NativZen
Advertising Area

AI Experience Center Racikan Indosat Hadir di Solo

Turut mendorong pertumbuhan teknologi nasional, Indosat meresmikan AI Experience Center Pertama di Indonesia, yang berlokasi di Solo.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Indosat melanjutkan komitmennya dalam mewujudkan tujuan besar memberdayakan Indonesia dengan meluncurkan AI Experience Center pertama di Indonesia yang bertempat di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah.

Fasilitas dengan teknologi termutakhir ini didukung oleh konektivitas 5G, menjadi bentuk nyata komitmen Indosat dalam membentuk masa depan Indonesia sebagai negara berdaya AI, serta memposisikan Indonesia sebagai pemain kunci di komunitas AI global.

Peresmian AI Experience Center ini dihadiri oleh Wijaya Kusumawardhana, Staf Ahli Menkominfo RI Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya yang mewakili Kementerian Kominfo RI; Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison; dan Walikota Surakarta, Teguh Prakosa.

Momentum peresmian AI Experience Center ini sekaligus menandai kemajuan Indonesia dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 melalui pemanfaatan teknologi canggih, dengan konektivitas 5G sebagai tulang punggung transformasi ini.

“Kami mengucapkan selamat bagi Indosat sebagai pionir dalam menghadirkan AI Experience Center pertama di Indonesia. Inisiatif ini merupakan momentum penting bagi evolusi industri telekomunikasi,” ucap Wijaya.

Sementara itu, Vikram menegaskan bahwa AI Experience Center ini menjadi penanda penting dalam perjalanan Indosat memberdayakan Indonesia melalui AI. Hal ini mempertegas komitmen Indosat dalam mentransformasi lanskap digital dan telekomunikasi Indonesia.

“Kami mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Indonesia dan mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dalam mendorong Indonesia ke panggung global. Ini barulah permulaan dari berbagai perkembangan menarik lain dalam membuka peluang tanpa batas,” ujar Vikram.

Hal senada juga diucapkan oleh Teguh. Ia mengatakan bahwa Solo merasa terhormat dipilih oleh Indosat sebagai tempat AI Experience Center pertama di Indonesia. Fasilitas ini tidak hanya akan meningkatkan keunggulan Solo Technopark tapi juga memicu banyak efek positif.

“Tentunya kehadiran AI Experience Center pertama di Indonesia ini yang berada di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah akan berdampak ganda bagi ekonomi lokal dan digitalisasi, membawa manfaat bagi edukasi, pariwisata, dan penciptaan lapangan pekerjaan,” jelas Teguh.

Bermitra dengan Huawei, Indosat AI Experience Center memamerkan teknologi AI terkini yang dapat diaplikasikan di berbagai sektor, termasuk smart city management yang mengoptimalkan jaringan 5G Indosat, seni, industri makanan, serta industri kreatif.

Tak hanya menunjukkan inovasi terkini dari AI, experience center ini juga berfungsi sebagai pusat pelatihan yang menawarkan program bagi pelajar, aparatur sipil negara, hingga masyarakat luas untuk mempelajari manfaat AI guna meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru.

Fasilitas ini akan menjadi awal bagi AI Center of Excellence yang direncanakan didirikan oleh Indosat dalam waktu dekat. Komitmen Indosat dalam memajukan teknologi termutakhir di Solo diawali pada tahun 2021 melalui peluncuran layanan 5G.

Ini diikuti penetapan Solo Safari sebagai kebun binatang 5G pertama di Indonesia. Berlandaskan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia, AI Experience Center ini akan menjadi katalis bagi inovasi, dan memperkuat pengembangan sumber daya manusia siap AI.

“Dengan hadirnya fasilitas ini, Indosat tidak hanya berinvestasi pada teknologi, namun juga bagi masa depan bangsa, memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk membuka peluang tanpa batas yang didukung oleh AI dan 5G,” pungkas Vikram.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.