NativZen
Advertising Area

Video Trailer GTA VI Bocor, ini Reaksi Pengembang Game

Kebocoran trailer Grand Theft Auto 6 (GTA IV) tersebut menyebabkan gelombang kekecewaan dan frustrasi di kalangan pekerja di Rockstar Games.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Tepat tanggal 5 Desember 2023, Rockstar Games menepati janjinya untuk merilis trailer perdana Grand Theft Auto 6 (GTA VI). Hanya saja, perilisan trailer tersebut dipercepat oleh Rockstar karena dikabarkan sudah bocor lebih dulu.

Jelas, kebocoran tersebut menyebabkan gelombang kekecewaan dan frustrasi di kalangan pekerja di Rockstar Games. Kebocoran tak terduga ini juga mengungkap investasi emosional dan antisipasi yang tentunya dimiliki kebanyakan pengembang game terhadap proyeknya.

Kebocoran tersebut memaksa pengembang untuk merilis trailernya lebih awal. Ya! Trailer GTA 6, yang merupakan tonggak penting dalam pengembangan game ini, dimaksudkan sebagai momen kebanggaan dan perayaan kolektif bagi tim Rockstar.

Sebaliknya, hal itu berubah menjadi skenario yang mengecewakan. Situasi yang tak mengenakkan memaksa Rockstar untuk mempercepat perilisan resmi trailer tersebut, dan mendesak para penggemar untuk menonton ‘yang asli’ di YouTube.

Pada akhirnya, ini pun berdampak kekecewaan dari pengembang game lainnya, yang menyebutkan bahwa ini adalah gabungan antara kesedihan dan frustrasi. Banyak dari mereka yang ingin menonton trailer tersebut bersama rekan-rekan.

Seperti diungkap oleh Angel Ortiz, seorang programmer di Rockstar yang berencana untuk menonton trailer perdana GTA VI tersebut bersama teman-teman programmernya di kantor. Jelas, kekecewaan tersebut menggarisbawahi rasa persahabatan dan kerja tim.

Beberapa rekan industri yang sama, seperti yang dikerjakan oleh Rockstar juga menyuarakan keprihatinan mereka atas kebocoran trailer perdananya itu. Perkerja di Xbox dan Larian Studios menyoroti dampak negatif kebocoran terhadap strategi pemasaran.

Pernyataan mereka menggarisbawahi masalah yang lebih luas dalam industri game, di mana kebocoran dapat mengganggu peluncuran yang sudah direncanakan dengan cermat dan mengurangi kendali pembuat konten atas narasi mereka.

Namun, meskipun rilisnya harus dipercepat, trailer resmi GTA VI telah menjadi sensasi di YouTube, memecahkan rekor jumlah penonton. Ini adalah bukti basis penggemar game yang sangat besar dan popularitas seri Grand Theft Auto di mata para penggemarnya.

Tak sedikit yang mengatakan bahwa kebocoran tersebut sebuah kemunduran, dan hal ini secara tidak sengaja meningkatkan gebrakan seputar game tersebut. Ini juga menunjukkan semangat komunitas game dan para pengembang di Rockstar Games.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.