NativZen
Advertising Area

Review vivo V40 Lite 4G: Seri Termurah, Masih Didukung Aura Light dan AI

vivo V40 Lite adalah seri V termurah yang ditawarkan oleh vivo, namun masih membawa dukungan Aura Light dan AI alias kecerdasan buatan.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Setelah meluncurkan vivo V40 pada awal bulan September 2024, vivo kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan melengkapi lini V Series, dengan menghadirkan vivo V40 Lite. Smartphone ini hadir pada akhir bulan September 2024.

Menariknya lagi, ada dua model yang dihadirkan, yakni vivo V40 Lite 5G dan vivo V40 Lite 4G. Keduanya membawa spesifikasi yang cukup menggiurkan, khususnya untuk pengguna yang mencari pengalaman multimedia dan performa cepat.

Nah, nativzen.com berkesempatan untuk mereview vivo V40 Lite varian 4G. Seperti biasa, smartphone ini dipakai sebagai daily driver untuk menemani aktivitas saat liputan dan juga mendengar musik atau bermain game di waktu senggang.

Unboxing vivo V40 Lite

Seperti smartphone vivo V Series lainnya, vivo memasarkan vivo V40 Lite dalam sebuah boks kemasan yang didominasi warna hitam, dan ada sentuhan lingkaran yang begitu besar di bagian muka, dan terdapat nama smartphone tersebut, “V40 Lite”.

Kamu yang tertarik membeli smartphone ini, vivo juga menempelkan stiker kecil dengan warna silver bertuliskan “vivo 10 Years”. Ya, sticker tersebut menandai satu dekade perjalanan vivo di pasar smartphone di Indonesia.

Sementara itu, di bagian belakang boks kemasan, kamu bisa menemukan besaran memori yang disematkan pada perangkat ini, seperti RAM dan ROM. Selain itu, kamu juga bisa tahu warna dari perangkat yang dipilih.

Lalu, apa saja yang ada di dalam boks kemasan tersebut? Saat dibuka, kamu akan langsung menemukan unit vivo V40 Lite yang dibungkus plastik transparan. Di bawah unit tersebut, kamu akan menemukan soft-case, lembar panduan ringkas penggunaan perangkat dan lembar garansi.

vivo juga masih menyertakan kabel USB Type-C berwarna putih bersama dengan kepala charger yang memiliki warna serupa. Menariknya lagi, meski membawa embel-embel “Lite”, vivo telah menyertakan kepala charger dengan kemampuan pengisian cepat 80W FlashCharge.

Tak ketinggalan, vivo dalam paket penjualannya juga masih memberikan SIM ejector. Unit vivo V40 Lite yang ada di tangan nativzen.com adalah warna Titanium Silver. Warna lainnya yang vivo tawarkan untuk konsumennya di Indonesia adalah Pearl Violet dan Carbon Black.

Tawarkan Desain Lebih Modern

vivo sangat meyakini bahwa smartphone kini tak lagi sekadar pelengkap estetika. Perangkat yang awalnya untuk komunikasi kini telah bertransformasi menjadi cerminan kepribadian dan gaya hidup. Hal ini tentunya seiring meningkatnya aktivitas digital pengguna smartphone.

Oleh karena itu, muncul kebutuhan akan sebuah smartphone dengan desain yang unik dan berkarakter guna mengekpresikan diri supaya dapat tampil lebih memukau. Mewujudkan hal tersebut, vivo mempersembahkan vivo V40 Lite.

Menariknya lagi, vivo menyuguhkan inovasi warna terbaru, yakni Titanium Silver seperti yang ada di tangan nativzen.com. vivo mengatakan bahwa warna ini terinspirasi dari mahakarya khas Indonesia, yakni mengambil inspirasi dari keindahan dan ketelitian kerajinan perak di Indonesia.

Oleh karena itu, varian warna Titanium Silver mampu memancarkan aura elegan yang tak tertandingi. Sementara, bagi kamu yang gemar dengan tampilan klasik dan elegan, vivo juga melahirkan vivo V40 Lite dalam balutan warna Carbon Black.

Sementara itu, vivo V40 Lite varian warna lainnya, yakni Pearl Violet untuk kamu yang ingin tampil lebih berani dan ekspresif. Warna ungu dengan efek mutiara yang berkilau memberikan sentuhan trendy dan modern, menonjolkan sisi stylish dalam dirimu.

Menariknya lagi, panel belakang vivo V40 Lite memiliki desain Cushion-Cut Diamond Camera berbentuk layaknya diamond yang memberikan kesan premium, trendy, dan kekinian yang membuat smartphone ini cocok untuk dibawa dalam berbagai aktivitas.

Lalu, bagaimana dengan dimensinya? vivo V40 Lite juga terasa begitu tipis berkat ketebalan hanya 7,95 mm. Selain itu, desainnya juga kokoh dan premium karena dibalut oleh 2.5D Metallic Frame yang ergonomis sehingga kokoh sekaligus nyaman untuk digenggam.

Secara keseluruhan, smartphone ini memiliki ukuran 163.23 × 75.93 × 7.95 mm dan bobotnya hanya 190 gram. Karena itu, tak hanya nyaman digenggam, smartphone ini juga nyaman ketika dimasukkan ke dalam saku celana kerja.

Ya, panel bagian belakang menawarkan desain flat, begitu juga dengan sisi bagian bingkai dan layarnya. Penempatan dua buah kamera belakang disusun secara vertikal, segaris dengan dukungan Aura Light. Sementara, dua buah LED flash ditempatkan di bagian sampingnya.

Sekarang kita beralih ke sisi bagian samping untuk mengetahui tombol-tombol pengoperasian serta port yang ada. Dua buah tombol yang ada di sisi kanan berfungsi sebagai tombol volume dan daya. Di sisi bagian atas, vivo hanya menyematkan satu lubang mikrofon.

Sementara, sisi bagian kiri dibuat polos, dan sisi bagian bawah, vivo menjejalinya dengan penempatan slot untuk baki SIM Card dan microSD Card, lubang mikrofon, port USB Type-C dan dibuntuti oleh lubang speaker.

Tidak mengadopsi layar dengan desain 3D Curved seperti yang ada pada vivo V40, pada versi Lite ini vivo begitu percaya diri dengan desain flat yang ditawarkan. Layarnya berukuran 6,67 inci dengan resolusi FHD+ dan panel yang digunakan adalah AMOLED.

vivo tentunya sangat paham bahwa layar adalah gerbang untuk menuju pengalaman visual yang memukau. Oleh karena itu, vivo membekali layar vivo V40 Lite dengan dukungan refresh rate yang terbilang tinggi, yakni 120Hz.

Punya ukuran layar yang luas juga sudah ditopang dengan rasio screen-to-body yang mumpuni, yakni hingga 91,9%. Kamu juga tak perlu khawatir ketika mengoperasikan smartphone ini di bawah terik matahari karena layarnya sudah dibekali tingkat kecerahan mencapai 1.200nits.

Daya tarik lainnya, layar smartphone ini juga sudah dipercantik dengan rumah kamera depan berupa punch-hole yang ada di bagian atas. Tak ketinggalan, fitur keamanan berupa pemindai sidik jari pun telah disematkan yang berguna untuk membuka kunci dari layar vivo V40 Lite.

Ditenagai Snapdragon 685

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, vivo V40 Lite yang ada di tangan nativzen.com adalah varian 4G. Untuk sektor catu daya, smartphone yang dibanderol seharga Rp 3 jutaan ini telah dipasok dengan chipset Snapdragon 685.

Ya, Snapdragon 685 adalah chipset besutan Qualcomm yang dibangun dengan fabrikasi 6nm ala TSMC. Sesuai dengan penyebutannya, chipset yang dirilis pada Maret 2023 ini merupakan generasi penerus dari Snapdragon 680.

Membawa arsitektur CPU Octa-core, chipset ini memiliki konfigurasi yang terdiri dari empat inti performa Cortex-A73 berkekuatan hingga 2,8 GHz ditambah empat inti lainnya yang merupakan Cortex-A53 berkekuatan 1,9GHz. SoC ini juga terintegrasi dengan GPU Adreno 610.

Snapdragon 685 yang ada di dalam smartphone ini tentu saja tidak bekerja sendiri untuk memberikan kinerja multitasking yang diinginkan pengguna. vivo juga melengkapi vivo V40 Lite varian 4G ini dengan RAM 8GB serta penyimpanan internal hingga 256GB.

Bagi kamu yang menginginkan agar smartphone ini terasa lebih “gesit” dalam menjalankan berbagai aplikasi, vivo juga telah menyematkan fitur Extended RAM hingga 8GB. Sementara, untuk menambah kapasitas penyimpanannya bisa menggunakan microSD hingga 1TB.

Seperti kebanyakan smartphone sekelasnya, vivo juga membekali vivo V40 Lite dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Hanya saja yang menjadi key selling point-nya adalah dukungan pengisian cepat 80W FlashCharge.

Dukungan pengisian cepat ini juga dipenuhi oleh vivo dengan menyertakan kepala charger 80W dalam paket penjualannya. Punya dukungan seperti itu, vivo mengklaim bahwa hanya butuh waktu 15 menit untuk mengisi baterai V40 Lite hingga 45%.

Apakah hanya itu? Tentu saja tidak! vivo juga memberikan Vivo juga memberi jaminan battery health alias kesehatan baterai perangkat ini tidak akan turun di bawah 80 persen meski sudah dipakai selama 4 tahun. Menarik bukan?

Selain itu, vivo juga melengkapinya dengan “Sleep standby optimization”. Ini menunjukkan bahwa vivo V40 Lite dapat mengidentifikasi jam tidur pengguna untuk membekukan aplikasi yang tidak aktif dan membatasi pergantian jaringan yang dapat mengurangi konsumsi daya.

Lalu, bagaimana performa V40 Lite secara nyata? Seperti biasa, nativzen.com juga melakukan benchmark melalui sejumlah aplikasi seperti AnTuTu 10.2.0, Geebench 6, 3DMark, dan PCMark. Hasilnya, bisa kamu lihat melalui screenshoot di bawah ini.

Seperti yang telah disebutkan, nativzen.com menjadikan vivo V40 Lite sebagai daily driver untuk menemani aktivitas, mulai dari cek e-mail, berselancar di internet, mengakses media sosial, hingga menikmati hiburan, bermain game misalnya.

Dari sejumlah aktivitas yang dijalani, nativzen.com bisa merasakan daya tahan baterai yang dimiliki oleh vivo V40 Lite ini. Ya, misalnya dipakai bermain game PUBG Mobile selama 1 jam, baterai yang terkuras hanya 10%.

Sementara itu, untuk antarmuka, vivo V40 Lite berjalan dengan Funtouch OS 14 berbasiskan Android 14. Untuk urusan konektivitas, tentu saja ponsel pintar ini masih menyuguhkan jaringan 4G. Selain itu, ada juga dukungan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0 dan NFC.

Jika kamu tertarik membeli vivo V40 Lite yang ditawarkan seharga Rp 3 jutaan, vivo menjanjikan akan memberikan dukungan update OS Android hingga x kali, dan yang tak kalah penting adalah security update hingga x tahun.

Kamera Utama 50MP dengan Sensor Sony IMX882

Dukungan AI yang canggih pada vivo V40 Lite terlihat begitu nyata pada sektor kameranya. Ya, smartphone ini hadir dengan dukungan kamera utama 50MP yang diperkuat dengan sensor IMX882 dari Sony. Ini dipadukan dengan kamera kedua, yakni 2MP sebagai lensa bokeh.

Meski datang dengan embel-embel Lite, bukan berarti vivo meniadakan dukungan fitur AI Aura Light Portrait. Dukungan fitur tersebut siap untuk memberikan efek pencahayaan yang mampu memberikan hasil foto estetik dan natural, walaupun dalam kondisi minim cahaya

Sementara itu, bagi kamu yang gemar foto selfie, vivo V40 Lite 4G membawa kamera depan 32MP untuk hasil selfie yang menawan. Dengan kata lain, kamera belakang dan depannya sama-sama bisa kamu andalkan.

Pilihan mode pemotretan yang disajikan vivo pada smartphone ini juga sangat beragam. Jika ingin menghasilkan foto dengan resolusi tinggi, kamu bisa memilih opsi 50MP. Ada juga pilihan Potrait untuk foto bokeh, dan bagi kamu yang hobi memotret malam hari bisa memilih mode Night.

Nah, terkait dengan dukungan AI yang disematkan, selain AI Aura Light Potrait, vivo juga menyematkan AI Erase serta AI Photo Enhance. Keduanya dihadirkan oleh vivo agar pengguna benar-benar bisa merasakan teknologi AI pada perangkat yang lebih terjangkau.

Fitur AI Erase membantu pengguna menghilangkan objek foto mengganggu hanya dengan melingkari objek dan AI Photo Enhance bisa dipakai untuk meningkatkan ketajaman dan resolusi foto. Penerapannya, bisa dipakai untuk mereproduksi foto lama.

Bagaimana jika vivo V40 Lite kamu gunakan untuk merekam video? vivo V40 Lite adalah model paling terjangkau yang dihadirkan vivo di lini V40 Series. Karena itu, kemampuan perekamannya mentok pada resolusi 1080p @60fps untuk kamera belakang dan 1080p @30fps untuk kamera depan.

Tapi, bagi kamu yang suka nge-vlog tak perlu khawatir jika merekam video menggunakan kamera belakang dari vivo V40 Lite. Ya, vivo telah membekali smartphone ini dengan fitur stabilizer video yang bisa diaktifkan jika merekam dengan resolusi 1080p @30fps atau 720p @30fps.

Fitur Pendukung

Rasanya terbilang wajar jika smartphone yang dibanderol seharga Rp 3 jutaan sudah dibekali fitur NFC. Ya, vivo pun paham bahwa fitur tersebut tampaknya memang juga dibutuhkan oleh mereka yang tertarik membeli vivo V40 Lite.

Seperti yang kita tahu bersama, fitur NFC yang ada pada sebuah smartphone sangat berguna untuk banyak hal. Salah satu yang sering digunakan oleh banyak orang adalah kemudahan untuk memeriksa atau top-up kartu emoney.

Selain itu, vivo V40 Lite juga sudah diperkaya dengan sertifikasi IP64, yang mengisyaratkan bahwa smartphone ini tak hanya tahan debu, tetapi juga cipratan air. Jadi, kamu jangan khawatir jika smartphone ini ketumpahan air saat diletakkan di atas meja kerja.

Daya tarik lainnya, kamu juga tetap bisa mengoperasikan smartphone ini jika layarnya basah. Ya, ini menjadi bukti bahwa vivo memang tak main-main dalam hal meracik vivo V40 Lite dengan teknologi inovasi yang membuat layarnya tetap reponsif meskipun dalam kondisi basah.

Jika kamu adalah orang yang senang menikmati alunan musik atau video di smartphone, vivo V40 Lite juga tak bisa dipandang sebelah mata pada sektor audionya. vivo telah membekali smartphone ini dengan speaker stereo yang ditopang fitur Audio Booster hingga 300%.

Tak hanya sampai di situ, dukungan audio yang ada pada smartphone ini juga diperkaya dengan Hi-Res Audio. Oleh karena itu, speaker stereo yang terpasang pada vivo V40 Lite mampu menyemburkan suara yang begitu tajam, lantang, dan jernih.

Kesimpulan

Setelah meluncurkan vivo V40, vivo di pasar Indonesia langsung tancap gas dengan meluncurkan vivo V40 Lite. Ini adalah smartphone termurah dari lini V Series, namun masih membawa fitur Aura Light dan AI.

Buat kamu yang ingin tampil fashionable sekaligus merasakan kecanggihan teknologi AI, vivo V40 Lite kini sudah bisa kamu beli. vivo V40 Lite 4G varian 8GB/128GB dibanderol seharga Rp 3.299.000 dan varian 8GB/256GB seharga Rp 3.599.000.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.