NativZen
Advertising Area

Harga Ponsel Pintar Terbaru yang Hadir di Bulan Juli 2024

Pasar smartphone Tanah Air pada bulan Juli 2024 tetap diramaikan oleh produk terbaru. Tak hanya diramaikan oleh POCO, Samsung juga tak mau kalah.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Pertarungan sejumlah brand smartphone di pasar Indonesia untuk menggelontorkan produk terbaru terus berlanjut. Tidak terkecuali pada bulan Juli 2024 lalu, di mana ada POCO, Samsung, Infinix dan OPPO yang menghadirkan perangkat terbaru untuk segala segmen.

Sebut saja, ada POCO yang membuat genderang perang dengan menghadirkan POCO F6, dan diikuti POCO M6. Samsung pun tak mau kehilangan tradisi untuk meluncurkan foldable phone terbarunya, Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6.

Infinix yang getol menyodorkan smartphone gaming dengan harga terjangkau, melengkapi seri NOTE terbarunya dengan menghadirkan Infinix Note40S. OPPO menutup perjalanan bulan Juli 2024 dengan meluncurkan Reno12 Pro 5G dan Reno12 5G.

POCO F6

Pengalaman performance flagship sejati, khususnya saat bermain game mobile mampu dihadirkan oleh POCO F6 yang baru saja mendarat resmi di Indonesia. Smartphone ini tiba ditenagai oleh chipset terbaru Snapdragon® 8s Gen 3 dari Qualcomm.

SoC yang memiliki dukungan core Prime Cortex-X4 ini mampu memberikan kinerja tingkat atas pada CPU, GPU, dan juga didukung dengan kemampuan AI. Ditopang dengan chipset yang bertenaga, skor AnTuTu yang dimiliki oleh POCO F6 mampu mencapai 1.530.662 poin.

Hal ini memberi gambaran bagaimana POCO F6 dengan mudah mengungguli berbagai smartphone lain di segmennya, berkat kinerja yang lancar dalam segala hal. Bahkan, pengalaman bermain game semakin lengkap dengan WildBoost Optimization 3.0 dari POCO.

Generasi terbaru dari WildBoost ini membawa adjustment pada sisi perangkat lunak ke level baru, berkat algoritma internal yang sanggup mengoptimalkan perangkat lunak dan perangkat keras secara bersamaan.

Tak hanya membuatnya lebih lancar, tetapi juga stabil, high quality, serta selalu akurat saat bermain game populer, seprti Genshin Impact hingga resolusi 1.5K. Kemampuan seperti itu memberikan pengalaman gaming yang luar biasa, bahkan bagi gamer hardcore sekalipun.

Para penggemar mobile game juga tak perlu khawatir dengan rasa panas. Teknologi pendingin LiquidCool Technology 4.0, yang mengusung sistem IceLoop mampu bekerja meningkatkan sirkulasi uap cair untuk menghilangkan panas.

Tak hanya itu, pembuangan panasnya juga ditingkatkan secara signifikan untuk menjaga kenyamanan pengguna walaupun smartphone ini sedang digunakan secara ekstrem. POCO F6 juga memperkenalkan teknologi CrystalRes pertama di POCO F Series.

Ya, ini berkaitan dengan dukungan layar 1,5K high-definition yang mengagumkan. Fitur tersebut melengkapi layar DotDisplay Flow AMOLED 6,67 inci super-jernih, yang menawarkan refresh rate 120Hz, dan kecerahan puncak 2400 nits.

Layarnya ini juga mampu memproduksi hingga 68 miliar warna dengan teknologi Dolby Vision, untuk menghadirkan visual yang hidup dan terlihat semakin nyata. Sementara, desain bezel super tipis dan rasio layar terhadap bodi 94,27% semakin menciptakan pengalaman yang imersif.

Sertifikasi TUV Rheinland untuk Low Blue Light (Hardware), Circadian Friendly, dan Flicker Free memastikan kegiatan nonton yang aman dan nyaman, meski dalam durasi yang lama. Dengan kata lain, kesehatan mata pengguna tetap bisa terjaga secara optimal.

Di sektor kamera, POCO F6 siap memenuhi kebutuhan akan foto kelas profesional dengan kamera utama 50MP dilengkapi sensor Sony IMX882 dengan aperture ultra-besar f/1.59. Hal ini memungkinkan lebih banyak cahaya masuk untuk menghasilkan bidikan berkualitas tinggi.

Selain ditambah dukungan kamera ultra-wide 8MP, kamera POCO F6 juga dilengkapi OIS dan EIS yang kini menjadi standar seri POCO F. Fitur kamera flagship lainnya termasuk video 4K dengan 60 fps, memungkinkan video ultra-jernih bergaya sinematik dengan frame rate tinggi.

Ada pula fitur Motion Tracking Focus 2.0 yang mampu mengidentifikasi target orang hingga serangga, dan melacak pergerakannya untuk memastikan hasil yang jernih pula. Dan agar pengguna dapat terus beraktivitas, POCO F6 hadir dengan baterai 5000 mAh.

Tak main-main, POCO juga melengkapi sektor catu dayanya ini dengan dukungan Turbo Charging 90W yang sanggup mencapai pengisian 100% dalam waktu sekitar 30 menit saja. Sebagai pilihan, POCO F6 hadir dalam tiga pilihan warna: Black, Green, dan Titanium Color.

POCO F6 yang datang sebagai smartphone unggulan, POCO memasarkannya dalam dua varian memori, yakni 8GB + 256GB, yang ditawarkan dengan harga Rp 4.999.000 (penjualan perdana) dan 12 GB + 512GB, yang dibanderol seharga Rp 5.499.000 (penjualan perdana).

POCO M6

POCO M6 hadir bersama dengan POCO F6 membawa berbagai lompatan dari pendahulunya. Karena itu, keluarga seri M terbaru ini dirasa cocok sekali untuk pengguna yang ingin melakukan upgrade dari POCO M5 agar aksinya sehari-hari semakin maksimal!

Untuk sektor kamera, peningkatannya sangat jelas dibanding POCO M5. POCO membekali M6 dengan kamera utama 108MP yang berpasangan dengan kamera makro 2MP. Selain itu, pada bagian depan, POCO juga menancapkan kamera dengan sensor 13MP.

POCO M6 yang dibekali kamera utama 108MP yang revolusioner, menjadikannya sebagai perangkat tingkat pro buat menangkap momen-momen paling berharga dalam hidup pengguna dengan hasil yang mengagumkan.

Berkat in-sensor zoom, kamera milik POCO M6 mampu melakukan 3x zoom dengan kualitas gambar lossless, sehingga detail-detail tetap tertangkap dengan jelas meski memotret dari jarak jauh. Juga, POCO M6 menghadirkan sensor besar 1/1.67 inci buat menangkap cahaya lebih baik.

Daya tarik lainnya dari POCO M6 adalah dukungan memori yang disematkan. Smartphone ini mengusung RAM 8GB (hingga 16GB dengan memory extension) dan internal storage 256GB. Bandingkan dengan pendahulunya, yang pada sektor ini varian tertingginya adalah 4GB/128GB.

Nah, untuk sektor catu daya, POCO juga melakukan peningkatan. POCO M6 memiliki baterai berkapasitas 5.030 mAh, ditambah dengan pengalaman recharge yang lebih cepat sekaligus lebih nyaman, yakni melalui dukungan 33W fast charging.

Apalagi POCO M6 sudah ditunjang oleh Smart Charging Engine untuk mengoptimalkan efisiensi pengisian daya dan menjaga kesehatan baterai. Ketika lowbat dan layar dalam kondisi mati, proses charging meningkat kecepatannya hingga 20%.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan POCO M6, smartphone yang memiliki kamera utama 108MP, RAM 8GB dan internal storage 256GB ini dijual dengan harga Rp 2.099.000, dan kamu bisa menemukan di mi.com serta sejumlah e-commerce ternama di Tanah Air.

Galaxy Z Fold6

Samsung secara resmi telah memperkenalkan Galaxy Z Fold6. Smartphone ini hadir dibekali layar utama Dynamic AMOLED 2x 7,6 inci dengan resolusi QXGA+ dan memiliki dukungan adaptif refresh rate 1-120Hz.

Bagi kamu yang tertarik dengan Galaxy Z Fold6, Samsung juga membekali foldable phone terbarunya ini dengan layar yang memiliki tingkat kecerahan maksimal 2.600 nits, kerapatan piksel 374 ppi, dan rasio aspek 20,9:18.

Sementara, cover screen-nya mengusung panel Dynamic AMOLED 2x 6,3 inci dengan resolusi HD Plus, dan refresh rate 120Hz. Selain itu, layarnya ini juga memiliki kerapatan piksel 410 ppi, dan rasio aspek 22,1:9.

Dibandingkan dengan generasi kelima yang diluncurkan tahun lalu, layar Galaxy Z Fold6 ini juga memiliki durabilitas yang lebih ditingkatkan. Ya, Samsung telah menggunakan struktur dual rail hinge dan folding edge yang diperkuat.

Bahkan, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini sesumbar bahwa peningkatan yang ditawarkan membuat layar foldable phone ini mampu mendistribusikan dampak dari benturan eksternal dengan lebih baik.

Selain itu, lapisan layar Galaxy Z Fold6 juga ditingkatkan untuk membantu mengurangi lipatan sekaligus mempertahankan kekuatan layar. Untuk proteksi, layar foldable phone ini juga dilengkapi kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus 2.

Sementara, untuk bagian bingkainya menggunakan material Armor Aluminum 2. Untuk sektor kamera, Galaxy Z Fold6 ini telah dibekali tiga kamera belakang. Ini terdiri dari kamera utama 50 MP , kamera ultra-wide 12MP, dan kamera telefoto 10MP.

Meski masih mengusung kamera utama 50MP, sama seperti yang ada pada Galaxy Z Fold5, Samsung telah memperkaya dengan teknologi Pro Visual Engine. Oleh karean itu, foto yang dihasilkan lebih bagus dan lebih tajam.

Nah, untuk kamera depan, Galaxy Z Fold6 memiliki selfie camera 10MP di cover screen selfie camera 4MP di bawah layar utama. Samsung juga menjanjikan bahwa dukungan kamera depannya ini mampu menciptakan foto selfie yang lebih berkualitas.

Lalu, bagaimana dengan jeroannya? Galaxy Z Fold6 ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy. Chipset ini dipadukan dengan RAM 12GB yang berpasangan dengan penyimpanan internal hingga 1TB.

Galaxy Z Fold6 juga dibekali baterai 4.400 mAh, didukung pengisian cepat (fast charging) 25W melalui port USB Type-C. Nah, untuk sistem operasinya, foldable phone terbaru dari Samsung ini berjalan dengan Android 14 yang dilapisi antarmuka One UI 6.1.

Galaxy Z Fold6 juga diperkaya dengan koneksi 5G, WiFi 6E, Bluetooth 5.3, fitur anti debu dan air dengan rating IP48, dual SIM. Dalam kondisi tidak terlipat, bodinya berukuran 132,6 x 153,5 x 5,6mm, sedangkan dalam kondisi terlipat ukurannya adalah 68,1 x 153,5 x 12,1 mm.

Ya, Galaxy Z Fold6 adalah model Z Fold paling tipis untuk saat ini. Adapun bobot bodi Galaxy Z Fold6 secara keseluruhan adalah 239 gram. Bisa juga dikatakan, ini adalah model Galaxy Z Fold yang paling ringan.

Nah, untuk harganya, Galaxy Z Fold6 dengan RAM 12GB + ROM 256GB dibanderol dengan harga Rp 26.499.000. Dua opsi lainnya, yakni RAM 12GB + ROM 512GB dan RAM 12GB + ROM 1TB, masing-masing ditawarkan dengan harga Rp 28.499.000 dan Rp 31.999.000.

Galaxy Z Flip6

Foldable phone flagship lainnya yang turut diperkenalkan oleh Samsung dalam acara Galaxy Unpacked 2024 di Paris, Perancis adalah Galaxy Z Flip6. Smartphone lipat ini hadir dengan layar utama Dynamic AMOLED 2x 6,7 inci FHD+.

Layar utamanya itu juga diperkaya dengan adaptif refresh rate 101-120 Hz, tingkat kecerahan puncak hingga 2.600nits. Sementara, layar sekundernya mengusung panel Super AMOLED 3,4 inci dengan refresh rate 60Hz, dan tingkat kerapatan piksel 306 ppi.

Sama seperti saudaranya, Samsung juga menyematkan chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy. Dukungan lainnya yang dimuat oleh Samsung ke dalam Galaxy Z Flip6 adalah RAM 12GB yang dipadukan dengan penyimpanan internal hingga 512GB.

Untuk kamera, Galaxy Z Flip6 kini dibekali kamera utama 50 MP dan kamera ultra-wide 12MP. Sementara, untuk sektor catu daya, foldable phone ini dibekali baterai 4.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 25W.

Penerus Galaxy Flip5 ini berjalan dengan antarmuka One UI 6.1 berbasis Android 14. Samsung kini juga menjamin Galaxy Z Flip6 untuk mendapatkan peningkatan (upgrade) OS Android sebanyak 7 generasi dan pembaruan keamanan (security update) selama 7 tahun.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan Galaxy Z Flip6, Samsung menawarkan foldable phone ini dengan harga Rp 17.499.000 untuk varian RAM 12GB serta penyimpanan internal 256GB. Varian tertinggi, yakni RAM 12GB dan penyimpanan internal 512GB ditawarkan dengan harga Rp 19.499.000.

Infinix NOTE 40S

Varian terbaru NOTE 40 Series, Infinix NOTE 40S, resmi diperkenalkan di Indonesia. Kini, bagi konsumen yang tertarik memiliki smartphone tersebut sudah tersedia melalui platform online dan offline, mulai Selasa, 23 Juli 2024.

Mengadaptasi fitur dari seri NOTE 40 lainnya, Infinix NOTE 40S hadir dengan layar 3D-Curved 120Hz yang memiliki sudut lengkung 55 derajat AMOLED dan sudah dilengkapi Corning Gorilla Galss, serta teknologi All-Round FastCharge 2.0 plus 20W Wireless MagCharge.

Tak hanya itu, nilai jual lainnya yang ditawarkan adalah fitur audio Dual Speakers with Sound By JBL. NOTE 40S bisa didapatkan dengan harga spesial Rp 2.899.000 dari harga resmi Rp 3.099.000 pada sesi flash sale, eksklusif di Shop (Tiktok Shop) dan Tokopedia. 

Seperti dikatakan oleh Sergio Ticoalu sebagai Head of Marketing Infinix Indonesia melalui rilis yang dibagikan ke nativzen.com bahwa NOTE 40 Series yang terus mendapatkan penerimaan positif mendorong Infinix untuk menghadirkan portofolio varian yang semakin ekstensif.

“NOTE 40S menjadi varian baru yang menggabungkan keunggulan desain dengan layar sinematik 3D Curve anti gores dan performa mumpuni untuk kebutuhan entertainment. Tentunya, dengan variasi harga yang semakin mengakomodasi pengguna,” ucap Sergio.

Infinix NOTE 40S hadir dengan layar mewah 3D-Curved 6,78 inch FHD+ AMOLED yang memiliki refresh rate hingga 120Hz dan rasio layar-ke-bodi mencapai 93,80%. Ini memberikan pengalaman layar yang luas bagi pengguna.

Selain itu, layar NOTE 40S juga mendukung fitur autentikasi In-Display Fingerprint, memudahkan pengguna untuk mengakses dalam berbagai kondisi. Penggunaan di luar ruangan juga semakin nyaman berkat tingkat kecerahan hingga 1.300nits.

Sementara, sertifikasi TÜV Rheinland Eye Comfort memastikan perlindungan mata saat penggunaan harian. Selain itu, layar NOTE 40S juga telah dilapisi Corning® Gorilla® Glass yang tahan gores, memastikan perlindungan tambahan dalam berbagai skenario penggunaan. 

Infinix NOTE 40S juga menawarkan teknologi All-Round FastCharge2.0 yang dikombinasikan dengan chip manajemen daya Cheetah X1, memastikan pengalaman pengisian daya terbaik dikelasnya.

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memilih tiga skenario pengisian daya—low-temp, smart, dan hyper—sesuai dengan kebutuhan. Berbagai fitur pengisian daya juga ditambahkan, baik 20W Wireless MagCharge untuk pengisian daya nirkabel, serta Reverse Charging.

Nah, untuk sektor entertainment rasanya tidak lengkap tanpa audio yang mumpuni. Infinix NOTE 40S telah dilengkapi Dual Speaker with Sound by JBL untuk pengalaman streaming hingga mobile gaming yang semakin meningkat.

Pada aspek dapur pacu, NOTE 40S juga ditenagai oleh chipset gaming Mediatek Helio G99 Ultimate dengan RAM 8GB (dapat diperluas hingga 16GB) dan storage 256GB, NOTE 40S menawarkan performa andal dan kapasitas penyimpanan yang luas untuk berbagai kebutuhan.

Pada sektor fotografi, NOTE 40S memiliki lensa utama 108MP Super-Zoom Cam yang memungkinkan zooming yang smooth. Fitur AI seperti Active Halo memberikan notifikasi visual saat bermain game, mendengarkan musik, atau mengisi daya.

Infinix NOTE 40S sudah tersedia mulai 23 Juli 2024. Bagi kamu yang tertarik dengan smartphone ini, Infinix menjualnya dengan harga Rp 3.099.000, dan sudah bisa kamu temukan di sejumlah toko ritel dan e-commerce ternama di Tanah Air.

OPPO Reno12 Pro 5G

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan Reno12 Pro 5G, smartphone ini tiba dengan desain kekinian yang begitu nyaman saat digenggam. Ya, OPPO memberi sentuhan Futuristic Fluid Design sehingga mampu menciptakan nuansa 3D seperti air yang beriak.

Reno12 Pro 5G juga menjadi smartphone yang tangguh dengan dukungan All-Round Armour. Ada dua warna yang ditawarkan untuk model Pro ini, yaitu Nebula Silver dengan ketebalan 7,45 mm serta bobot 181 gram dan Space Brown dengan ketebalan 7,40 mm dan bobot 180 gram.

Untuk di bagian tampilan, OPPO menghiasi layar smartphone ini dengan Infinite View Screen yang memiliki ukuran 6,7 inci. Sementara itu, panel layar yang digunakan adalah Flexible AMOLED Display dengan resolusi FHD+.

Daya tarik lainnya, layar smartphone ini juga memiliki refresh rate tinggi, yakni 120Hz dan sudah mendukung HDR10+. Sementara untuk menjaga kekuatan layarnya, OPPO melindungi sektor tampilan dengan Corning® Gorilla® Victus 2.

Lalu, bagaimana dengan dukungan pada sektor kamera? Di bagian depan, OPPO menyelipkan selfie camera 50MP. Sementara, di bagian belakang berjejer secara vertikal kamera utama 50MP dengan sensor LYT-600, kamera telefoto 50MP dan ultra-wide 8MP.

Dukungan kamera depan dan kamera utama 50MP ini mampu menciptakan rekaman video hingga resolusi 4K @30fps. OPPO juga melengkapi dukungan kameranya ini dengan beragam kemampuan, mulai dari Telephoto Portrait hingga AI Portrait Retouching.

Sementara itu, masuk ke dalam bodinya, pengguna Reno12 Pro 5G akan dimanjakan oleh kecepatan dari chipset yang disematkan. Ya, smartphone ini telah dibekali chipset MediaTek Dimensity 7300-Energy Platform (4nm Process).

Sementara, pada bagian memori, OPPO menancapkan RAM 12GB LPDDR4X serta dukungan RAM Expansion hingga 12GB. Selain itu, smartphone ini juga sudah dibekali dengan penyimpanan internal dengan kapasitas 256GB menggunakan teknologi UFS 3.1.

Nah, untuk catu daya, OPPO Reno12 Pro dibekali baterai dengan kapasitas 5.000 mAh dengan Battery Health Engine. Selain itu, OPPO juga melengkapinya dengan fitur fast charging 80W SUPERVOOC dan dukungan 4 tahun Durable Battery.

Fitur lainnya yang membuat smartphone ini menarik untuk kamu miliki adalah dukungan NFC 360 derajat, BeaconLink, AI Linkboost, AI Clear Voice, AI Smart Image Matting 2.0, Holo Audio, 300% Ultra Volume Mode, IP65 Rating dan Splash Touch.

Berjalan dengan ColorOS 14 berbasis Android 14, OPPO juga melengkapi smartphone ini dengan dukungan Generative AI, seperti AI Best Face, AI Clear Face, AI Eraser 2.0, AI Studio, AI Recording Summary, AI Toolbox (AI Writer, AI Speak, AI Summary).

Kamu yang tertarik dengan OPPO Reno12 Pro 5G, smartphone ini akan mendapatkan dua tahun update OS dan 4 tahun security update. OPPO memasarkan smartphone ini dengan harga Rp 8.999.000.

OPPO Reno12 5G

Tidak berbeda jauh dengan model Pro, Reno12 5G juga diramu oleh OPPO sebagai smartphone yang tangguh. Selain dukungan All-Round Armour, OPPO juga mengemas smartphone ini dengan Futuristic Fluid Design.

OPPO Reno12 5G memiliki ketebalan 7,57 mm dan bobot seberat 177 gram. Jika Reno12 Pro 5G tiba dengan dua pilihan warna, model non-Pro ini memiliki tiga pilihan warna, yakni Astro Silver (Perak), Matte Brown (Coklat), Sunset Pink.

Untuk sektor tampilan, OPPO mengemas Reno12 5G dengan layar 3D Curved Screen berukuran 6,7 inci. Panel layar yang digunakan masih sama, yakni AMOLED dengan resolusi FHD+ dan memiliki refresh rate 120Hz. Hanya saja, layarnya ini dilindungi oleh Corning® Gorilla® Glass 7i.

Bergeser ke sektor kamera, Reno12 5G dijejali kamera depan 32MP dengan sensor GC32E. Sementara, di bagian belakang berjejer tiga buah lensa dengan komposisi kamera utama 50MP LYT-600, ultra-wide 8MP dengan sensor IMX355 dan kamera makro 2MP.

Kamera depan dan kamera belakangnya juga memiliki kemampuan perekaman video hingga 4K @30fp. Dukungan lainnya pada sektor kamera yang ditancapkan oleh OPPO ke dalam smartphone ini adalah Pro Portrait Mode hingga AI Portrait Retouching.

OPPO Reno12 memiliki chipset yang sama seperti yang ada pada model Pro, yakni MediaTek Dimensity 7300-Energy Platform (4nm Process). Untuk sektor memori, smartphone ini dijejali RAM 12GB dengan pilihan penyimpanan internal 256 GB atau 512 GB.

OPPO juga memperkaya Reno12 5G dengan dukungan RAM Expansion hingga 12GB serta kapasitas baterai yang sama, yakni 5.000 mAh dengan Battery Healt Engine dan fitur Flash Charge 80W SUPERVOOC dengan 4 tahun Durable Battery.

Selain NFC 360 derajat, smartphone ini juga diperkaya dengan beragam fitur AI seperti yang ada pada Reno12 Pro 5G. OPPO juga melengkapinya dengan BeaconLink, AI Linkboost, AI Clear Voice, AI Smart Image Matting 2.0, Holo Audio, 300% Ultra Volume Mode, IP65 Rating, dan Splash Touch.

Berjalan dengan ColorOS 14 berbasis Android 14, OPPO juga berjanji untuk memberikan update OS hingga 2 tahun dan patch keamanan hingga 4 tahun. Reno12 5G 12GB/256GB ditawarkan dengan harga Rp 6.999.000 dan opsi 12GB/512GB dibanderol seharga Rp 7.999.000.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.