NativZen
Advertising Area

Indosat dan Accenture Dorong Percepatan Kedaulatan AI Cloud

Untuk gerakkan masa depan digital Indonesia, Indosat berkolaborasi dengan Accenture mendorong percepatan kedaulatan AI Cloud.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Indosat melalui anak usahanya Lintasarta, telah menjalin kemitraan strategis dengan Accenture untuk mempercepat pengembangan platform cloud AI berdaulat, yang bertujuan mendorong transformasi digital berbasis AI di Indonesia.

Inisiatif ini memanfaatkan platform Accenture AI Refinery™ untuk membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia membangun solusi AI yang mutakhir, disesuaikan untuk kebutuhan berbagai sektor industri, sekaligus memastikan tata kelola data yang berdaulat.

Kolaborasi ini akan berfokus pada solusi AI untuk sektor jasa keuangan Indonesia yang merupakan salah satu pilar utama perekonomian negara. Dengan menggunakan platform AI Refinery, Accenture akan menyediakan solusi siap pakai.

Platform AI Refinery dari Accenture ini secara signifikan dapat mengurangi waktu untuk menghasilkan nilai, dengan arsitektur modular yang dapat memenuhi kebutuhan klien di berbagai tahap perjalanan AI mereka.

Oleh karena itu, solusi ini memungkinkan bank-bank di Indonesia bakal memanfaatkan AI untuk meningkatkan profitabilitas, efisiensi operasional, dan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam pasar yang sangat kompetitif.

Seperti dijelaskan oleh Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison bahwa Indosat berkomitmen penuh mendukung visi Indonesia menjadi negara yang berdaya digital pada tahun 2045. Karena itu, AI bisa sebagai kunci penggerak ketahanan ekonomi.

“Kolaborasi ini membawa kami lebih dekat ketujuan, dengan menggabungkan keahlian global dan wawasan pasar lokal. Bersama-sama, kami membangun infrastruktur yang memungkinkan bisnis di seluruh Indonesia memanfaatkan kekuatan transformatif AI,” ujar Vikram.

Hal senada juga ditegaskan Senthil Ramani, Senior Managing Director and Global Data & AI Lead Accenture. Ia mengatakan bahwa dengan AI Refinery, Accenture mendukung upaya Indosat dan Lintasarta membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia, terutama sektor jasa keuangan.

“Ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam perjalanan menuju kedaulatan AI, dan bersama-sama, kami akan membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia dari berbagai sektor mendefinisikan kembali masa depan mereka di era reinvensi berbasis AI,” ujar Senthil.

Sementara, Bayu Hanantasena, President Director and CEO Lintasarta, menyoroti dampak jangka panjang dari kolaborasi ini. Dikatakan bahwa kemitraan ini menandai tonggak penting dalam perjalanan Indonesia menuju menjadi kekuatan global di bidang AI.

“Melalui program cloud AI berdaulat kami, kami membangun platform yang tidak hanya akan mendukung bisnis di berbagai industri, tetapi juga memastikan kedaulatan data bagi kepentingan nasional,” ujar Bayu.

Greg Roberts, Senior Managing Director and Communications, Media and Technology Industry Group Lead for Accenture in Asia Pacific juga mengatakan bahwa Indosat dan Lintasarta telah berperan penting dalam mengembangkan infrastruktur teknologi perusahaan.

“Cloud AI berdaulat ini merupakan pencapaian lain yang menggabungkan teknologi Accenture, pengalaman global, dan talenta lokal untuk menciptakan platform AI yang unik di Indonesia. Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan mereka dalam inisiatif ini,” ucap Roberts.

Accenture AI Refinery memungkinkan organisasi mengonversi teknologi dan tools AI menjadi sistem AI perusahaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis mereka. Sistem AI khusus ini dapat mendorong reinvensi, tidak hanya dalam perusahaan individu, juga di seluruh industri.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.