NativZen
Advertising Area

Samsung Pamer Baterai untuk Mobil Listrik, Inovasinya Mengejutkan!

Baterai terbaru Samsung untuk kendaraan listrik (EV) memiliki jangkauan hingga 966 km dengan pengisian daya 9 menit dan masa pakai 20 tahun.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Samsung membuat kemajuan signifikan dalam memperkenalkan baterai yang sangat kuat di pasar kendaraan listrik (EV). Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu telah memamerkan baterai barunya yang menawarkan jangkauan lebih jauh.

Disebut-sebut, baterai terbaru racikan Samsung tersebut yang memang ditujukan untuk kendaraan listrik mampu menjangkau hingga 600 mil hanya dengan pengisian daya selama 9 menit. Baterai tersebut diperkenalkan di pameran SNE Battery Day 2024 di Seoul, Korea Selatan.

Samsung juga sesumbar bahwa mereka telah memulai uji coba untuk lini baterai solid-state-nya. Lini uji coba tersebut mulai dibangun pada tahun 2023 untuk memproduksi massal baterai solid-state sepenuhnya pada tahun 2027.

Baterai kendaraan listrik Samsung yang baru itu juga telah dikirim ke produsen kendaraan listrik untuk pengujian sejak akhir 2023 lalu. Samsung SDI, divisi khusus raksasa teknologi tersebut mengatakan bahwa mereka telah menerima umpan balik positif terhadap baterai tersebut.

Baterai tersebut mampu dipakai hingga menempuh jarak berkendara sejauh 600 mil (965 km) dengan pengisian daya selama 9 menit. Samsung juga mengatakan bahwa baterai tersebut dirancang untuk memiliki masa pakai selama 20 tahun.

Baterai solid-state Samsung yang baru hadir lebih ringan, lebih kecil, dan lebih aman daripada baterai lithium-ion yang umum digunakan pada kendaraan listrik. Peningkatan lainnya, baterai ini juga aman karena Samsung mengganti komponen cair dengan komponen padat.

Selain itu, baterai ini juga tidak memakan banyak tempat dan karenanya jauh lebih ringan, sehingga sangat menjanjikan dalam industri kendaraan listrik. Samsung juga mengatakan bahwa baterai baru ini akan terbatas pada segmen super-premium dari ruang kendaraan listrik.

Ya, hal itu tampaknya terkait dengan biaya produksi. Samsung juga akan memperkenalkan produk NCS nikel tinggi untuk segmen kelas atas. Kepadatan energi baterai solid-state Samsung adalah 500 Wh/kg yang merupakan lompatan besar di atas rata-rata saat ini sekitar 270 Wh/kg.

Sayangnya, tidak jelas apa yang dimaksud oleh Samsung SDI sebagai pengisian daya selama 9 menit. Namun, ini tidak mungkin mengindikasikan bahwa pengisian daya penuh hanya dapat dicapai dalam waktu 9 menit.

Jika klaim tersebut terkait dengan pengisian daya cepat (misalnya dari 20% hingga 80%), maka jangkauan baterai yang sebenarnya dapat melebihi 965 km (600 mil). Samsung juga mengembangkan baterai bebas litium besi fosfat (LFP) dan kobalt yang akan lebih terjangkau.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.