NativZen
Advertising Area

Sony Boyong Resmi Kamera ZV-E10 II ke Indonesia

Kamera APS-C terbaru dari Sony di seri ZV mampu menghadirkan fitur dan pembaruan yang sangat diminati oleh banyak pengguna.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Sony telah meluncurkan ZV-E10 II, generasi kedua dari kamera ZV-E10. ZV-E10 generasi pertama adalah kamera APS-C utama dalam seri kamera vlogging Sony ZV, yang dirancang untuk menyediakan alat yang mudah, ringkas, dan serbaguna bagi kreator di tingkat apapun.

ZV-E10 II generasi terbaru mempertahankan semua fitur dari generasi pertama yang disukai para kreator, seperti Creative Look, pengaturan Product Showcase, fungsi Background Defocus, dan layar flip vari-angle yang kemudian dikembangkan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan.

Perangkat keras internal ZV-E10 II telah ditingkatkan dari pendahulunya dengan peningkatan sensor Exmor R™ CMOS 26MP (estimasi efektif) dan penerapan mesin pemrosesan gambar BIONZ XR™ terbaru dari Sony.

Beberapa pembaruan tambahan pada model ini mencakup peningkatan kemampuan auto fokus dan pengambilan video: Pengaturan Cinematic Vlog, UI dengan format vertikal yang baru, baterai berkapasitas besar yang ditingkatkan dan kemudahan live streaming serta transfer data.

Selain itu, juga turut diumumkan oleh Sony adalah E PZ 16-50mm F3.5-5.6 OSS II (SELP16502). Ini merupakan lensa power zoom APS-C ringkas yang akan tersedia sebagai bagian dari lens kit ZV-E10 II.

Ciptakan Estetika Foto dan Video Kamu Sendiri

Kamera Sony ZV-E10 II telah dilengkapi dengan dua fungsi utama yang dirancang untuk menghasilkan konten yang tampak premium langsung dari kamera. Kedua fungsi utama tersebut adalah Creative Look dan Cinematic Vlog Setting.

Saat merekam video dan foto, pengguna dapat langsung menyempurnakan gambarnya dengan memilih dari sepuluh opsi Creative Look: Standard (ST), Portrait (PT), Neutral (NT), Vivid (VV), Vivid 2 (VV2), Film (FL), Instant (IN), Soft Highkey (SH), Black & White (BW), dan Sepia (SE).

Masing-masing tampilan ini dapat disesuaikan lebih lanjut dan dapat diedit melalui delapan parameter berbeda. Oleh karena itu, hal tersebut memungkinkan kreator untuk menyempurnakan konten mereka.

Setelah disesuaikan, kreator dapat menyimpan enam pengaturan personal langsung di kamera agar mudah untuk digunakan kembali. ZV-E10 II juga memungkinkan kreator memproduksi konten video sinematik premium dengan satu sentuhan menggunakan Cinematic Vlog Setting.

Fitur ini secara otomatis menyesuaikan rasio aspek, frame rate dan kecepatan transisi AF ke pengaturan optimal untuk pengambilan video sinematik. Selain itu, kreator dapat menyempurnakan klip rekaman mereka dengan memilih dari lima “Tampilan”.

Salah satunya adalah S-Cinetone™ yang menyempurnakan tampilan warna kulit, dan menerapkan salah satu dari empat “Moods”, yang mengedepankan warna tertentu, menawarkan pilihan luas untuk memaksimalkan ekspresi kreatif.

Spesifikasi Utama Kamera

  • 759-point Focal Plane Phase-detection AF dengan Real-time Eye AF untuk Manusia/Hewan/Burung dan Pelacakan Real-time;
  • Sensor Backside illuminated Exmor R CMOS menawarkan kombinasi ideal antara sensitivitas tinggi dan noise rendah dengan rentang ISO dari 100 hingga 32000;
  • Kamera APS-C dengan lensa yang dapat ditukar, kompatibel dengan lebih dari 70 lensa Sony E-mount;
  • High-speed readout, 5.6K oversampling memampatkan informasi dalam jumlah yang sangat besar untuk menjadi rekaman 4K hingga 60p yang menakjubkan;
  • Stabilisasi gambar elektronik Active Mode menggunakan giroskop presisi dan algoritma canggih untuk mengukur dan mengkompensasi guncangan kamera secara akurat, memberikan stabilisasi yang sangat efektif tanpa mengorbankan mobilitas, bahkan saat memotret 4K;
  • Baterai Z berkapasitas besar yang telah ditingkatkan (NP-FZ100), memungkinkan perekaman video terus menerus hingga 195 menit per pengisian daya.

Fitur Tambahan untuk Memudahkan Pembuatan Konten

  • Vertical User Interface (UI) yang baru dapat berputar otomatis dari orientasi horizontal ke vertikal untuk menyederhanakan proses pembuatan konten vertikal. Ketika dipasangkan dengan monitor LCD vari-angle, pengguna dapat membuat dan melihat konten mereka dari sudut mana pun;
  • Dengan perekaman 4K 60p hingga 120p dalam kualitas XAVC-S Full HD yang jernih, pengguna dapat merekam rangkaian gerakan yang menakjubkan menggunakan mode S&Q pada 5x slow motion (24p playback);
  • Pengaturan Product Showcase yang memberikan kemudahan pengambilan video ulasan produk dengan transisi fokus yang mulus dari wajah Anda ke benda yang sedang disorot;
  • Background Defocus Function untuk mengatur kedalaman bidang dan menciptakan bokeh di latar belakang hanya dengan menekan satu tombol;
  • Face Priority Auto-Exposure secara langsung mendeteksi wajah dan menyesuaikan eksposur untuk mengoptimalkan kecerahan wajah, bahkan saat merekam secara aktif dalam skenario pencahayaan yang berubah-ubah;
  • Soft Skin Effect menghaluskan penampilan dan mengurangi noda pada kulit subjek;
  • Konektivitas praktis dengan port USB 3.2 Type-C® (SuperSpeed ​​USB 5 Gbps) juga memungkinkan transfer kabel berkecepatan tinggi ke smartphone atau PC yang kompatibel melalui aplikasi Creators App untuk kemudahan pascaproduksi dan mengunggah di media sosial;
  • Time-lapse dapat dibuat dari dalam kamera dan interval eksposur dapat diatur dari 1 detik hingga 60 detik;
  • Mikrofon 3 kapsul terintegrasi yang canggih dengan arah yang dapat dipilih (sebelumnya sudah diperkenalkan pada ZV-E1) untuk menangkap audio yang jernih dan berkualitas tinggi. Pengguna dapat memilih “Otomatis” atau memilih dari “Depan”, “Belakang”, atau “Semua Arah” untuk mengatur arah perekaman audio yang disesuaikan pada lingkungan sekitar dan pengaturan skenario perekaman;
  • Windscreen disediakan beserta dengan kamera untuk mengurangi kebisingan suara pada saat merekam dalam kondisi berangin;
  • Multi-Interface (MI Shoe) memungkinkan koneksi sederhana ke mikrofon eksternal untuk opsi audio tambahan, jika diperlukan;
  • Livestream melalui dukungan konektivitas Wi-Fi 5 GHz;
  • Screen Reader function milik Sony, yang membacakan menu dan layar pemutaran video untuk membantu pengoperasian, dan fungsi menu Perbesar Tampilan disertakan untuk memberikan solusi aksesibilitas.

Dirancang dengan Prinsip Ramah Lingkungan

Bodi kamera ZV-E10 II terbuat dari bahan daur ulang, termasuk SORPLAS™, mengurangi dampak lingkungan tanpa mengorbankan fungsionalitas. Kemasan individualnya terbuat dari kertas daur ulang unik Sony, “Original Blended Material”.

Ini menggunakan bahan-bahan seperti bambu, serat tebu, dan kertas daur ulang yang dikumpulkan dari pasaran. Selama 11 tahun terakhir, Sony telah mengganti sekitar 395 ton plastik murni menjadi plastik daur ulang di kamera digital dan kamera video digital.

Fitur Utama E PZ 16-50mm F3.5-5.6 OSS II yang Serbaguna

E PZ 16-50mm F3.5-5.6 OSS II adalah lensa E-mount ke-75 dari Sony dan solusi lens kit yang ideal untuk ZV-E10 II terbaru karena ukurannya yang ringkas dan jangkauannya yang serbaguna (panjang fokus setara full-frame 35 mm : 24-75 mm). 

Kinerja resolusi tinggi dicapai oleh empat elemen asferis dan satu elemen ED (Extra low Dispersion) dalam desain optik yang efektif. Lensa ini juga memiliki jarak pemfokusan minimum 9,8 inci (0,25 m) (wide)/11,8 inci (0,30 m) (tele) dan pembesaran maksimum 0,215x.

Karena itu, E PZ 16-50mm F3.5-5.6 OSS II ini memiliki kemampuan menawarkan kinerja close-up serbaguna untuk menangkap detil dan dapat ditarik kembali 1,25 inci (31,3 mm) saat daya kamera dimatikan.

Karena ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan, yakni sekitar 3,8 oz. (107 gram), lensa terbaru dari Sony ini merupakan lensa portabel yang dapat mendukung pengguna dalam pengambilan gambar sehari-hari.

Sementara itu, Power Zoom yang halus dan memiliki kemampuan tinggi sangat ideal untuk perekaman video, dan AF tersedia bahkan saat melakukan zoom. Stabilisasi optik internal berfungsi dengan stabilisasi dalam bodi, termasuk Active Mode.

Ini bertujuan untuk meminimalisir keburaman dalam film. E PZ 16-50mm F3.5-5.6 OSS II juga mendukung in-body breathing compensation untuk meminimalisir pergeseran sudut pandang sekaligus memfokuskan untuk rekaman yang halus dan stabil.

Harga dan Ketersediaan

ZV-E10 II tersedia untuk pre-order di Indonesia mulai 14 Agustus – 6 September 2024. Promosi yang ditawarkan adalah:

Hadiah Pre-Order Spesial senilai hingga Rp 2.200.000

  • Gratis 1 buah baterai tambahan NP-FZ100
  • Gratis 1 buah kartu memori 64GB
  • Gratis 1 buah Sony Travel Camera Bag

Promosi Beli dengan Pembelian (PWP) untuk lensa Sony

  • Cashback Rp 1.499.000 untuk SEL15F14G
  • Cashback Rp 1.499.000 untuk SELP1020G
  • Cashback Rp 599.000 untuk SEL11F18

Hanya berlaku untuk pembelian bersamaan dengan ZV-E10 II

Sony ZV-E10 II akan tersedia di gerai-gerai pada bulan September 2024, dengan harga jual:

  • ZV-E10 II (body only) Rp 16.999.000
  • ZV-E10 II Kit (dengan lensa SELP16502) Rp 18.999.000
  • Tersedia dalam warna Hitam dan Putih
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.