NativZen
Advertising Area

Cara Menemukan Ketinggian a.k.a Elevasi di Google Maps

Ingin pergi jalan-jalan, joging atau bersepeda ke sebuah wilayah? Gunakan Google Maps untuk mengetahui ketinggian atau elevasi wilayah tersebut.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Google Maps adalah tools yang populer digunakan oleh banyak orang, dan begitu luar biasa karena menyajikan informasi yang begitu detail tentang lokasi di seluruh dunia. Salah satu hal yang paling berguna untuk diketahui adalah tentang ketinggian (elevasi) suatu area.

Mungkin kamu mengira akan mudah menemukan informasi mengenai ketinggian sebuah wilayah yang tertangkap di Google Maps. Namun, ukuran ketinggian tersebut “agak” disembunyikan oleh Google selaku pengembang tools peta digital ini.

Ya! Saat berjalan kaki, joging, atau sekadar bersepeda bersama teman atau keluarga, tentunya penting untuk mengetahui apakah kamu akan mendaki bukit saat jalan-jalan atau apakah itu jalur yang mudah untuk kamu lalui.

Kamu dapat membuka maps.google.com di PC Windows atau Mac atau menggunakan aplikasi Google Maps di ponsel pintar. Aplikasi ini sudah terpasang di sebagian besar ponsel pintar berbasiskan Android, bahkan model terjangkau, dan juga berfungsi di iPhone.

  • Buka Google Maps dan gunakan bilah pencarian untuk menemukan lokasi yang diinginkan.
  • Arahkan kursor ke (atau ketuk) ikon Lapisan (Layer) untuk membuka menu dan pilih Medan (Terrain).
  • Perbesar area yang diarsir, yang menunjukkan perbukitan atau pegunungan.
  • Perhatikan angka berwarna abu-abu di sepanjang garis. Pada contoh gambar, 2000′ adalah ketinggian sepanjang garis kontur tersebut.

Perbesar lebih jauh untuk melihat lebih detail angka ketinggian yang diperlihatkan oleh Google Maps. Kamu mungkin dapat mengamati lebih dari satu garis kontur dan angka ketinggian dalam satu tampilan layar pada aplikasi Google Maps yang ditampilkan.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.