NativZen
Advertising Area

Samsung Tempati Top 5 Global Brand 2024

Samsung raih 5 besar global brand selama 5 tahun berturut-turut dengan brand value US$ 100,8 miliar.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Samsung mengumumkan pencapaiannya kembali masuk ke jajaran Interbrand “Global Top 5” selama lima tahun berturut-turut. Interbrand, konsultan merek global, merilis daftar “Best Global Brands” setiap tahunnya.

Pada daftar tahun ini, terungkap bahwa brand value Samsung mencapai US$ 100,8 miliar dan tumbuh 10% year-on-year. Peningkatan signifikan brand value Samsung ini didorong oleh pertumbuhan industri AI.

Secara khusus, Samsung memang saat ini tercatat sebagai salah satu perusahaan yang ada di barisan depan pada AI on-device serta daya saing di sektor semikonduktor. Sejak pertama kali mencapai 5 besar pada tahun 2020, Samsung telah mengalami pertumbuhan mengesankan.

Ya, perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini mengalami pertumbuhan sebesar 62% selama empat tahun. Selain itu, Samsung juga tetap menjadi satu-satunya perusahaan Asia di lima besar global brand.

“Pertumbuhan brand yang signifikan pada tahun ini merupakan hasil dari pendekatan holistik kami terhadap AI dan upaya menghadirkan teknologi canggih ini ke tangan pengguna,” kata YH Lee, President and Head of the Global Marketing Office, Samsung Electronics.

Ditambahkan oleh YH Lee bahwa ke depannya, Samsung akan terus menghadirkan rangkaian kualitas yang disukai dan diharapkan oleh pengguna di seluruh dunia. Dengan kata lain, inovasi akan terus digulirkan oleh Samsung.

Pengakuan Atas On-Device AI

Menurut Interbrand, hasil evaluasi Samsung Electronics dipengaruhi secara positif oleh hal-hal berikut:

  • Penerapan teknologi AI dalam produk-produk utama dan kepemimpinannya pada pasar AI on-device
  • Peningkatan pengalaman terhubung melalui platform dan produk yang mendukung AI
  • Kepemimpinan AI berdasarkan daya saingnya di sektor semikonduktor
  • Penerapan strategi brand yang konsisten di pasar global
  • Komitmen untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.

Tahun ini, dengan visi AI for All, Samsung memperluas portofolio produknya yang dilengkapi dengan teknologi AI. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, yakni bertujuan untuk meningkatkan pengalaman alias experience konsumen.

Dengan meluncurkan Galaxy S24 Series, Samsung telah memimpin mobile AI. Samsung juga telah meluncurkan TV AI yang dilengkapi chipset AI dan AI upscaling serta memperkenalkan perangkat BESPOKE AI yang memberdayakan kehidupan sehari-hari pengguna.

Tak hanya sampai di situ, Samsung juga memperluas ekosistem SmartThings untuk menyediakan pengalaman konektivitas terpadu, yang tidak hanya mendukung produknya sendiri, tetapi juga berbagai perangkat pihak ketiga.

Integrasi ini juga menawarkan manfaat substansial yang lebih dari sekadar kemudahan, termasuk penghematan energi dan dukungan aktivitas bagi keluarga. Selain itu, Samsung juga berinvestasi dalam R&D untuk memenuhi permintaan AI yang terus meningkat.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini juga sukses memproduksi memori inovatif seperti DDR5, GDDR7, HBM3E, LPDDR5X, 9th Gen V-NAND, Exynos SoC, dan sensor gambar resolusi tinggi. Secara proaktif ini memenuhi kebutuhan AI server dan on-device.

Sementara untuk strategi brand, Samsung mendapat pengakuan atas brand value yang konsisten dan membangun hubungan yang autentik dengan para konsumen. Selain itu, Samsung juga fokus pada penerapan berbagai aktivitas dan inisiatif yang sadar lingkungan.

Ya, Samsung telah menggunakan berbagai bahan daur ulang di berbagai kategori produk. Samsung juga telah berpartisipasi dalam berbagai inisiatif global dan berkolaborasi dengan para pemimpin industri, berfokus pada target-target seperti mengurangi emisi karbon.

Pengakuan atas Berbagai Upaya Samsung di Setiap Divisi Bisnis

Mobile

  • Memimpin era mobile AI dengan Galaxy AI setelah peluncuran Galaxy S24 Series
  • Meningkatkan level Galaxy AI dengan pengalaman lipat unik di Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6
  • Memperkuat kepemimpinan dalam health AI melalui peluncuran Galaxy Ring dan Galaxy Watch Series terbaru.

Networks

  • Memperkuat kepemimpinan dalam virtualized Radio Access Network (vRAN) dan Open RAN
  • Memimpin standarisasi teknis 6G
  • Secara konsisten melakukan inovasi teknologi untuk mendukung berbagai contoh penggunaan 5G, termasuk streaming dan game
  • Meningkatkan kemitraan dengan perusahaan pelanggan dan mengkomunikasikan aspek keberlanjutan pada teknologi jaringan Samsung

Visual Display

  • Memperkuat kepemimpinan global di pasar TV dan soundbar
  • Terus berinovasi dengan produk seperti AI TV, layar MICRO LED, dan Music Frame
  • Menginovasi pengalaman menonton dengan teknologi mutakhir, termasuk AI upscaling dan Active Voice Amplifier Pro
  • Memposisikan diri sebagai mitra gaming utama melalui berbagai kemitraan
  • Memperkuat keamanan dan privasi melalui Samsung Knox

Digital Appliances

  • Mempertahankan kepemimpinan global dalam kategori seperti kulkas dan mesin cuci melalui inovasi produk yang konsisten dan kemampuan AI yang canggih
  • Memberikan nilai dan pengalaman yang berpusat pada pelanggan melalui perangkat BESPOKE AI
  • Meningkatkan aksesibilitas dengan Auto Open Door dan kontrol suara Bixby yang ditingkatkan
  • Menawarkan manfaat substansial — seperti efisiensi energi melalui AI Energy Mode di SmartThings — dan perluasan pengalaman konektivitas SmartThings di seluruh dunia

Semiconductor

  • Menyediakan DRAM GDDR7, DRAM HBM3E, DRAM LPDDR5X, dan 9th Gen V-NAND pertama di industri sekaligus memperkuat kepemimpinan pasar untuk era AI
  • Secara konsisten memajukan teknologi AI seperti sensor ISOCELL Auto 1H1, yang dioptimalkan untuk pengembangan kendaraan otonom
  • Melebihi ekspektasi pelanggan dengan peluncuran produk SSD B2C yang luar biasa seperti 990 EVO dan SSD T9

Best Global Brand Interbrand disusun berdasarkan brand value setiap brand, yang merupakan hasil analisis menyeluruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, pengaruh brand terhadap pembelian pelanggan, dan daya saing brand.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.