NativZen
Advertising Area

Daya Tarik ASUS TUF Gaming A16 (FA608) yang Dibanderol Rp 30 Juta

TUF Gaming A16 bukan sekadar laptop gaming, tetapi juga merupakan laptop all-rounder 16-inci terbaik.

Advertising Area

NATIVZEN.com – ASUS resmi memperkenalkan TUF Gaming A16 (FA608) di Indonesia. Ini adalah laptop gaming AI yang tidak hanya powerful, tetapi juga tangguh, dan didesain sebagai perangkat ringkas untuk mendukung mobilitas penggunanya.

“Kami mengerti bahwa ada banyak gamers dan pengguna laptop di Indonesia yang membutuhkan laptop ringkas, powerful, dan tangguh. TUF Gaming A16 adalah jawaban dari ASUS untuk mereka,” ujar Muhammad Firman, Head of Public Relations ASUS Indonesia.

Ditambahkan oleh Firman bahwa TUF Gaming A16 bukan sekadar laptop gaming, tetapi juga merupakan laptop all-rounder 16-inci terbaik. Laptop ini pun sudah bisa dibeli oleh para gamer di Tanah Air mulai dari harga Rp 30 juta.

Laptop Gaming 16 Inci Tawarkan Desain yang Ringkas

ASUS TUF Gaming A16 (FA608) hadir dengan desain yang ringkas dan solid. Karena itu, menjadikannya pilihan ideal bagi pengguna yang membutuhkan laptop gaming AI dengan mobilitas tinggi.

Laptop ini memiliki dimensi 35,4 x 26,9 x 1,79 ~ 2.57 cm dan bobot 2,2 kg. Karena itu, laptop ini tetap mudah dibawa saat bepergian sehingga mempermudah dalam mendukung aktivitas gaming serta produktivitas sehari-hari.

Tampilan luar dalam warna Jaeger Gray memberikan kesan modern dan tangguh. Ini selaras dengan tema ASUS TUF Gaming yang sudah sangat dikenal. Selain itu, baterai 90WHrs berkapasitas besar memastikan daya tahan lebih lama saat digunakan.

Sesuai dengan namanya, ASUS TUF Gaming A16 (FA608) adalah laptop gaming AI dengan layar 16 inci, memiliki resolusi 2.5K (2560 x 1600), dan menawarkan rasio aspek 16:10 yang lebih luas untuk memberikan tampilan yang maksimal dalam berbagai aktivitas.

Ditambah refresh rate 165Hz dan response time 3ms, pengguna dapat menikmati pengalaman visual yang halus dan responsif. Dukungan teknologi G-Sync dan tingkat kecerahan hingga 400nits menambah kenyamanan penggunaan.

Reproduksi warna yang akurat dengan cakupan 100% sRGB membuat laptop ini juga cocok untuk aktivitas kreatif. Dari sisi konektivitas, ASUS TUF Gaming A16 (FA608) juga tampil sebagai laptop yang memiliki port lengkap.

Laptop gaming AI ini dilengkapi berbagai port I/O seperti RJ45 LAN, dua USB 3.2 Gen 2 Type-A, serta dua port USB Type-C yang mendukung DisplayPort™ dan power delivery. Dukungan Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3 juga memastikan koneksi nirkabel yang cepat dan stabil.

Powerful Karena Ditenagai AMD Ryzen™ AI 9 HX 370

ASUS TUF Gaming A16 (FA608) tidak hanya hadir dengan desain yang ringkas, tetapi juga menawarkan performa kuat untuk menunjang berbagai aktivitas berat, baik gaming maupun produktivitas.

Ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ AI 9 HX 370 dengan 12 core dan 24 thread, laptop ini mampu memberikan kecepatan hingga 5.1GHz, memastikan setiap aplikasi berjalan lancar, termasuk game dengan grafis tinggi dan tugas multitasking.

Selain itu, dukungan AMD XDNA™ NPU yang memiliki kekuatan hingga 50TOPS semakin memperkuat laptop gaming ini dengan kinerja berbasis AI, yang kini banyak digunakan di berbagai aplikasi modern.

Untuk urusan grafis, ASUS TUF Gaming A16 dilengkapi dengan NVIDIA® GeForce RTX™ 4060 yang memiliki TGP hingga 140W, memberikan visual memukau di dalam game dan rendering grafis 3D.

Dengan 233 AI TOPs pada GPU-nya, laptop ini mampu menghadapi beban grafis yang berat dengan efisiensi tinggi. Penyimpanan menggunakan 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD yang menghadirkan kecepatan baca dan tulis yang sangat tinggi

Sementara, dukungan memorinya adalah LPDDR5X 7500 MHz sebesar 32GB. Ini untuk memastikan ASUS TUF Gaming A16 ini bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa hambatan.

Sistem pendingin pada ASUS TUF Gaming A16 didukung oleh teknologi mutakhir untuk menjaga performa tetap stabil. Dua kipas Arc Flow Fans™ generasi kedua yang terinspirasi dari desain mesin pesawat memastikan aliran udara yang lebih baik dengan kebisingan minimal.

Heatsink full-width dan ventilasi pembuangan yang dilengkapi filter debu berperan penting menjaga suhu komponen internal tetap optimal. Berkat kombinasi teknologi ini, suhu permukaan laptop bisa mencapai hingga 7° C lebih dingin dibandingkan laptop gaming sekelasnya.

Dengan sistem pendingin yang andal, pengguna laptop gamaing ini dapat menikmati performa puncak tanpa khawatir ASUS TUF Gaming A16 mengalami overheating, bahkan selama sesi gaming panjang atau tugas berat lainnya.

Tangguh Berkat Sertifikasi MIL-STD-810H

ASUS TUF Gaming A16 (FA608) adalah laptop gaming AI 16 inci yang mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS, MIL-STD-810H. Untuk meraih sertifikasi ini, laptop ini melewati serangkaian uji ketahanan yang ketat.

Tak hanya lolos uji jatuh, ASUS TUF Gaming A16 juga diklaim telah melewati pengujian kelembapan, hingga suhu ekstrem. Dengan begitu, laptop gaming ini mampu menjaga performa dan keandalannya bahkan dalam kondisi yang paling sulit sekalipun.

Ini juga bertujuan untuk memastikan ASUS TUF Gaming A16 tetap tangguh saat digunakan dalam berbagai situasi. Ketahanan berstandar militer ini juga menjadikan laptop ini lebih dari sekadar laptop gaming biasa.

Laptop ini dirancang untuk bertahan dari guncangan dan benturan tak terduga dalam penggunaan sehari-hari, sehingga cocok untuk pengguna yang sering bepergian. Ya, berkat sertifikasi MIL-STD-810H, TUF Gaming A16 memberikan kepercayaan lebih bagi penggunanya.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.