NativZen
Advertising Area

Indosat Jatuh Hati dengan Teknologi Copilot dari Microsoft

Akselerasi transformasi menjadi TechCo membuat Indosat kepincut mengaplikasikan teknologi AI yang dikembangkan oleh Microsoft.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Indosat kembali menegaskan komitmennya untuk bertransformasi dari Telco menjadi AI Native TechCo. Hal ini diperlihatkan oleh Indosat dengan memaksimalkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) di seluruh operasional perusahaan.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah melakukan kemitraan strategis Microsoft. Ya, Indosat menggunakan Copilot for Microsoft 365, asisten kecerdasan buatan terintegrasi, untuk meningkatkan produktivitas dan menghubungkan masyarakat di seluruh kepulauan Indonesia.

Seperti dijelaskan oleh Sanjeev Rawat, Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison bahwa Indosat tidak hanya mengintegrasikan kecerdasan buatan alias AI ke dalam strategi yang dijalankan, tetapi juga turut membudayakan inovasi ke masyarakat secara luas.

“Kami memiliki tujuan untuk memberdayakan setiap individu Indonesia melalui solusi yang diperkaya oleh kecerdasan buatan. Ini untuk memastikan bahwa teknologi dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ujar Sanjeev.

Pendekatan Indosat sejalan dengan Microsoft’s Work Trend Index 2024 yang menunjukkan perubahan dinamika kerja di Indonesia dengan penggunaan AI. Studi ini mencatat bahwa 92% profesional di Indonesia memanfaatkan AI generatif di tempat kerja.

Selain itu, sebesar 92%, pemimpin perusahaan menganggap AI penting untuk meningkatkan daya saing. Tingginya adopsi ini menunjukkan pentingnya pemanfaatan teknologi AI di berbagai lapisan tenaga kerja.

“Implikasinya, pemimpin perusahaan yang memahami nilai AI dapat memotivasi karyawan dan mengubahnya menjadi manfaat bisnis yang nyata. Oleh karena itu, Copilot for Microsoft 365 sangat tepat untuk menjadi mitra bagi Indosat,” tambah Sanjeev.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Sanjeev bahwa Copilot for Microsoft 365 membuat Indosat seolah-olah memiliki asisten cerdas yang memahami berbagai kebutuhan. Tools ini juga bisa menyederhanakan berbagai tugas.

“Tak hanya meningkatkan produktivitas saja, tetapi juga memungkinkan kami fokus pada inisiatif strategis dan pelayanan pelanggan. Dengan pengelolaan sumber daya yang efisien, Indosat dapat meningkatkan kualitas layanan untuk lebih dari 100 juta basis pelanggannya,” ujar Sanjeev.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia. Ia mengatakan bahwa Microsoft merasa terhormat dapat mendukung Indosat dalam perjalanan transformasi AI mereka, dari perusahaan Telco menjadi TechCo.

“Integrasi Microsoft Copilot ke dalam pekerjaan sehari-hari tidak hanya meningkatkan produktivitas di internal perusahaan, tetapi juga dapat menciptakan dampak yang luas di luar Indosat,” ujar Dharma.

Copilot for Microsoft 360 akan menyederhanakan berbagai pekerjaan seperti mengatur jadwal pertemuan, merangkum notulen rapat, menyiapkan e-mail, dan banyak lagi. Penggunaannya di Indosat kini meluas dari Divisi Digital ke Divisi lain.

Tak hanya menyasar Divisi SDM, Copilot for Microsoft 365 juga akan diimplemantasikan pada Divisi Business-to-Business (B2B), dan Jaringan. Diharapkan, transformasi dari Telco ke AI Native TechCo ini bisa membawa Indosat lebih sempurna untuk melayani para pelanggannya.

Dalam transformasi dari ini, Indosat didukung oleh Microsoft dalam memanfaatkan Copilot. Hal ini bertujuan tak hanya untuk meningkatkan dampak bisnis, tetapi juga kontribusi strategis terhadap konektivitas digital di Tanah Air.

“Melalui peningkatan efektivitas dan inovasi, Indosat mendorong konektivitas digital di seluruh Indonesia. Ini adalah bukti kekuatan teknologi untuk mendorong dampak sosial, dan Microsoft sangat bersemangat menjadi bagian dari perjalanan bersejarah ini,” pungkas Dharma.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.