomi selalu mencoba untuk memberikan pengalaman lebih maksimal lewat pilihan smartphone harga lebih terjangkau. Dan Redmi 14C hadir sebagai pembuktian bila Xiaomi bisa membawa sejumlah fitur premium ke dalam smartphone entry-level ini.

Tak hanya itu, untuk sektor tampilan, Redmi 14C juga menawarkan layarnya yang kini semakin lega dan halus berkat refresh rate tinggi, hingga algoritma kamera yang diturunkan dari flagship. Lantas bagaimana dengan kualitas Redmi 14C selengkapnya? Berikut review Redmi 14C.

Desain yang Stylish

Tampil semakin stylish, kini desain Redmi 14C terlihat lebih kekinian berkat profil perangkat yang tipis dan desain modul kamera belakangnya. Ya, modul kamera belakangnya dibuat lebih luas berbentuk lingkaran, seolah menonjolkan peningkatan kamera yang begitu signifikan.

Nah, berbicara mengenai pilihan warna yang ditawarkan, tersedia dalam tiga opsi warna berbeda. Ketiga warna yang ditawarkan adalah Starry Blue, Dreamy Purple, Midnight Black. Tentu saja, yang paling menarik untuk kamu miliki adalah pilihan warna Starry Blue.

nativzen.com merekomendasikan untuk memilih warna tersebut karena menjadi yang paling menarik, yakni dengan kombinasi dua warna pada bodi belakangnya dan kilauan yang tampak begitu premium mengikuti pencahayaan di sekitar.

Ketebalannya hanya 8,2mm, sehingga mudah untuk masuk ke kantong celana atau tote bag. Sementara bobot kisaran 204 gram membuatnya terasa solid dalam genggaman, seperti smartphone kelas menengah yang dibanderol lebih mahal.

Menariknya lahi, permukaan kaca yang melapisi panel bagian belakang perangkat tentu membuatnya terasa dan terlihat premium. Selain itu, Xiaomi juga telah memberikan lapisan khusus sehingga bodi tetap bersih dari bekas sidik jari.

Selain tampil premium, bodi Redmi 14C juga telah berhasil melalui serangkaian uji fisik. Di mana perangkat ini telah dilakukan uji jatuh sampai 300 kali, serta uji lainnya seperti tombol daya 21.000 kali dan port pengisian daya 1.000 kali.

Layar dengan Refresh Rate 120Hz

Hadir dengan pengalaman yang lebih lega, layar Redmi 14C kini semakin luas, yakni berukuran 6,88 inci. Menariknya lagi, smartphone entry-level ini juga diperkaya dengan dukungan refresh rate maksimum hingga 120Hz.

Resolusinya sendiri memang masih HD+, namun dengan dimensi yang cukup besar, secara otomatis jarak antara pandangan mata dengan perangkat lebih jauh. Sehingga konten di layar masih relatif terlihat tajam.

Layar Redmi 14C menggunakan panel IPS yang bisa menyala cerah sampai 600nits, sudah cukup untuk penggunaan di luar ruangan saat siang hari. Refresh rate tinggi membuat konten yang digulirkan terlihat lebih mulus nan responsif, termasuk konten di Instagram maupun X.

Bagi kamu yang tertarik meminang smartphone ini juga tak perlu takut mata mudah lelah, karena smartphone ini sudah terproteksi dari sertifikasi yang dirilis oleh TUV Rheinland agar minim emisi cahaya biru dan bebas efek kedip.

Hanya saja, desain rumah kamera yang ditawarkan terbilang lawas, yakni mengambil jenis Dot Drop dengan dimensi kamera depan di sisi atas layar relatif kecil. Untuk opsi keamanannya, hadir sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya di sebelah kanan perangkat.

Tak disebutkan proteksi khusus pada permukaan kaca depan yang dimiliki oleh Redmi 14C. Namun, kamu tak perlu khawatir karena setidaknya sudah terlapisi dengan pelindung layar dari pabrikan untuk menahan timbulnya goresan pemakaian.

Kamera Utama 50MP dengan Bukaan f/1.8

Dalam modul kamera belakangnya yang dirancang cukup besar, Xiaomi sematkan sensor utama 50MP f/1.8 pada Redmi 14C, yang diklaim bisa hasilkan gambar lebih tajam. Apalagi, Xiaomi juga membenamkan Imaging Engine, yang diturunkan langsung dari lini flagship.

Ya, dukungan tersebut tampaknya berhasil untuk menyempurnakan dan mempercepat pemrosesan gambar. Peningkatan yang lebih menarik, justru ada di sisi depannya. Redmi 14C kini telah dibekali kamera depan 13MP f/2.0.

Tentu saja, smartphone ini menjadi jawaban dari Xiaomi untuk memenuhi hasrat para penggemarnya yang suka foto selfie atau membuat konten vlog. Kamera depannya semakin menarik berkat dukungan opsi mode malam yang turut disempurnakan.

Kamu yang menginginkan foto selfie terlihat lebih menarik, Xiaomi juga masih menyertakan mode beauty yang semakin optimal. Opsi pencahayaan yang halus namun juga cerah dari bagian layar juga bisa dimanfaatkan saat dalam kondisi low-light.

Untuk segmen harga yang ditawarkan, kamera Redmi 14C tergolong bisa diandalkan dalam berbagai kondisi pencahayaan. Setelah gambar berhasil diambil, smartphone akan menjalankan proses HDR, sehingga dynamic range yang ditampilkan pada hasil akhir lebih optimal.

Lalu, bagaimana jika kamu menggunakan smartphone ini untuk perekaman video? Kamera belakang yang menempel utuh pada Redmi 14C ini mampu melakukan perekaman video hingga resolusi 1080p 30fps. Sementara, kamera depannya hingga 720p 30fps.

Perlu dicatat, smartphone ini hanya memiliki sebuah mikrofon di sisi bawah, sehingga pastikan tidak tertutup oleh tangan. Kekurangan lainnya, tidak ada fitur stabilisasi built-in, jadi kurang cocok untuk perekaman video gerak cepat tanpa alat bantu, seperti gimbal misalnya.

Ditenagai MediaTek Helio G81

Perlu kamu tahu, Xiaomi meluncurkan Redmi 14C secara diam-diam di Indonesia pada awal Oktober 2024. Saat dirilis, ini menjadi smartphone pertama yang hadir dengan chipset versi refresh dari MediaTek, yakni Helio G81-Ultra.

Disebutkan jika chipset MediaTek yang satu ini telah dioptimalkan untuk layar dengan refresh rate tinggi. Di kelasnya, performa yang dihasilkan sudah tergolong optimal. Xiaomi juga menyandingkan chipset ini dengan RAM lega.

Pilihan RAM yang tersedia hingga 8GB, yang juga sudah mendukung fitur Memory Expansion. Ya, kamu yang tertarik dengan smartphone entry-level ini bisa mendongkrak penggunaan RAM hingga 16GB.

Tentunya, kemampuan multitasking sudah lebih dari cukup bisa dilakukan oleh smartphone ini, mulai dari menjalankan aplikasi populer seperti WhatsApp hingga TikTok. Untuk bermain game kasual, juga masih nyaman.

Mulai dari Mobile Legends: Bang Bang hingga Genshin Impact, masih tergolong playable, asalkan tidak menggunakan setting grafis paling tinggi. Suhu perangkat juga tergolong stabil, hanya menjadi hangat, tidak sampai panas yang mengganggu.

Nah, untuk opsi penyimpanan internalnya, Redmi 14C sudah dibekali ROM berkapasitas hingga 256GB yang mampu menyimpan lebih banyak file foto, video, serta dokumen lainnya. Jika ingin memperluasnya, bisa menambahkan kartu microSD.

Sekarang, mari kita beralih ke sektor catu daya. Dibandingkan generasi sebelumnya, kapasitas baterai Redmi 14C kini sedikit lebih lega. Mencapai 5.160 mAh, tentu sudah bisa menemani aktivitas seharian penuh hingga yang paling intensif sekalipun.

Bahkan masih bisa tersisa cukup untuk keesokan paginya, atau dua hari penuh bila tidak begitu intensif. Hobi nonton video dari platform streaming favorit? Redmi 14C bisa digunakan hingga lebih dari 20 jam sesuai klaim internal.

Ketika daya hampir habis, Xiaomi berikan dukungan fast charging 18W, membuat kamu bisa mengisi daya hingga penuh dalam waktu sedikit melampaui 2 jam saja. Menariknya lagi, Xiaomi memberikan pengisi daya 33W dalam paket penjualannya.

Sehingga bila kamu memiliki smartphone Xiaomi lain yang mendukung 33W, bisa menggunakan satu pengisi daya saja. Smart Charging Engine di dalam Redmi 14C juga memastikan baterai aman—berpengaruh positif pada masa pakai perangkat dalam jangka panjang.

Dukungan Fitur Lainnya

Redmi 14C hadir dengan tampilan antarmuka Xiaomi HyperOS terbaru, dan sudah menggunakan basis Android 14. Fitur ekstra khas smartphone Xiaomi pun hadir, salah satunya termasuk NFC yang kini sangat dibutuhkan demi mengecek hingga top-up saldo e-money.

Hanya saja sensor inframerah tidak lagi disematkan ke smartphone ini. Apakah ada iklan? Masih ada, namun kebanyakan di aplikasi ekstra yang disediakan oleh Xiaomi. Jika tidak ingin iklan muncul, cukup nonaktifkan notifikasi aplikasi tersebut atau gunakan aplikasi lainnya saja.

Bloatware yang ada juga masih banyak yang bisa di-uninstall bila terasa memberatkan. Sementara itu, speaker pada Redmi 14C memang masih mono dan terletak di bawah, namun kualitasnya sudah lebih cukup untuk mendengarkan musik maupun podcast secara kasual.

Terlebih lagi ada opsi volume 150% yang bisa membuatnya lebih lantang. Jika kamu ingin menggunakan earphone dengan kabel, Redmi 14C masih dilengkapi denga port jack audio 3,5mm di sisi atas perangkat.

Hal lain yang bisa diapresiasi adalah penggunaan sistem triple-slot pada Redmi 14C. Dengan begitu, kamu tetap bisa menyematkan dua kartu SIM fisik, plus kartu microSD bila dirasa ingin menyimpan lebih banyak file media ke dalam perangkat.

Kesimpulan

Dengan banderol harga Rp 1 jutaan saja, kamu bisa mendapatkan sebuah smartphone yang tidak hanya tampil premium, namun juga solid dan kuat. Redmi 14C hadir membawa setup kamera yang lebih berkualitas secara menyeluruh.

Dukungan layar dan baterai yang lebih lega untuk menemani aktivitas harian, dan performa yang sudah tergolong cukup juga menjadi daya tarik tersendiri dari smartphone ini. Karena itu, nativzen.com menyimpulkan ini menjadi pilihan smartphone terjangkau terbaik di kelasnya.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.