NativZen
Advertising Area

Resmi Dirilis, iPhone 16 Pro dan Pro Max Jadi Pusat Kekuatan Apple Intelligence

Apple secara resmi telah memperkenalkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max yang membawa kemampuan Apple Intelligence.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Apple secara resmi telah memperkenalkan dua model Pro untuk iPhone terbarunya, yakni iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Keduanya menggunakan chipset A18 Pro, memiliki Camera Control, dan “lompatan besar dalam masa pakai baterai”.

Ada juga dukungan kamera utama baru, ultra-wide baru, dan telefoto 5x pada Pro ‘vanilla’. Desain titanium tetap dipertahankan, dan Apple mengiklankan bezel tertipis yang pernah ada pada produk apa pun yang pernah dibuatnya.

Bagi konsumen yang teratrik untuk memiliki duo iPhone 16 Pro terbaru, keduanya akan tersedia dalam warna Black Titanium, Natural Titanium, White Titanium, dan Desert Titanium. Ya, pilihan warna yang begitu menarik untuk para Apple Fan’s.

Sementara itu, Apple baru akan membuka penawaran pre-order yang akan dimulai pada tanggal 13 September, dan akan tersedia pada 20 September 2024. Harganya mulai US$ 999 untuk model Pro dan US$ 1.199 untuk model Pro Max.

Apple Intelligence, seperti yang menjadi obrolan banyak orang, kemampuan tersebut tidak akan terpasang sejak hari pertama. Sebaliknya, itu akan hadir sebagai pembaruan perangkat lunak gratis pada bulan depan dengan rangkaian fitur pertama dalam bahasa Inggris.

Ini termasuk Writing Tools, perekaman, transkrips, dan ringkasan audio, ringkasan notifikasi, Priority Messages di Mail, ringkasan e-mail, Siri yang didesain ulang dengan kemampuan pemahaman yang lebih kaya, dan mengetik untuk Siri.

Kemudian, “akhir tahun ini” dan “dalam beberapa bulan berikutnya”, serangkaian fitur baru akan diluncurkan – termasuk Image Playground. Dengan bantuan fitur ini pengguna dapat membuat gambar dan emoji dengan lebih mudah.

Sementara itu, Siri akan dapat menggunakan konteks pribadi pengguna untuk memberikan kecerdasan yang disesuaikan dengan pengguna dan memperoleh kesadaran di layar untuk memahami apa yang pengguna lihat dan mengambil tindakan berdasarkan hal itu.

Lalu, bagaimana dengan dukungan perangkat keras yang dimiliki oleh iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Model Pro “vanilla” memiliki layar berukuran 6,3 inci dan Pro Max berukuran 6,9″, memecahkan rekor layar iPhone terbesar di dunia.

Ceramic Shield generasi terbaru di bagian atas (yang sebenarnya masih belum terbuat dari keramik, perlu diingat) memiliki “formulasi canggih” yang diklaim dua kali lebih kuat dari kaca pada ponsel pintar lainnya.

Apple juga menjanjikan kinerja berkelanjutan hingga 20% lebih baik pada kedua perangkat barunya ini dibandingkan dengan pendahulunya. Hal ini berkat peningkatan dalam pembuangan panas dan efisiensi.

Ya, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max ditenagai A18 Pro, yang dibangun pada proses 3nm dan memiliki Neural Engine 16-inti baru. Ada peningkatan 17% dalam total bandwidth memori sistem, yang juga menguntungkan GPU 6-inti hingga 20% lebih cepat dari generasi sebelumnya.

CPU 6-inti baru adalah “yang tercepat di ponsel pintar”, dengan dua inti kinerja dan empat inti efisiensi yang dapat menjalankan beban kerja 15% lebih cepat daripada iPhone 15 Pro sambil menggunakan daya 20% lebih sedikit.

Seperti iPhone 16 lainnya, Pro juga memiliki Control Camera, yakni tombol yang bukan tombol, atau, seperti yang Apple suka katakan, “hasil dari integrasi perangkat keras dan perangkat lunak yang cermat”.

Control Camera ini memiliki sakelar sentuh yang mendukung pengalaman klik, sensor gaya presisi tinggi yang memungkinkan gerakan tekan ringan, dan sensor kapasitif yang memungkinkan interaksi sentuh dan geser.

Penggunaannya untuk menyesuaikan zoom, pencahayaan, dan kedalaman bidang di aplikasi kamera, dan “akhir musim gugur ini” pengguna juga akan mendapatkan fungsi rana dua tahap. Menariknya, para pengembang aplikasi juga akan dapat menggunakan ini di aplikasi mereka.

“Akhir tahun ini” dukungan tersebut akan “membuka kecerdasan visual”, yang memungkinkan pengguna mempelajari tentang objek dan tempat dengan mengklik dan menahan Camera Control untuk mengetahui informasi tentang tempat yang pengguna kunjungi.

Bisa juga menambahkan acara dari selebaran ke kalender pengguna, atau mengidentifikasi jenis hewan, dan hal-hal semacam itu. Pengguna juga akan dapat mencari di Google dan menggunakan ChatGPT dengan Camera Control karena beberapa alasan.

Berbicara tentang dukungan kameranya, ada kamera Fusion 48MP sebagai kamera utama yang baru dengan sensor quad-pixel “yang lebih cepat dan lebih efisien”. Apple menjanjikan bahwa ini mendukung perekaman video 4K 120fps dalam Dolby Vision, yang pertama di ponsel pintar.

Apple juga menjanjikan tidak ada jeda rana untuk gambar ProRAW dan HEIF 48MP. Kedua model iPhone 16 Pro kini dapat mengambil foto spasial selain video. Selain itu, empat mikrofon “berkualitas studio” terbaru juga tersedia.

Daya tarik lainnya, iPhone 16 Pro dan Pro Max dapat terhubung ke satelit terdekat untuk mengirim dan menerima teks, emoji, dan Tapback melalui iMessage dan SMS saat berada di luar jangkauan seluler dan Wi-Fi.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.