NativZen
Advertising Area

Beeper Mini untuk Android Dimatikan Apple, ini Alasannya

Apple akhirnya mengambil tindakan untuk mematikan aplikasi Beeper Mini yang berjalan di perangkat Android. Alasannya karena masalah keamanan.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Apple telah mengambil tindakan cepat dengan men-shutdown (mematikan) aplikasi Beeper Mini. Bagi kamu yang belum tahu, Beeper Mini merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna Android mengakses dan mengirim pesan melalui aplikasi iMessage.

Langkah yang dilakukan oleh Apple ini hanya beberapa hari setelah Beeper meluncurkan aplikasinya pada 5 Desember lalu. Aplikasi Beeper, yang sekarang dikenal sebagai Beeper Cloud, bekerja dengan me-routing pesan iMessage melalui Mac secara remote.

Namun, Beeper Mini mengambil pendekatan yang berbeda dengan berhubungan langsung ke server Apple, dan mengabaikan server Beeper sendiri. Proses ini bahkan menghilangkan kewajiban login ID Apple di aplikasi, tetapi memberi keuntungan bagi pengguna Android.

Disebutkan bahwa keuntungan yang dimaksud adalah pengguna Android mendapatkan pengalaman yang “lebih lancar” untuk menggunakan iMessage. Hal ini membuat Apple marah, terutama terkait risiko keamanan yang akhirnya harus mematikan Beeper Mini.

Terlanjur ramai di jagat maya, Apple pun akhirnya buka suara mengenai langkah mereka untuk mematikan Beeper Mini. Dikatakan bahwa Apple membangun produk dan layanan dengan teknologi privasi serta keamanan terdepan untuk semua penggunanya.

“Kami mengambil langkah-langkah untuk melindungi pengguna dengan memblokir teknik yang mengeksploitasi kredensial palsu guna mendapatkan akses ke iMessage. Teknik-teknik ini menimbulkan risiko signifikan terhadap keamanan dan privasi pengguna,” ucap Apple.

Beeper, di sisi lain, menyatakan bahwa Beeper Mini aman dan menawarkan privasi lebih baik daripada SMS tidak terenkripsi. Bahkan, Beeper menawarkan untuk membagikan seluruh kode sumbernya dengan pihak ketiga guna mengevaluasi keamanannya secara independen.

Meskipun Beeper Cloud tetap beroperasi, Beeper Mini saat ini sudah tidak aktif alias tidak bisa digunakan lagi. Selain itu, Beeper juga telah membatalkan seluruh pendaftaran nomor telepon dari perangkat Android atas nama pengguna.

Namun, meski sudah dimatikan, Beeper memberikan perpanjangan masa uji coba gratis selama satu minggu lagi. Hal ini sebagai bentuk kompensasi yang diberikan oleh Beeper kepada semua pengguna terkait langkah Apple untuk mematikan aplikasi tersebut.

Di sisi lain, Apple sebagai raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino ini juga telah mengumumkan rencananya untuk memperkenalkan lebih lanjut langkah-langkah keamanan terbaru pada pembaruan iOS 17.2 mendatang, termasuk iMessage Contact Key Verification.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.