NativZen
Advertising Area

Review realme Buds T310: Terjangkau, Kaya Fitur

Datang sebagai TWS yang dibanderol harga terjangkau, realme Buds T310 sedikitnya memiliki enam key selling point.

Advertising Area

NATIVZEN.com – realme tak pernah berhenti membuat gebrakan dan memanjakan para Anak Muda yang menjadi targetnya di pasar Indonesia. Ya, bersamaan dengan peluncuran realme 13 Series 5G, realme juga menghadirkan true wireless stereo (TWS) terbarunya, realme Buds T310.

Datang sebagai TWS yang dibanderol dengan harga terjangkau, tentunya realme Buds T310 juga menghadirkan beragam fitur yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Nah, nativzen.com berkesempatan untuk mereview perangkat wearable terbaru dari realme ini.

Unboxing realme Buds T310

Sebelum lebih jauh membahas beragam fitur yang dimuat ke dalam realme Buds T310, ada baiknya kita mengetahui paket penjualan atau isi boks dari TWS tersebut. Bagi kamu yang tertarik membelinya, TWS terbaru realme ini dikemas dalam sebuah boks yang didominasi warna kuning.

Ya, warna kuning sebagai ciri khas realme. Pada bagian muka dari boks penjualannya, kamu bisa langsung melihat gambaran TWS tersebut dalam kondisi terbuka, dengan satu earbud yang melayang di atas case dan satu earbud lainnya tersimpan dalam case pengisian daya.

TWS terbaru realme ini hadir dalam tiga pilihan warna, yakni Vibrant Black, Agile White dan Monet Purple. Tentu saja, yang tampaknya menjadi warna jagoan alias hero color dari TWS ini adalah Monet Purple. nativzen.com sendiri mereview realme Buds T310 berwarna Vibrant Black.

Untuk memudahkan kamu mengetahui key selling point dari realme Buds T310 ini, realme juga menempelkan sejumlah keunggulan pada boks penjualannya. Setidaknya, ada 6 key selling point yang ditulis, dan itu bisa kamu lihat pada sisi samping boks penjualan.

Keenam key selling point tersebut adalah 46dB Hybrid Noise Cancellation, 12.4mm Dynamic Bass Driver, 40 Hours Total Playback, 360° Spatial Audio Effect, Dual Device Connection, dan Bluetooth 5.4 Connectivity.

Sekarang, mari kita lihat isi dari boks penjualan realme Buds T310. Saat dibuka, kamu langsung akan menemukan case unit TWS yang dilapisi plastik transparan. Case tersebut berwarna Black yang memiliki sentuhan tekstur laminasi doff

Selain itu, pada kompartemen lainnya dari boks penjualan realme Buds T310, realme juga menyertakan lembar pemakaian (user guide) yang menjadi satu dengan kartu garansi, serta pasangan karet earpiece yang tersedia dalam dua ukuran.

Case dan Earbuds realme Buds T310

Seperti yang telah disebutkan, TWS terbaru dari realme ini dipasarkan di Indonesia dalam tiga pilihan warna, yakni Vibrant Black, Agile White dan Monet Purple. Case TWS ini juga memiliki ukuran yang terbilang proporsional untuk dimasukan ke dalam saku baju atau celana.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan dimensinya, case realme Buds T310 ini memiliki ukuran 3,07 cm x 2,02 cm x 2,36 cm. Sementara, berat keseluruhan TWS ini adalah …. gram. Kedua earbuds yang ada di dalam case TWS ini juga terbilang ringan, yakni hanya …. gram per earbud.

Pada bagian case, realme juga memuat logo khas “realme” berwarna putih, yang sangat mudah untuk dilihat. Seperti pada TWS realme lainnya, di bawah logo tersebut, realme juga menempatkan sebuah lampu kecil yang menjadi indikator kondisi baterai.

Jika kondisi baterai pada case realme Buds T310 berkurang, lampu tersebut akan menyala berwarna merah, yang artinya kamu harus segera melakukan pengisian daya. Sementara, indikator lampu berwarna hijau artinya baterai dalam kondisi normal, dan bisa digunakan.

Kondisi baterai dalam keadaan normal atau berkurang, bisa kamu lihat langsung saat membuka case. Lampu indikator tersebut akan menyala selama 3 detik. Sementara, Untuk pengisian daya, case ini memiliki port USB Type-C yang bisa kamu temukan di bagian bawah.

Meski tidak menyebutkan secara terbuka kapasitas baterai yang dimiliki oleh realme Buds T310 ini, realme sesumbar bahwa TWS barunya ini dapat digunakan hingga 40 jam (earbuds + charging case) atau hingga 9 jam untuk earbuds-nya saja. Tentunya, dengan kondisi ANC Off.

Disebutkan, untuk waktu pengisian dayanya adalah 120 menit alias 2 jam jika kamu ingin mengisi baterai realme Buds T310 (earbuds + charging case) ini hingga penuh. Sementara, untuk mengisi charging case-nya saja hingga penuh butuh waktu sekitar 1 jam.

Dijejali Fitur Menarik

Seperti telah disebutkan, realme Buds T310 adalah TWS realme terbaru yang dipasarkan dengan harga terjangkau alias kamu tak perlu dalam-dalam untuk merogoh kocek. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memiliki TWS ini, realme menjualnya dengan harga Rp …..

Namun, satu hal yang menarik, meski ditawarkan dengan harga terjangkau, kamu tak boleh memandang sinis realme Buds T310 ini. Seperti telah disinggung sebelumnya, TWS ini hadir membawa enam key selling point sebagai daya tariknya.

Pertama adalah dukungan 46dB Hybrid Noise Cancellation. Berkaitan dengan dukungan tersebut, realme Buds T310 telah didukung dengan fitur yang memungkinkan pengguna mengatur level peredaman dan dibekali tiga mikrofon pada setiap earbuds untuk panggilan telepon yang jernih.

Teknologi selanjutnya yang turut membuat realme Buds T310 ini tak bisa dipandang sebelah mata adalah keberadaan 12,4mm Dynamic Bass Driver. Oleh karena itu, TWS ini mampu menawarkan suara bass yang terbilang mumpuni di kelasnya.

Sebagai perangkat wearable untuk memanjakan Anak Muda yang gemar mendengarkan video musik atau nonton film dan seri drama di smartphone, realme juga memperkaya realme Buds T310 dengan 360° Spatial Audio Effect.

Ya, dukungan teknologi tersebut membuat realme Buds T310 mampu menyemburkan audio atau suara dengan efek 3D. Pada akhirnya, kamu bisa merasakan untuk mendengarkan audio secara lebih realistis.

Seperti yang juga telah disebutkan, realme Buds T310 punya dukungan 40 Hours Total Playback. Dengan kata lain, kamu bisa mendengarkan musik favorit saat diperjalanan dengan waktu yang lebih panjang. Bahkan, 10 menit pengisian daya, kamu bisa menggunakan TWS ini hingga 5 jam.

Sementara itu, dua fitur lainnya yang turut disematkan oleh realme ke dalam TWS terbarunya ini adalah Dual Device Connection dan Bluetooth 5.4 Connectivity. Dukungan keduanya tentu saja agar membuat TWS ini semakin terasa seamless ketika digunakan.

Dengan dukungan Dual Device Connection secara simultan ke dua perangkat sekaligus, termasuk smartphone, tablet dan komputer, kamu dapat dengan mudah menangani panggilan telepon sambil menikmati film favorit. Jadi, semuanya tidak ada yang terlewatkan.

Lalu, bagaimana jika realme Buds T310 ini dijadikan alat komunikasi ketika bermain game bersama teman alias mabar? TWS ini diklaim memiliki 45ms Ultra-low Latency. Dengan kata lain, kamu bisa berkomunikasi lebih lancar dengan teman-teman saat bermain game.

Tentu saja, semua itu juga tak lepas dari dukungan Bluetooth 5.4, konektivitas yang dijamin lebih stabil. Nah, kamu juga bisa membawa realme Buds T310 untuk diajak menemani olahraga di luar ruangan. Pasalnya, TWS ini sudah dibekali sertifikasi IP55 tahan debu dan cipratan air.

Koneksikan dengan realme Link

Untuk penggunaan yang lebih nyaman, kamu bisa mengkoneksikan realme Buds T310 dengan smartphone menggunakan aplikasi realme Link. Melalui aplikasi tersebut, kamu pun bisa melakukan lebih banyak pengaturan.

Bagi pengguna smartphone Android, realme Link bisa diunduh secara cuma-cuma melalui Google Play Store. Untuk mengkoneksikan realme Buds T310 dengan smartphone menggunakan aplikasi realme Link juga sangat mudah.

Setelah kamu menginstall realme Link di smartphone, kamu bisa menambahkan realme Buds T310 ke dalam aplikasi ini. Caranya, tap tanda + (Plus) di pojok kanan atas, lalu proses pemindaian akan berjalan secara otomatis.

Jika proses pemindaian gagal, kamu bisa melakukannya secara manual. Caranya, pilih menu Audio dan selanjutnya tap pilihan realme Buds T310. Jika TWS tersebut sudah muncul di halaman depan dari aplikasi realme Link, untuk selanjutnya kamu bisa melakukan pengaturan lebih lanjut.

Kamu bisa melakukan pengaturan untuk mengontrol noise yang diinginkan. Selain itu, untuk menghasilkan audio yang diinginkan, kamu juga dapat mengatur Sound Effect dengan mengaktifkan Dynamic Audio.

Tak hanya sampai di situ, kamu pun bisa tap OReality Audio dan mengaktifkan/menonaktifkan fitur tersebut. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa merasakan kinerja audio yang bisa disesuaikan dengan skenario yang diinginkan, seperti Smart, Movie, Gaming, dan Music.

Seperti yang telah disebutkan, realme Buds T310 telah dibekali dengan 360° Spatial Audio Effect. Nah, untuk mengaktifkan/menonaktifkan fitur tersebut, kamu juga bisa melakukannya dengan lebih mudah melalui realme Link.

Juga perlu kamu ketahui, realme juga telah membekali realme Buds T310 ini dengan kemampuan Smart Touch Control. Kontrol yang lebih intuitif dan mudah langsung pada earbuds, seperti untuk menjawab panggilan atau mengontrol musik yang sedang diputar.

Tap dua kali, kamu bisa memutar atau menghentikan lagu yang sedang didengarkan. Tap tiga kali, melangkah ke lagu berikutnya. Sementara, tekan dan tahan, kamu bisa beralih dengan lebih cepat ke mode noise control yang diinginkan.

Nah, pengaturan Smart Touch Control ini pun bisa kamu atur ulang dengan lebih mudah menggunakan aplikasi realme Link. Dengan begitu, kamu bisa menemukan experience realme Buds T310 yang lebih menarik lagi.

Pengaturan lebih lanjut yang bisa ditemukan pada realme Link, kamu juga bisa menjadikan earbuds dari TWS ini sebagai “tombol shutter” jarak jauh untuk kamera di smartphone. Caranya, tap menu “More”, lalu pilih opsi “”Camera-realted setting”, dan aktifkan.

Menariknya lagi, realme juga menyediakan opsi untuk mengaktifkan Find my earbuds dan Find my phone. Dukungan ini tentunya sangat berguna untuk kamu yang suka lupa meletakkan earbuds atau smartphone sehingga dapat dengan mudah ditemukan kembali.

Kesimpulan

realme secara resmi menjual realme Buds T310 dengan harga Rp 399.000. Meski dijual dengan harga terjangkau, TWS ini hadir dengan beragam fitur menarik di dalamnya. Ada enam key selling point yang ditawarkan oleh TWS ini.

Keenam key selling point tersebut adalah 46dB Hybrid Noise Cancellation, 12.4mm Dynamic Bass Driver, 40 Hours Total Playback, 360° Spatial Audio Effect, Dual Device Connection, dan Bluetooth 5.4 Connectivity.

Dukungan lainnya yang tak kalah menarik, realme Buds T310 ini juga sudah membawa sertifikasi IP55 tahan cipratan air dan debu. Karena itu, TWS ini terbilang nyaman untuk menemani berbagai aktivitas yang kamu lakukan, tak terkecuali saat berolahraga di luar ruangan.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.