NativZen
Advertising Area

Samsung SFT 2024 Sukses Lahirkan Inovasi AI Karya Anak Bangsa

Samsung Solve for Tomorrow (SFT) merupakan kompetisi STEM tahunan bergengsi yang diselenggarakan oleh Samsung.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Samsung Solve for Tomorrow (SFT) merupakan kompetisi STEM tahunan bergengsi yang diselenggarakan oleh Samsung untuk mendukung dan mewadahi anak muda Indonesia menciptakan inovasi untuk Indonesia.

Mulai tahun ini, para peserta SFT didorong untuk mengaplikasikan teknologi AI alias kecerdasan buatan sebagai inovasi yang bermanfaat dengan memberikan pelatihan AI for Designer. Pelatihan ini sendiri dihadirkan oleh SFT 2024.

Ini adalah inisiatif pelatihan komprehensif yang dirancang untuk mengajarkan keterampilan dalam merancang solusi berbasis AI kepada para peserta. Pembelajaran yang diberikan diharapkan memberikan efisiensi dalam proses mendesain.

Dengan begitu, inisiatif tersebut dapat membantu para peserta untuk mengoptimalkan kreativitas mereka dan berfokus pada inovasi. Para peserta diberikan pembekalan mengenai penggunaan UiZard, sebuah software inovatif yang mempermudah proses desain berbasis AI.

Inisiatif ini tidak hanya memperluas wawasan para peserta yang berkompetisi di SFT 2024 mengenai AI, namun juga mendorong pengembangan keterampilan mereka yang siap untuk diaplikasikan dalam inovasi nyata di masa depan.

Program SFT melibatkan dewan juri yang terdiri dari para pakar industri terkemuka, serta didukung oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), Kementerian Agama (Kemenag), dan Samsung R&D Institute Indonesia.

Proses seleksi dan penentuan pemenang didasarkan pada inovasi solusi yang memiliki dampak besar dalam menjawab berbagai tantangan sosial. Terpilih 3 tim pemenang dan 1 tim pemenang People Choice Award Samsung Solve for Tomorrow 2024 dari masing-masing kategori.

Adapun kedelapan tim pemenang merupakan anak-anak bangsa inovatif yang berhasil menciptakan solusi inovasi berbasis AI untuk menjawab persoalan di bidang pendidikan, lingkungan, dan kesehatan di masyarakat.

Solusi yang dihadirkan tidak hanya mencerminkan potensi generasi muda akan kecerdasan teknologi yang dikembangkannya, namun juga kepedulian terhadap isu-isu kritis sosial yang dihadapi bangsa saat ini.

Daftar pemenang Samsung Solve for Tomorrow 2024 kategori Universitas (D3, D4, & S1):

  • Solyd Ias dari Universitas Brawijaya – Portable Kit D-Dimer Level Detector
  • HerLens dari Universitas Indonesia – Deteksi Dini Kanker Serviks
  • NARA 1 dari Universitas Pertahanan RI – Monitoring Kesehatan & Kesejahteraan Lansia

People Choice Award (Kategori Universitas):

  • Cemerlang dari Universitas Gadjah Mada – Dentalint (Deteksi Karies & Kesehatan Gigi Berbasis AI)

Daftar pemenang Samsung Solve for Tomorrow 2024 kategori SMA, SMK & MA:

  • Masetasia dari MAN Insan Cendekia Serpong – Inovasi Berbasis AI untuk Kesehatan Para Lansia
  • Oxceepital dari MAN Insan Cendekia Kota Batam – Pengawasan & Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa di Kelas
  • UTMN dari SMA Mawar Sharon Christian School Surabaya – CUbots

People Choice Award (SMA, SMK, & MA):

  • HandsTalk dari SMAN 1 Sidoarjo – Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat Berbasis AI

Kedelapan pemenang SFT 2024 mendapatkan hadiah berupa produk-produk Samsung senilai Rp 170 juta untuk pemenang pertama, Rp 75 juta untuk pemenang kedua, Rp 30 juta untuk pemenang ketiga, dan Rp 23 juta untuk pemenang People Choice Award.

Sejalan dengan visi pemerintah dalam mencetak 9 juta talenta digital hingga 2030, Samsung Solve for Tomorrow mengajak generasi muda bangsa mengembangkan ide-ide inovatif yang memberikan dampak positif dan bermanfaat untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Melalui SFT, Samsung berkontribusi dalam mendukung program-program pemerintah yang berfokus pada peningkatan literasi digital dan pengembangan keterampilan teknologi generasi muda, sehingga mereka dapat menjadi pemimpin inovasi masa depan.

“Tahun ini, kami sangat bangga melihat antusiasme yang luar biasa dari peserta Samsung Solve for Tomorrow. Jumlah peserta yang mendaftar mencapai 2400 anak Indonesia,” jelas Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.

Ditambahkan oleh Ennita bahwa kategori Universitas yang menjadi kategori baru bagi kompetisi ini. Delapan pemenang SFT telah membuktikan bahwa anak-anak Indonesia memiliki kemampuan hebat untuk melahirkan inovasi yang menjawab masalah yang dihadapi masyarakat.

“Kami berharap, melalui Samsung Solve for Tomorrow (SFT) mereka semakin terasah potensinya. Dengan begitu, para inovator muda ini dapat membawa bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas di masa depan,” tutup Ennita.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.