NativZen
Advertising Area

Review TECNO POVA 6: Futuristik dengan Baterai Jumbo

TECNO POVA 6 hadir di pasar Indonesia sebagai smartphone gaming harga terjangkau, desain futuristik, dan baterai berkapasitas jumbo.

Advertising Area

NATIVZEN.com – TECNO yang berada di bawah bendera Transsion Holdings tak pernah berhenti untuk membuat kejutan di pasar Indonesia. Hal ini terus dibuktikan oleh TECNO dengan menghadirkan smartphone yang membawa sejumlah fitur unggulan.

Salah satu smartphone terbaru yang dirilis oleh TECNO adalah TECNO POVA 6, yang diluncurkan pada pertengahan bulan Juni lalu. Ini adalah smartphone Rp 2 jutaan yang menawarkan performa gaming dengan baterai jumbo serta desain futuristik #AlwaysMenyala.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan TECNO POVA 6, nativzen.com diberi kesempatan oleh TECNO untuk mereview smartphone tersebut. Tak hanya melulu dipakai bermain game, smartphone ini juga dipakai selama dua pekan untuk menjalankan berbagai aktivitas lainnya.

Unboxing TECNO POVA 6

Di pasar Indonesia, TECNO memasarkan TECNO POVA 6 dengan boks yang dikemas dalam sentuhan gaming. Ini juga dipertegas oleh TECNO yang menggandeng salah satu game ternama, yakni Free Fire bikinan Garena dan memuat salah satu karakter yang ada pada game tersebut.

Ya, kolaborasi TECNO dengan Free Fire ini bisa kita lihat pada bagian muka dari boks penjualan TECNO POVA 6. Selain itu, yang juga tampak menonjol adalah keberadaan karakter wanita, yakni Kassie yang bisa dimainkan oleh para gamer dalam game Free Fire.

Pada boks penjualan tersebut TECNO juga memuat beberapa key point dari POVA 6, mulai dari kapasitas baterai yang dimiliki hingga panel layar yang digunakan. Tak ketinggalan, TECNO juga memamerkan desain belakang yang dimiliki oleh smartphone tersebut.

Sekarang, kita buka boksnya! Kamu akan langsung menemukan unit POVA 6 yang terbungkus plastik bertuliskan keunggulan yang ditawarkan. Dibawahnya, kamu akan menemukan soft-case transparan, lembar petunjuk penggunaan dan kartu garansi, serta sticker dan Gift Code Free Fire.

Sementara itu, aksesoris lainnya yang bisa kamu temukan pada boks penjualan TECNO POVA 6 adalah SIM Ejector, kabel USB Type-C yang berguna untuk pengisian daya dan juga transfer data dan kepala charger bertuliskan 70W.

Masih Tawarkan Desain Futuristik

Seri POVA yang ditawarkan oleh TECNO membawa tampilan desain futuristik. Ya, menjadi ciri khasnya, POVA memang melekat erat sebagai smartphone gaming terjangkau yang ditawarkan oleh TECNO untuk para penggemar mobile game.

Nah, TECNO pun memberi peningkatan dan ada sejumlah elemen baru yang disematkan pada bodi belakang TECNO POVA 6. Tak hanya membuatnya lebih menarik, tetapi kesan futuristiknya juga semakin menonjol, sehingga terlihat lebih modern.

Sebelum lebih jauh mengulas desainnya, POVA 6 hadir dengan tiga pilihan warna, Comet Green, Meteorite Grey, dan Interstellar Blue. Warna pertama yang disebutkan adalah perangkat POVA 6 yang ada di tangan nativzen.com.

Ya, TECNO POVA 6 hadir dengan Dynamic Tech Design. Bagian belakang smartphone ini bergaya flat atau datar, begitu juga dengan bingkainya. Sementara itu, datang sebagai smartphone gaming dengan harga terjangkau, material yang digunakan adalah plastik polikarbonat.

Yang membuat smartphone ini menarik dan berhasil mencuri perhatian nativzen.com adalah sebuah lampu LED berwarna putih yang ada pada penampang bagian belakang POVA 6. TECNO menamakannya Dynamic Light Effect, yang menambah kesan futuristik di smartphone ini.

Pengguna POVA 6 pun bisa mengatur untuk menyalakan lampu LED tersebut ketika ada notifikasi, saat melakukan pengisian daya, atau dibiarkan terus menyala dengan memilih Party Mode pada bagian pengaturan, agar #AlwaysMenyala.

Untuk dimensinya, POVA 6 seperti kebanyakan smartphone pada umumnya. Panjangnya berukuran 166,2 mm dan lebarnya berukuran 76,8 mm. Sementara itu, ketebalannya adalah 7,88 mm dan bobot keseluruhannya seberat 195 gram.

Memiliki dimensi seperti yang disebutkan di atas, smartphone ini masih terbilang nyaman saat digenggam, dan ketika digunakan untuk memainkan game secara marathon, POVA 6 juga tidak membuat tangan cepat pegal karena bobotnya yang terbilang ringan.

Bergeser ke sisi bagian samping, TECNO POVA 6 memiliki tombol daya yang berdampingan dengan tombol volume, ditempatkan pada sisi sebelah kanan. Sementara, pada sisi yang berlawanan, TECNO menempatkan slot untuk menampung SIM Card dan kartu microSD.

Sisi datar bagian atas dijejali lubang speaker dan mikrofon, serta IR Blaster yang berfungsi sebagai remote control untuk pengoperasian perangkat elektronik yang kompatibel. Di bagian bawah, ada port jack audio 3.5mm, lubang mikrofon, port USB Type-C, dan lubang speaker.

Lalu, bagaimana dengan panel layarnya? Datang sebagai smartphone gaming yang dibanderol seharga Rp 2 jutaan, panel layar yang digunakan terbilang mengejutkan, yakni AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan memiliki ukuran 6,78 inci.

Terbilang mengejutkan karena POVA seri sebelumnya, yakni POVA 5 hanya dibekali layar dengan IPS LCD. POVA 6 juga memiliki peningkatan pada resolusi layar yang ditawarkan, yakni kini menjadi 2436 x 1080 px atau FHD+.

Daya tarik lainnya, layar smartphone ini juga dikemas dengan bezel yang terbilang tipis di sisi-sisinya. Hal ini menjadikan POVA 6 semakin memiliki dukungan layar yang imesif ketika dipakai untuk bermain game atau menikmati hiburan lainnya.

Ketebalan bezel sisi bawah hanya 2,1 mm dan ketiga sisi lainnya memiliki ketebalan hanya 1,3mm. Semakin menarik, karena TECNO sekarang menyisipkan dukungan pemindai sidik jari di layar. Ya, hal ini tentunya tak lepas berkat penggunaan panel AMOLED.

Tak perlu risau ketika membawa POVA 6 bekerja di luar ruangan. Layarnya memiliki tingkat kecerahan maksimum hingga 1300nits, yang membuat konten masih terlihat cukup jelas di bawah sinar matahari langsung.

TECNO juga menjanjikan dukungan yang mulus hingga 90fps ketika smartphone ini digunakan untuk bermain game Free Fire atau Mobile Legends: Bang Bang. Sementara, touch sampling rate instan pada POVA 6 mencapai hingga 1500Hz, memberikan responsivitas tinggi saat bermain.

Dipasok Chipset MediaTek Helio G99 Ultimate

Bisa dikatakan, TECNO adalah salah satu pabrikan smartphone yang getol menggunakan chipset buatan MediaTek. Kali ini, TECNO begitu percaya diri untuk menancapkan MediaTek Helio G99 Ultimate ke dalam bodi POVA 6.

Helio G99 yang kali ini membawa embel-embel Ultimate adalah chipset yang cukup legendaris. Ya, selain TECNO, brand smartphone lainnya yang berada di bawah Transsion Holdings, seperti Infinix dan itel juga getol memakai chipset yang sama.

Dibangun dengan fabrikasi 6nm, Helio G99 Ultimate yang tiba dengan arsitektur Octa-core memiliki konfigurasi dua core Cortex-A76 dengan clock speed 2,2 GHz + enam core Cortex-A55 dengan clock speed 2,0, dan terintegrasi dengan GPU Mali-G57 MC2.

Sementara, terkait dengan sektor memori, POVA 6 yang ada ditangan nativzen.com telah dibekali RAM 8GB yang bisa diperluas menggunakan Virtual RAM hingga 8GB. Dengan kata lain, kamu bisa merasakan POVA 6 dengan RAM hingga 16GB.

Mau RAM yang lebih besar? TECNO juga memasarkan POVA 6 dengan RAM 12GB. Ditambah dengan dukungan Virtual RAM hingga 8GB, kamu pun bisa merasakan smartphone ini berjalan dengan RAM hingga 20GB.

Bagaimana dengan kapasitas penyimpanannya? Ini juga menarik! Pasalnya, TECNO POVA 6, baik yang didukung RAM 8GB atau 12GB, memiliki kapasitas penyimpanan internal yang terbilang besar di kelasnya, yakni 256GB. Itupun masih bisa diperluas menggunakan kartu microSD.

TECNO POVA 6 tiba di pasar smartphone Tanah Air dengan baterai jumbo. Ya, TECNO membenamkan baterai berkapasitas 6.000 mAh sebagai catu dayanya. Ini jadi daya tarik tersendiri, terutama bagi gamer yang ingin terus bermain tanpa harus sering mengisi daya.

Menariknya lagi, dalam paket penjualannya, TECNO juga menyertakan kepala charger 70W. Dengan begitu, baterai TECNO POVA 6 bisa terisi sangat cepat meski kapasitasnya jumbo. Sesuai klaim, dari 0 hingga 100% hanya butuh waktu 50 menit.

TECNO juga menyelipkan fitur pengisian daya dalam berbagai mode pilihan. Ada Hyper Mode yang bisa memberikan kecepatan pengisian maksimal. Pilihan lainnya adalah Smart Mode (default) dan Low-Temp Mode yang mengisi daya lebih lambat agar suhu perangkat tetap terjaga.

nativzen.com juga menggunakan TECNO POVA 6 untuk menemani berbagai aktivitas yang dijalankan, mulai dari cek e-mail, berselancar di internet untuk membaca berita, mengakses media sosial, hingga menikmati hiburan, bermain game misalnya.

Dari sejumlah aktivitas yang dijalani bersama smartphone ini, nativzen.com bisa merasakan bahwa daya tahan baterainya terbilang mumpuni. Misalnya dipakai bermain game Free Fire selama 1 jam, baterai yang terkuras hanya 12%.

Sekadar informasi tambahan untuk kamu yang tertarik dengan TECNO POVA 6, smartphone ini berjalan dengan HiOS berbasiskan Android 14. Untuk urusan konektivitas, tentu saja smartphone ini memiliki dukungan konektivitas nirkabel, seperti WiFi dan Bluetooth, serta dukungan NFC.

Kamera Utama 108MP + Light Sensor

Daya tarik lainnya yang ditawarkan oleh TECNO POVA 6 yang datang sebagai smartphone gaming terjangkau adalah dukungan kamera di bagian belakang. Ya, jika kamu perhatikan, smartphone ini punya dukungan dua buah kamera.

Namun, yang bisa kamu gunakan untuk memotret hanya satu kamera, yakni kamera utama dengan sensor 108MP. Ini pun yang selalu digembor-gemborkan oleh TECNO dalam mempromosikan POVA 6 di pasar smartphone Indonesia.

Lalu, apa fungsi kamera kedua yang ada pada bagian belakang POVA 6 ini? TECNO menyebutkan bahwa kamera sekundernya hanya bersifat sebagai light sensor. Sementara itu, kamera utamanya yang tidak dilengkapi OIS menggunakan Samsung ISOCELL HM6.

Bagi kamu yang tertarik memiliki smartphone ini, TECNO memperkaya mode pemotretan yang begitu bervariasi. Mode pemotretan utama adalah AI Cam, dan kamu bisa menggunakan mode pemotratan lainnya, seperti Potrait, Sky Shop, Panorama, dan Document.

Bagi kamu yang suka “fun”, TECNO juga menyediakan opsi AR Line dan AR Shot. Sementara, bagi kamu yang tidak suka mode pemotretan otomatis, bisa menggunakan Pro agar foto yang dihasilkan bisa seperti yang kamu inginkan.

Meski menggunakan mode AI Cam atau Portrait, foto yang dihasilkan oleh POVA 6 kualitas cukup jernih sekaligus berwarna. Karena itu, foto yang dihasilkan menggunakan dua mode pemotretan tersebut sudah lebih dari cukup untuk kamu pamerkan di media sosial, seperti Instagram.

Sementara itu, bagi kamu yang suka memotret atau hunting foto malam hari, TECNO POVA 6 juga sudah dibekali dengan mode Super Night. Foto malam yang dihasilkan terbilang minim noise dan sedikit lebih cerah dibandingkan memotret malam tanpa mengaktifkan Super Night.

Nah, menariknya lagi, lensa utama 108MP yang ada pada POVA 6 ini juga sudah memiliki fitur 3x in-sensor zoom. Bagaimana dengan hasil fotonya? Foto yang dihasilkan cukup menarik, selama kamu menggunakannya dalam kondisi pencahayaan yang berlimpah.

Selain dukungan kamera utama 108MP di bagian belakang, TECNO juga membekali POVA 6 dengan kamera depan 32MP. Foto selfie atau wide-selfie yang dihasilkan pun terbilang sudah siap untuk kamu pamerkan ke media sosial selama tidak dalam kondisi low-light.

Jika kamu tertarik untuk membuat konten video, TECNO POVA 6 juga menyediakan beragam pilihan mode perekaman. Selain Video, kamu bisa memiliki opsi Dual Video, Slow Motion, dan Time-Lapse.

Rekaman video yang dihasilkan bisa mencapai maksimal dengan resolusi 2K @30fps. Pilihan resolusi lainnya adalah 1080p @60fps, 1080 @30fps, dan 720p @30fps. Tentu saja, kamu juga bisa mengaktifkan fitur Ultra Steady agar video yang dihasilkan tetap stabil meski kamu bergerak.

Fitur Pendukung

Seperti telah disebutkan, POVA 6 tiba sebagai smartphone gaming terjangkau. Untuk itu, TECNO melengkapi smartphone ini dengan Game Assistant 4.0 untuk meningkatkan pengalaman bermain game yang lebih imersif.

Fitur ini hadir untuk gaming kelas e-sports lewat beragam opsi tambahan yang bisa kamu akses dengan cepat. Saat mengakses game favorit, Game Assistant 4.0 pada TECNO POVA 6 otomatis aktif, dapat diakses secara mudah lewat gestur swipe dari tepi layar.

Selain itu, fitur personalisasi tingkat lanjut ini juga bisa membantu para gamer untuk mengendalikan performa perangkat, mengakses aplikasi penting, dan tentunya menghilangkan notifikasi yang tidak perlu agar tidak mengganggu selama sesi gaming berlangsung.

Juga diberikan banyak pintasan ke fitur-fitur penting, termasuk untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) maupun merekam layar (screen recording). Umumnya, hal ini suka diakses para pemain game di perangkat mobile, dan fitur ini semakin memberi kemudahan.

Melengkapi Game Assistant 4.0, TECNO POVA 6 juga dibekali Game Status Detection yang secara otomatis monitor performa perangkat secara menyeluruh, mulai dari RAM, ROM, GPU, CPU, jaringan, notifikasi suhu perangkat bila memang diperlukan.

Sementara, Game Control Panel secara cerdas menjadwalkan penggunaan GPU, kontrol sentuh dan mode performa sesuai dengan jenis game yang diakses. Dengan kata lain, seluruh fitur yang dihadirkan memberi rasa nyaman bagi pengguna POVA 6.

TECNO POVA 6 telah dibekali baterai 6.000 mAh dengan teknologi 70W Ultra Charge. Nah, lebih jauh terkait pengisian daya, TECNO memperkenalkan sebuah teknologi baru yang eksklusif bernama Ladder Charge.

Melalui teknologi ini, para gamer dapat memilih tiga mode pengisian sesuai kebutuhan, mulai dari Low-Temp Charge untuk arus yang lebih lambat demi memperpanjang masa pakai baterai, sampai Hyper Charge untuk kecepatan dan daya maksimal.

Tidak ingin repot memilih? Opsi Smart Charge juga tentu hadir untuk kecepatan pengisian daya adaptif, menyesuaikan performa dan suhu perangkat. Fitur eksklusif ini memberikan opsi lebih jauh untuk menyesuaikan kebutuhan masing-masing pengguna.

Ditambah dengan Battery Life Protection, TECNO berani menjamin kapasitas baterai tetap prima hingga 5 tahun pemakaian. Selain itu, TECNO juga menjanjikan lebih dari 1.600 kali pengisian daya, baterainya masih berada di kisaran performa 80%.

Bagi kamu yang tertarik dengan TECNO POVA 6, smartphone ini juga memiliki kemampuan tahan percikan air. Daya tarik lainnya, smartphone gaming dengan harga terjangkau ini juga sudah dibekali fitur NFC.

Kesimpulan

Melalui TECNO POVA 6, TECNO tampaknya sukses menggaet konsumen penggemar mobile game yang menginginkan smartphone Rp 2 jutaan. Ya, yang mampu mencuri perhatian dari smartphone ini adalah desainnya yang dikemas lebih futuristik.

Ditambah, TECNO memberikan sentuhan Dynamic-Tech Design yang mencerminkan elemen teknologi futuristik di masa depan. Ditambah Dynamic-Light Effect, menjadikan smartphone ini punya tampilan yang berbeda ketika kamu bawa ke tempat tongkrongan saat mabar.

Sementara itu, meski hanya dibekali chipset Helio G99 Ultimate, smartphone gaming terjangkau ini juga mempu mencuri perhatian melalui kapasitas baterai yang ditanam. Dukungan kapasitas baterai 6.000 mAh ditambah 70W Ultra Charge tentunya jadi sesuatu yang menarik.

Ditambah dukungan kamera utama 108MP, membuat semakin menarik untuk kamu memiliki smartphone ini. Ya, di pasar Indonesia, TECNO POVA 6 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2.399.000.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.