NativZen
Advertising Area

Mastercard x Indosat Tawarkan Inovasi untuk Mobilitas Perkotaan

Kolaborasi ini bertujuan untuk pengembangan manajemen armada berbasis teknologi dan transaksi-dalam kendaraan di Indonesia.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Mastercard dan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bekerja sama dalam menampilkan teknologi mutakhir dalam sistem transportasi dan pembayaran, yang disebut NEXTFleet.

Kerja sama tersebut ditunjukkan melalui prototipe yang mengintegrasikan solusi pembayaran dalam kendaraan dari Mastercard dengan sistem manajemen armada berbasis kecerdasan buatan (AI) dari Indosat.

Kolaborasi ini juga merupakan langkah penting bagi kedua belah pihak, yang menunjukkan potensi besar dari ekosistem transportasi yang terkoneksi, serta menggabungkan mobilitas dan transaksi untuk membentuk kembali mobilitas perkotaan di Indonesia.  

Inisiatif ini memanfaatkan keahlian global Mastercard dalam solusi mobilitas perkotaan dan memanfaatkan platform NEXTFleet dari Indosat. Ini akan mengekplorasi berbagai cara untuk meningkatkan pengalaman pengemudi dan efisiensi operasional.

Setiap tahunnya, Mastercard memproses miliaran transaksi mobilitas perkotaan secara global di dalam jaringannya – mencapai US$59,4 miliar di 2022 – dan terus memenuhi kebutuhan perjalanan untuk semua orang, di mana pun mereka.

Melalui prototipe solusi ini, Mastercard dan Indosat ingin memperkenalkan teknologi inovatif yang bisa dimanfaatkan oleh operator armada dan pengelola transportasi umum, serta produsen otomotif untuk meningkatkan nilai produknya bagi konsumen individu.  

Prototipe ini menampilkan solusi pembayaran dalam kendaraan yang memungkinkan pengemudi dapat bertransaksi dengan aman dan mudah dari dasbor kendaraan, tanpa perlu meninggalkan kendaraan mereka.

Dengan memanfaatkan inovasi tokenisasi dan biometrik Mastercard, pengemudi dapat menyimpan kredensial pembayaran secara aman dalam sistem infotainment kendaraannya, dan mengautentikasi pembayaran hanya dengan menggunakan sidik jari.

NEXTFleet dari Indosat melengkapi ini dengan membantu perusahaan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan memantau armada secara real-time lewat aplikasi seluler dan perangkat IoT, mengurangi biaya operasional, meningkatkan efisiensi, serta mendorong produktivitas.

Potensi penggunaan solusi pembayaran dalam kendaraan dan manajemen armada berbasis AI ini, memiliki potensi tak terhingga baik untuk penggunaan pribadi, maupun terintegrasi, dan menekankan pada mobilitas yang terkoneksi bagi masa depan transportasi perkotaan.

Seperti dijelaskan oleh  Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer of Indosat Ooredoo Hutchison bahwa Indosat berkomitmen untuk memanfaatkan AI dan teknologi inovatif guna merevolusi mobilitas perkotaan di Indonesia.

“Kemitraan dengan Mastercard menggarisbawahi ambisi kami menjadi AI TechCo, yang mencerminkan tujuan besar kami dalam memberdayakan Indonesia melalui solusi lebih cerdas dan efisien, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” ujar Vikram.

Kolaborasi ini juga disambut gembira oleh Aileen Goh, Country Manager and President Director, PT Mastercard Indonesia. Ia mengatakan bahwa Mastercard berkomitmen secara global untuk mendorong inovasi di berbagai sektor, termasuk pembayaran digital dan keamanan siber.

“Upaya Mastercard dalam mobility-as-a-service dan solusi pembayaran dalam kendaraan merupakan bagian dari upaya global kami untuk mengeksplorasi teknologi mutakhir bersama para pemimpin industri,” ucap Aileen Goh.

Ditambahkan oleh Aileen Goh bahwa melalui kolaborasi ini, Mastercard menampilkan berbagai kemungkinan yang dapat terwujud ketika inovasi, mobilitas, dan perdagangan dipadukan, serta apa yang akan datang di masa depan dengan ekosistem mobilitas perkotaan di Indonesia.

 Kolaborasi ini didasari oleh perjalanan Mastercard selama satu dekade untuk menciptakan solusi mobilitas yang terhubung tanpa hambatan, serta pengalaman pembayaran yang lebih terintegrasi dan intuitif bagi para komuter di seluruh dunia.

Di Jerman, Mastercard telah bekerja sama dengan Mercedes Benz untuk memperkenalkan pembayaran dalam mobil untuk pengemudi melakukan pembayaran di pom bensin langsung dari kendaraan mereka, hanya dengan sidik jari.

Seperti yang ditunjukkan di Urban Mobility Center Mastercard di Amsterdam, Mastercard berkomitmen mengubah cara orang bergerak di dalam kota, serta berbagi keahlian, praktik terbaik, inovasi, dan kemampuan prototipe cepat dengan mitra dari seluruh dunia.

Kolaborasi Mastercard dan Indosat menegaskan kepemimpinan kedua perusahaan dalam inovasi teknologi. Keduanya tak hanya melewati batas standar industri, namun juga mempercepat hadirnya inovasi mobilitas di era modern.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.