NativZen
Advertising Area

Cara Mudah Daftar IMEI Jika Beli iPhone 16 Series di Luar Negeri

Beli iPhone 16 Series di luar negeri, segera daftarkan IMEI di Bea Cukai agar perangkat tersebut bisa digunakan di Indonesia.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Kehadiran seri iPhone 16 yang sudah diperkenalkan secara resmi oleh Apple bisa dipastikan bakal banyak mencuri perhatian penggemar gadget, terutama para Apple Fan’s di banyak negara, tidak terkecuali di Indonesia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tak sedikit para penggemar  Apple yang berbondong-bondong ke luar negeri agar bisa membeli iPhone 16 Series lebih awal. Ini mengingat, kedatangan smartphone terbaru Apple tersebut akan sedikit lebih telat.

Oleh karena itu, bagi mereka yang masih awam dan ingin membeli seri iPhone 16 tentunya akan ada banyak di kepalanya beberapa pertanyaan. Salah satu pertanyaan paling penting, bagaimana terkait dengan IMEI yang dimiliki oleh iPhone 16 Series yang dibeli dari luar negeri?

Pasalnya, IMEI yang tercantum pada sebuah perangkat komunikasi, dalam hal ini seri iPhone 16 yang dibeli di luar negeri tidak akan bisa digunakan di Indonesia. Kecuali, pembeli iPhone 16 Series di luar negeri segera mendaftarkan IMEI tersebut agar bisa digunakan di Indonesia.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara untuk mendaftarkan IMEI jika membeli smartphone dari luar negeri. Sebenarnya, tahapan dan cara mendaftarkan IMEI agar perangkat tersebut bisa digunakan di Indonesia sangat mudah.

Sebelumnya kamu wajib mengetahui bahwa terdapat biaya pendaftaran IMEI, dan jawabannya adalah pendaftaran IMEI dari smartphone yang dibeli dari luar negeri tidak dikenakan biaya. Hanya saja, kamu wajib membayar bea masuk dan pajak.

Harga dari bea masuk dan pajak tersebut tergantung dengan harga seri iPhone 16 yang dibeli. Perlu diketahui, pendaftaran IMEI ini wajib dilakukan, karena dalam waktu 60 hari adalah durasi untuk melakukan pendaftaran IMEI.

Bila lewat dari 60 hari, maka seri iPhone 16 yang dibeli dari luar negeri akan diblokir oleh pemerintah Indonesia. Untuk pendaftaran IMEI, kamu bisa mengakses website resmi Bea Cukai atau melalui aplikasi mobile Bea Cukai

Melalui Situs Resmi Bea Cukai

  • Kunjungi situs https://www.beacukai.go.id/registrasi-imei.html.
  • Kemudian, klik “Daftar IMEI” dan ikuti beberapa instruksi yang diminta.
  • Kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. (Mulai dari data diri, data smartphone yang dibeli, dan pastinya bukti pembelian).
  • Klik “Daftar”, dan kamu akan menerima notifikasi melalui e-mail yang sudah kamu daftarkan. Notifikasi tersebut merupakan konfirmasi bahwa pendaftaran sudah selesai.

Melalui Aplikasi Bea Cukai

Untuk aplikasi mobile Bea Cukai, kamu bisa mengunduhnya melalui App Store atau Google Play Store. Nama dari aplikasi tersebut adalah Mobile Bea Cukai. Jika sudah, kamu bisa mengikuti tahap sebagai berikut:

  • Pertama, kamu bisa masuk ke aplikasi seperti biasa.
  • Kemudian, pilih menu “Pendaftaran IMEI”.
  • Kamu akan diminta untuk mengisi formulir dengan lengkap, pastikan isi dengan benar dan tepat termasuk dengan data pembeli ponsel yang kamu beli.
  • Klik “Daftar” hingga kamu mendapatkan notifikasi terkait konfirmasi pendaftaran yang sudah kamu lakukan.

Itulah kedua cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendaftarkan IMEI jika tertarik untuk membeli iPhone 16 Series di luar negeri. Pastikan juga, kamu menyiapkan beberapa data yang akan digunakan saat proses pendaftaran.

Avatar photo

Christopher Louis

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.