NativZen
Advertising Area

Cara Aktifkan Samsung Knox Vault di Galaxy A06 Seharga Rp 1 Jutaan

Dengan Knox Vault, pengguna Galaxy A06 akan merasa tenang karena setiap lapisan keamanan dirancang untuk menjaga informasi berharga.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Kebocoran data merupakan hal yang sedang marak terjadi di dunia modern. Data menunjukkan bahwa Indonesia menempati posisi ke-8 paling tinggi di dunia sepanjang tahun 2020 – 2024 dengan jumlah kebocoran data sebanyak 94,22 juta data.

Oleh karena itu, kesadaran dan pengertian masyarakat akan perlindungan data mereka dengan sistem keamanan yang baik menjadi penting. Smartphone adalah salah satu perangkat yang berisikan banyak data personal yang perlu kita perhatikan keamanannya.

Samsung pun tidak berkompromi dengan masalah keamanan. Samsung menanamkan fitur keamanan unggul Knox Vault yang dapat melindungi data dan informasi sensitif milik pengguna, bahkan di perangkat entry-level sekalipun, seperti pada Galaxy A06 terbaru.

Dengan dukungan Samsung Knox Vault, data-data penting yang tersimpan di Galaxy A06 akan dilindungi oleh sistem keamanan berlapis. Hal ini bertujuan memastikan keamanan maksimal untuk smartphone kamu.

Dengan Knox Vault, kamu dapat merasa tenang karena setiap lapisan keamanan dirancang untuk menjaga informasi berharga tetap terlindungi dari potensi risiko. Knox Vault pun mendukung berbagai fitur keamanan yang menambah proteksi data pribadi kamu di Galaxy A06. Fitur apa sajakah itu?

Layar Kunci

Untuk melindungi isi Galaxy A06 kamu, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah mengaktifkan layar kunci dengan password, PIN, atau juga sidik jari. Dengan layar kunci, lebih sulit bagi orang lain untuk memaksa membuka smartphone kamu. Cara mengaktifkannya:

  • Pergi ke Pengaturan, klik pada Keamanan dan Privasi
  • Klik pada opsi Layar Kunci
  • Pilih Layar Kunci untuk mengaktifkan Password dan PIN. Untuk keamanan lebih, pilih
    Fingerprints untuk mendaftarkan Sidik Jari.

Pemblokir Otomatis

Bagi sebagian besar pengguna smartphone mungkin pernah mendapatkan pesan dari orang yang tidak dikenal yang mengirimkan link atau file yang tidak jelas asalnya. Tidak sedikit juga dari para penipu ini yang mengatakan suatu hal yang membuat kita ingin meng-klik link tersebut.

Tetapi sebenarnya, link yang dikirim berisi APK jahat untuk mencuri semua data di smartphone kita. Untuk mencegah hal ini, Samsung menghadirkan fitur Auto Blocker/Pemblokir Otomatis pada Galaxy A06.

Fitur ini bisa mencegah pengguna untuk mengunduh dan memasang aplikasi yang memiliki virus atau APK jahat didalamnya. Selain itu, Auto Blocker juga memastikan bahwa hanya aplikasi yang telah diverifikasi yang dapat diinstal di perangkat kamu.

Selain itu, mengaktifkan Pemblokir Otomatis akan memblokir serangan rekayasa sosial seperti phishing suara yang digunakan untuk membujuk kamu menginstal software berbahaya. Fitur ini juga dilengkapi kontrol tambahan.

Kontrol tambahan ini seperti pemeriksaan keamanan aplikasi untuk mendeteksi malware dan mencegah instalasi software lewat kabel USB, misalnya saat mengisi baterai di fasilitas publik seperti di bandara. Cara mengaktifkannya:

  • Pergi ke Pengaturan, klik pada Keamanan dan privasi
  • Klik pada Pemblokir Otomatis dan geser tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan.

Folder Aman

Folder Aman dapat menjadi tempat ideal untuk menyimpan berbagai jenis aplikasi dan data yang kita anggap berharga. Foto-foto dan video pribadi, file kontrak kerja, aplikasi m-banking, dan informasi pribadi lainnya tentu bukan informasi yang boleh untuk bocor ke mana-mana.

Kamu bisa simpan dokumen-dokumen atau informasi penting semacam ini di Folder Aman yang ada di Galaxy A06, sehingga tidak bisa diakses oleh orang yang tak berhak. Folder ini diproteksi oleh lapisan keamanan ekstra yang akan mengenkripsi seluruh data yang disimpan di sana.

Untuk membuat Folder Aman:

  • Buka Pengaturan – Keamanan dan privasi – Pengaturan keamanan lainnya
  • Pilih Folder Aman
  • Jika perlu, log in dahulu ke akun Samsung
  • Di layar perizinan yang dibutuhkan Folder Aman, klik Lanjutkan
  • Pilih metode pengunci (Pola, PIN, Kata Sandi, Sidik Jari) lalu klik Lanjutkan
  • Masukkan metode pengunci, pilih Lanjutkan. Masukkan sekali lagi, lalu pilih Konfirmasi
  • Shortcut akan ditambahkan di layar Home. Kamu tinggal membuka Folder Aman dan
    memasukkan file-file penting ataupun menginstall aplikasi di dalamnya.

Untuk memasukkan file ke Folder Aman, ada dua cara:

  • Buka Folder Aman. Klik tambah file atau klik pada 3 dot dan klik Tambah file. Pilih tipe file dan pilih file yang ingin disimpan, klik Selesai
  • Pindahkan file secara langsung dari aplikasi bawaan Samsung, seperti My Files, Galeri and Voice Recorder. Cukup buka aplikasi, pilih file yang hendak dipindahkan, klik ikon tiga dot di sudut kanan bawah, dan klik pindahkan ke Folder Aman.

Adapun untuk menambah aplikasi ke Folder Aman, seperti aplikasi perbankan, berikut caranya:

  • Buka Folder Aman. Klik tambah aplikasi atau simbol (+)
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu tambahkan. Kalau hendak mengunduh langsung, klik unduh dariPlay Store atau Unduh dari Galaxy Store
  • Lalu klik Tambahkan.

ID Pemanggil dan Proteksi Spam

Dengan makin vitalnya peran smartphone sebagai pusat dari cara kita bekerja, hidup dan bermain, bahkan untuk menggantikan dompet, tak heran kalau penjahat akan terus berusaha membobol perangkat ini dengan berbagai cara.

Mungkin kita kadang menganggap telepon spam sebelah mata dan hanya sekadar gangguan. Padahal, pesan maupun telpon spam bisa saja menyembunyikan kode berbahaya yang dapat menginfeksi perangkat kamu.

Di ponsel ini, kamu bisa mengidentifikasi dan memblokir panggilan spam, caranya:

  • Buka aplikasi telepon. Klik pada ikon 3 dot. Klik pengaturan.
  • Geser tombol pada ID Pemanggil dan proteksi spam ke kanan untuk mengaktifkan.
  • Klik pada ID Pemanggil dan proteksi spam
  • Geser tombol Blokir panggilan spam dan penipuan untuk mengaktifkan.
  • Kamu bisa pilih: blokir semua spam dan scam call atau hanya memblokir yang berisiko tinggi.

Mode Perawatan

Jika suatu hari kamu perlu membawa smartphone Galaxy A06 ke Service Center, Samsung Knox Vault memberikan proteksi maksimal untuk data-data pribadi melalui fitur Maintenance Mode/ Mode Perawatan.

Mode Perawatan dirancang khusus untuk melindungi dan menyembunyikan data pribadi kamu agar tidak dapat diakses oleh petugas Service Center ketika smartphone kamu sedang menjalani perbaikan. Kamu bisa tenang menitipkan smartphone saat diperbaiki.

Ketika kamu mengaktifkan fitur Mode Perawatan, kamu dapat mengatur profil pengguna yang berbeda, memastikan akun dan data utamamu tetap privat. Untuk mengaktifkan mode ini:

  • Buka Pengaturan, tap Perawatan perangkat.
  • Klik Mode Perawatan

Setelah Mode Perawatan diaktifkan, kamu dapat menyembunyikan semua data pribadi termasuk foto, video, kontak, dan pesan serta mencegah akses yang tidak sah. Mode ini juga memastikan bahwa tidak ada data yang terhapus secara tidak sengaja dari perangkat kamu karena perbaikan.

Pembaruan Perangkat Lunak dan Keamanan

Dengan pembaharuan perangkat lunak sebanyak dua kali dan keamanan selama empat tahun, Samsung berkomitmen untuk menjaga Galaxy A06 tetap aman dan optimal dalam jangka panjang untuk digunakan oleh pemiliknya.

Update ini tidak hanya memberikan fitur terbaru, tetapi juga memastikan bahwa perangkat terlindungi dari ancaman keamanan baru. Ini penting bagi pengguna yang menginginkan perangkat yang awet dan tetap bisa diandalkan selama beberapa tahun ke depan.

Dengan begitu, pengguna Galaxy A06 tidak perlu lagi khawatir akan kerentanan atau performa yang menurun. Kamu juga bisa mengecek secara rutin apakah ada update terbaru atau tidak di Galaxy A06 kamu, berikut caranya:

  • Pergi ke Pengaturan
  • Pilih opsi Pembaruan perangkat lunak
  • Klik Unduh and instal

Itulah enam cara setting ponsel agar data pribadi kamu tetap aman di Galaxy A06 yang sudah diproteksi dengan Samsung Knox Vault. Sekarang, kamu juga sudah bisa mendapatkan smartphone tersebut di toko offline maupun online di seluruh Indonesia.

Menariknya lagi, ada penawaran cashback hingga Rp 100.000 sehingga harga Galaxy A06 menjadi Rp 1.499.000 (4GB/64GB) dan Rp 1.699.000 (4GB/128GB) dan promo menarik senilai Rp 575.000.

Promo tersebut mencakup Travel Adapter 25W, paket data XL 36GB hingga 12 bulan, dan Youtube Premium selama 2 bulan. Kamu juga bisa melakukan pembelian dengan Finance+ dengan harga cicilan mulai dari Rp 153.398/bulan.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.