NativZen
Advertising Area

Tiga Fitur AI di Galaxy S24 FE ini Bikin Mahasiswa Lebih Produktif

AI Composer, Listening Mode, dan Live Translate, fitur Galaxy AI yang bisa bantu mahasiswa menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan lebih cepat.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Kamu seorang mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi atau universitas? Nah, biasanya seorang mahasiswa akan dihadapkan dengan berbagai jenis tugas. Umumnya, tugas-tugas tersebut bisa dikerjakan secara individu atau kelompok.

Selain itu, jenis tugas yang diberikan kepada seorang mahasiswa dari dosennya cukup berbeda jika dibandingkan dengan tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa saat duduk di sekolah menengah. Bahkan, sejumlah tugas kuliah terhitung lebih kompleks.

Oleh karena itu, dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut dibutuhkan banyak waktu untuk mengerjakannya. Jika kamu seorang mahasiswa dan sedang mendapatkan tugas dari dosen, tak perlu khawatir ketika ditemani oleh Galaxy S24 FE.

Ya, Galaxy S24 FE sebagai teman dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah sudah dibekali dengan beragam fitur AI terbaru yang dihimpun ke dalam Galaxy AI. Dengan kata lain, smartphone flagship ini dapat meningkatkan produktivitas kamu dalam mengerjakan berbagai tugas kuliah.

Bikin Script atau Caption Kilat dengan AI Composer

Salah satu fitur AI unggulan yang sangat menarik perhatian di dalam Galaxy S24 FE dan bisa menjadi lifehacks baru adalah AI Composer. Kemampuan baru ini merupakan peningkatan pada fitur Chat Assist sebelumnya yang juga tersemat pada Samsung Keyboard.

Lalu, mengapa AI Composer bisa membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas kampusnya? Ya, fitur cerdas ini bisa generate kalimat dengan lebih mudah sesuai kebutuhan melalui berbagai prompt yang dimasukkan.

Kecanggihan AI Composer ini bisa dimanfaatkan untuk menulis caption atau skrip untuk tugas atau konten agar bisa selesai dalam hitungan detik! Teknologi AI ini membantu kamu menulis sesuai konteks yang diinginkan, dengan pilihan gaya penulisan dan bahasa yang bervariasi.

Bingung bagaimana caranya merangkai kata untuk presentasi atau speech di depan dosen dan juga teman-teman di kampus? Apalagi biasanya untuk membuka presentasi itu kita harus menyiapkan kata-kata yang tepat dan catchy untuk menarik perhatian audiens. 

Dengan menggunakan bantuan AI Composer, kamu tidak perlu lagi khawatir. Kamu bisa mendapatkan saran kata demi kata yang sesuai untuk memulai sebuah presentasi. Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri dan terstruktur dalam menyampaikan materi.

Sebagai contoh, kamu memiliki tugas dari kampus untuk presentasi dalam sebuah workshop mengenai “Pemanfaatan Teknologi AI di Kampus”. Tantangan utamanya kamu harus menemukan kata-kata yang tepat untuk membuka presentasi tersebut.

Tentunya, kata-kata pembuka tersebut harus kedengaran lebih baik, tidak kaku atau canggung. Dengan bantuan AI Composer di Galaxy S24 FE, kamu bisa membuat kalimat pembuka yang menarik, sehingga presentasinya terasa lebih lancar. Caranya pun mudah:

  1. Buka Samsung Notes
  2. Klik lambang Galaxy AI yang tersemat di Samsung Keyboard
  3. Pilih fitur Composer
  4. Jadikan tone penulisan sebagai Polite dan pada format Standard
  5. Masukan prompt sebagai berikut “Buatlah script pem bukaan presentasi workshop pemanfaatan teknologi AI di Kampus”
  6. Kamu bisa klik Refresh untuk mencari pilihan suggestion kalimat lainnya sesuai kebutuhan
  7. Sesuaikan panjang kalimat yang dibutuhkan dengan mengklik tombol pengaturan di pojok kanan, lalu pilih panjang rekomendasi kalimat Standard atau Detailed.

Belajar dari Sumber Internasional Jadi Mudah Pakai Listening Mode

Seperti telah disebutkan bahwa Galaxy S24 FE hadir dengan berbagai fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna, tak terkecuali seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan banyak tugas dari dosennya.

Selain AI Composer, fitur AI terbaru yang ditambahkan oleh Samsung ke dalam Galaxy S24 FE adalah Listening Mode. Fitur ini memberikan kemudahan bagi kamu untuk memahami bahasa asing yang didengar secara langsung.

Sebagai contoh, kamu mendapat tugas dari dosen untuk membuat karya tulis. Bukan sekadar karya tulis biasa, kamu juga harus mengutip sejumlah perkataan yang bersumber dari narasumber berbahasa asing saat webinar atau saat diminta untuk mendengarkan sebuah podcast.

Jangan panik! Lagi dan lagi, Galaxy S24 FE yang dibekali Galaxy AI bisa menjadi teman setia yang bisa membantu tugas-tugas tersebut menjadi lebih mudah dan efisien. Fitur Listening Mode bisa memberikan subtitle otomatis dalam bahasa yang kamu butuhkan.

Live Translate, Diskusi dengan Orang Asing Jadi Menyenangkan

Setelah tahu bagaimana AI Composer membantu kamu merangkai kata-kata yang tepat untuk dipakai membuka presentasi workshop dan Listening Mode yang memudahkan kamu mengutip perkataan dari berbagai sumber internasional, kini kamu juga harus tahu fitur Live Translate.

Ya, Samsung juga melengkapi Galaxy S24 FE dengan fitur Live Translate. Menariknya, fitur ini telah ditingkatkan kemampuannya, dan kini bisa kamu integrasikan dengan aplikasi percakapan pihak ketiga, seperti WhatsApp, Instagram atau LINE.

Terkadang, ketika kamu diberikan tugas oleh dosen, kamu harus diskusi dengan banyak orang. Repotnya, jika kamu harus diskusi dengan seorang teman yang memiliki bahasa berbeda, seperti Bahasa Inggris misalnya, sedangkan kamu memliki kendala dalam bahasa tersebut.

Tak perlu khawatir, diskusi akan berjalan lancar berkat bantuan Live Translate. Fitur tersebut dapat menerjemahkan percakapan yang kamu lakukan bersama dengan teman internasional kamu secara real-time di aplikasi yang digunakan.

Cara Mengaktifkan Live Translate di Samsung Galaxy S24 FE

Sebelum menggunakan fitur Live Translate, kamu wajib mengaktifkan fitur ini di Settings atau Pengaturan perangkat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan/Settings, lalu pilih Galaxy AI.
  2. Pilih Call assist, lalu aktifkan pilihan On.
  3. Pilih Telepon/Phone.

Cara Menggunakan Live Translate Saat Panggilan Telepon

Setelah kamu mengaktifkan fitur Live Translate di Pengaturan perangkat, sekarang saatnya mencoba fitur tersebut dalam panggilan telepon.

  1. Buat atau terima panggilan menggunakan aplikasi telepon bawaan.
  2. Pilih Bantuan panggilan/Call assist.
  3. Lalu, pilih Terjemahkan langsung/Live translate.
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.