NativZen
Advertising Area

Dua Fitur DCloud ini Mampu Mencegah Hilangnya Data Akibat Serangan Siber

DBackup dan DReplicate, dua fitur yang dimiliki oleh layanan DCloud untuk mencegah hilangnya data akibat serangan siber.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Di era digital saat ini, ancaman siber semakin meningkat dan dapat menyebabkan kerugian yang signifikan dalam bisnis. Untuk itu dibutuhkan layanan komputasi awan (cloud) yang andal demi mengamankan data perusahaan.

Sebagai penyedia layanan teknologi informasi terkemuka di Indonesia, Datacomm menghadirkan DCloud, solusi cloud publik untuk semua. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, Datacomm melalui DCloud siap memberikan layanan yang profesional, berpengalaman, tersertifikasi, dan lokal.

DCloud merupakan layanan cloud dari PT Datacomm Diangraha yang telah tersertifikasi dengan standar yang ditetapkan oleh beberapa lembaga sertifikasi internasional. Datacomm meluncurkan DCloud pada tahun 2022.

DCloud hadir untuk memenuhi berbagai kebutuhan perusahaan dan organisasi dalam pengelolaan IT dan layanan cloud managed service di dalam negeri guna meraih keberhasilan melalui transformasi digital nasional yang lebih efisien dan efektif.

Dengan data center lokal Rated-3 yang berlokasi di Indonesia, DCloud menjamin kedaulatan data bagi bisnis lokal dengan kepatuhan sesuai peraturan di Indonesia. Selain itu, DCloud juga telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh beberapa lembaga sertifikasi internasional.

Selain TIA-942 Rated 3 dan DCOS-4, DCloud juga telah memenuhi standar lembaga sertifikasi PCI DSS hingga ISO 27001, 20000-1 dan 9001. DCloud juga berkomitmen memberdayakan perusahaan di berbagai sektor maupun pemerintahan dengan solusi cloud lokal yang andal dan aman.

Daya tarik lainnya yang ditawarkan oleh DCloud adalah dukungan platform cloud berbasis Openstack dan VMware, yang memberikan dukungan komprehensif dan efisien untuk membantu adopsi dan penggunaan cloud di Indonesia sesuai kebutuhan.

Dengan platform tersebut, DCloud menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas tinggi, memungkinkan optimasi sumber daya dan manajemen beban kerja yang efektif serta optimal, memiliki fitur keamanan canggih, serta integrasi yang mudah dengan berbagai sistem.

Dengan meningkatnya kebutuhan akan solusi teknologi yang fleksibel dan mudah diskalakan, DCloud juga menawarkan berbagai layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis pelanggan.

Layanan DCloud meliputi komputasi, penyimpanan, database, pencadangan hingga layanan profesional untuk memudahkan perjalanan cloud yang diinginkan pelanggan. DCloud juga memiliki dukungan 100% tenaga ahli lokal yang proaktif 24/7.

Tim ahli DCloud siap membantu pelanggan dalam setiap tahap adopsi dan penggunaan layanan cloud, mulai dari migrasi, pengaturan, hingga optimalisasi. Karena itu, DCloud juga mampu memberikan solusi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis di Tanah Air.

Pentingnya Backup dan Recovery di Era Ancaman Siber

Data perusahaan merupakan aset yang sangat vital. Ketika terjadi serangan siber seperti ransomware, perusahaan bisa kehilangan data-data pentingnya dan perlu melakukan proses pemulihan data secara cepat.

Contoh kasus yang masih baru adalah serangan ransomware terhadap Perusahaan Data Nasional (PDN), yang mengakibatkan kesulitan signifikan dalam melakukan recovery data. Proses pemulihan data bisa memakan waktu lama, atau bahkan tidak bisa dipulihkan sama sekali.

Salah satu langkah preventif yang krusial untuk melindungi data bisnis adalah dengan melakukan backup dan recovery secara teratur. Untuk memfasilitasi hal itu, DCloud menawarkan dua produk utama yaitu DBackup dan DReplicate.

“Banyak korban ransomware yang membutuhkan waktu lama untuk memulihkan data, bahkan beberapa kasus, data mereka tidak bisa dipulihkan sama sekali,” ujar Benny Sumitro, Director Cloud Services PT Datacomm Diangraha.

Ditambahkan oleh Benny bahwa untuk mencegah ransomware, selain menggunakan layanan Cloud MSSP Datacomm (DTrust), Dcloud juga dapat melakukan recovery dengan cepat menggunakan DBackup dan DReplicate.

Berikut adalah fokus layanan dari DBackup dan DReplicate:

  • DBackup, Solusi Backup Data yang Komprehensif dan Terjangkau

Produk ini sangat membantu dalam mengelola file berskala besar, sehingga cocok untuk bisnis yang memerlukan penyimpanan data terintegrasi dan efisien. Melalui DBackup, data-data perusahaan akan selalu aman dengan enkripsi yang kuat di lokasi penyimpanan pusat data yang berbeda.

Keuntungan lainnya, perusahaan yang menggunakan layanan DBackup juga tetap memiliki kontrol terhadap akses data sepenuhnya, sehingga hanya orang yang berwenang yang dapat melihat data cadangan tersebut.

  • DReplicate, solusi Disaster Recovery untuk Keberlanjutan Bisnis

Melalui DReplicate, perusahaan yang menggunakan layanan ini dapat melakukan pencadangan dan/atau replikasi data dari satu pusat data ke pusat data lain, sehingga ketika terjadi bencana
operasional bisnis perusahaan dapat pulih secepatnya.

Sistem replikasi ini dapat disesuaikan hanya menyalin perubahan terbaru, yang tentunya akan menguntungkan perusahaan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Selain itu, dengan kemampuan failover yang mudah akan meminimalkan downtime yang merugikan.

Keuntungan lainnya yang ditawarkan dari layanan ini adalah DReplicate juga memiliki fitur ransomware protection yang dapat menginformasikan kepada pengguna checkpoint yang bebas dari ransomware untuk dapat dipulihkan.

Dengan DBackup dan DReplicate, layanan DCloud menawarkan solusi cloud canggih yang memberikan perlindungan optimal terhadap ancaman serangan siber, memastikan data pelanggan tetap aman, dan dapat dipulihkan dengan cepat jika terjadi serangan.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.