NativZen
Advertising Area

XL Axiata Targetkan Bantu 200 Lembaga Pendidikan dengan Akses Internet Gratis

Kuota internet gratis tersebut dapat digunakan selama 12 bulan oleh masing-masing lembaga pendidikan yang dibantu melalui program GDK.

Advertising Area

NATIVZEN.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menyalurkan manfaat Program Gerakan Donasi Kuota (GDK) kepada 28 lembaga pendidikan di Indonesia. Kali ini SMK Adhi Karya, Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, menjadi lokasi penyaluran manfaat GDK, bersama 27 lembaga pendidikan lainnya.

Tercatat hingga akhir tahun, XL Axiata menargetkan sebanyak 200 lembaga pendidikan termasuk sekolah, pesantren, panti asuhan, dan panti disabilitas untuk dapat menikmati manfaat dari Program GDK.

Direktur & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, didampingi Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir, dan Group Head XL Axiata Region Jabodetabek, Rd. Sofia Purbayanti melakukan penyaluran donasi kepada perwakilan para penerima manfaat di SMK Adhi Karya, Rabu (2/10).

“Peluncuran kembali Program GDK merupakan bentuk komitmen XL Axiata untuk terus memberikan kemudahan dan mendukung pemerintah meningkatkan digitalisasi di dunia pendidikan #JadiLebihBaik,” ucap Yessie.

Ditambahkan Yessie bahwa wujud komitmen XL Axiata dalam menjalankan program ini adalah dengan menargetkan hingga akhir tahun nanti sebanyak 200 lembaga pendidikan di Indonesia bisa terkoneksi akses internet gratis melalui Program GDK dari XL Axiata.

Dalam dua pekan sejak peluncuran, sebanyak 57 lembaga pendidikan sudah terseleksi sebagai penerima manfaat. Selain menyalurkan donasi kuota dari pelanggan, melalui program ini XL Axiata juga mendonasikan router internet, serta memberikan pelatihan literasi digital.

Pelatihan yang diberikan kepada guru dan siswa ini meliputi pentingnya literasi digital dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Dukungan ini diharapkan dapat mengatasi kendala yang dihadapi lembaga pendidikan terkait anggaran terbatas dan kurangnya fasilitas pendukung digital.

XL Axiata memberikan kuota internet ekstra dengan total lebih dari 30 juta MB untuk 28 lembaga pendidikan. Kuota internet gratis dapat digunakan selama 12 bulan oleh masing-masing lembaga pendidikan. Selain itu, juga diberikan router internet dan kartu perdana gratis

Sementara, pemilihan SMK Adhi Karya, Cabangbungin, sebagai salah satu sekolah penerima kuota GDK antara lain karena sekolah ini memang membutuhkan fasilitas akses internet yang memadai untuk mendukung aktivitas belajar dan mengajar.

Selama ini, sekolah baru memiliki akses internet yang sangat terbatas. Keterbatasan tersebut sampai mengharuskan para siswa membawa ponsel milik orangtuanya, dengan kuota internet yang juga sangat terbatas, untuk ujian sekolah berbasis digital.

Untuk sekolah ini, selain mendapatkan bantuan Program GDK dengan kuota internet gratis ekstra, XL Axiata juga memberikan bantuan fasilitas pendidikan berupa komputer lengkap, papan tulis untuk delapan kelas dan satu di lab komputer, serta pembaruan papan nama kelas.

Tak hanya itu, ruangan lab komputer di SMK Adhi Karya, Cabangbungin itu juga ditambahkan exhaust fan. Hal ini tentunya bertujuan untuk menambah kenyamanan kegiatan belajar mengajar di dalam lab komputer tersebut.

SMK Adhi Karya, Cabangbungin, yang berlokasi di Jalan Raya Garon Barat, Desa Setailaksana, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat merupakan sekolah kejuruan swasta yang berfokus pada dua bidang yaitu akuntansi, serta teknik dan bisnis sepeda motor.

Tercatat hampir 200 siswa belajar di sekolah ini, dengan jumlah guru sebanyak 20 orang. Sebagian besar orang tua siswa dari sekolah ini berprofesi sebagai petani dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.