NativZen
Advertising Area

4 Cara Utak-atik GBoard Agar Mengetik Jadi Efisien

Salah satu cara untuk bekerja lebih efisien adalah “mengutak-atik” keyboard ponsel pintar atau tablet yang kamu gunakan.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih efisien bisa jadi itu dambaan banyak orang. Apalagi, buat kamu, si “super sibuk”, tentunya sangat berharap bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dengan lebih cepat menggunakan bantuan teknologi.

Salah satu cara untuk bekerja lebih efisien adalah “mengutak-atik” keyboard ponsel pintar yang kamu gunakan. Ya! Kamu tentunya sudah terbiasa dari waktu ke waktu untuk membalas pesan yang masuk di ponsel pintar, atau sekadar input teks pada layar sentuh.

Menariknya, papan ketik Gboard yang dibuat oleh Google dan terpasang di banyak ponsel pintar berbasiskan Android rupanya memiliki beberapa opsi lanjutan yang mengagumkan untuk meningkatkan kemampuannya, dan membuatnya lebih mudah untuk digunakan.

Setiap mengutak-atik Gboard yang kamu lakukan mungkin bisa memakan waktu kurang dari satu menit. Namun, begitu tahu cara-cara untuk mengutak-atik papan ketik buatan Google tersebut, ini akan menghemat banyak waktu kamu sepanjang hari.

Utak-atik Gboard #1: Ubah Ketinggian Keyboard

Cara pertama untuk mengutak-atik aplikasi Gboard yang bisa kamu lakukan adalah mengubah ketinggian keyboard di layar. Kamu bisa membuat tombol-tombol yang ada di papan ketik tersebut lebih besar dan lebih melebar.

  • Ketuk bidang teks mana saja untuk menampilkan Gboard.
  • Cari ikon berbentuk persegi panjang dengan panah sudut kiri atas dan kanan bawah di baris keyboard kamu. Jika kamu tidak menemukannya, ketuk ikon di pojok kiri atas Gboard untuk menemukannya di menu opsi lengkap.
  • Ketuk ikon tersebut, lalu gunakan jari kamu untuk menggeser bagian atas atau bawah keyboard ke atas atau ke bawah untuk membuatnya lebih tinggi.
  • Tekan dan tahan ikon dengan empat panah yang mengarah ke luar dan geser keyboard hingga berada di tempat yang kamu inginkan.
  • Tap tanda centang setelah selesai untuk menyimpan perubahan.

Ada baiknya kamu lebih sering untuk mencoba langkah pertama ini sehingga kamu dapat menemukan ketinggian dan penempatan yang paling nyaman. Selanjutnya, nikmati pengalaman mengetik dengan Gboard yang sudah kamu utak-atik.

Utak-atik Gboard #2: Bikin Keyboard Melayang

Utak-atik Gboard berikutnya yang bisa kamu lakukan ini adalah mengambil ide dengan mengubah bentuk keyboard ke tingkat yang lebih tinggi. Ini memungkinkan kamu seakan-akan melepas Gboard sepenuhnya dari bagian bawah layar.

Kamu pun bisa menyesuaikan ukurannya, tidak hanya tinggi tetapi juga lebarnya. Kamu pun bisa meletakkan keyboard tersebut di mana saja yang kamu inginkan di layar. Ya! Ini sangat berguna pada hampir semua jenis perangkat berbasiskan Android, terutama tablet.

Diimplementasikan pada perangkat yang punya layar lebih lebar, Gboard yang melayang, dan ditempatkan di area tertentu, ini sangat membantu kamu dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan lebih cepat. Mengetik lebih cepat, mudah dan ergonomis.

  • Sekali lagi, ketuk bidang teks mana saja untuk menampilkan Gboard.
  • Kali ini, cari ikon yang menyerupai papan ketik dengan garis di bawahnya — atau, jika kamu lebih suka, kepala robot kecil yang funky — di baris atas papan ketik kamu. Dan lagi, jika kamu tidak menemukannya, ketuk ikon empat persegi di pojok kiri atas Gboard untuk menemukannya di menu opsi lengkap.
  • Ketuk ‘board-bot’ yang funky itu, lalu tekan dan tahan garis horizontal di bagian bawah keyboard untuk memindahkannya ke mana pun di layar — dan, setelah kamu melepaskannya, sentuhkan jari kamu ke salah satu sudut keyboard dan geser secara diagonal ke dalam atau ke luar untuk mengubah ukuran keyboard.

Utak-atik Gboard #3: Mengetik dengan Satu Tangan

Lebih produktif jika mengetik dengan satu tangan? Utak-atik Gboard berikut ini tentunya sangat cocok untuk kamu. Dengan beberapa ketukan cepat, kamu dapat menekan keyboard di layar ke sisi kiri atau kanan, membuatnya lebih mudah diakses dengan tangan mana pun.

  • Ketuk bidang teks mana saja untuk memanggil “teman lama” kamu, Gboard.
  • Temukan ikon yang terlihat seperti tangan yang memegang tablet.
  • Jika kamu tidak menemukannya di baris atas Gboard, tekan tombol ikon di sudut kiri atas keyboard untuk melacaknya.
  • Setelah ditemukan, ketuk ikon tersebut, dan papan ketik kamu akan berpindah ke sisi kiri atau kanan layar.
  • Kamu kemudian dapat mengubah sisi mana yang ingin digunakan, yakni dengan mengetuk panah kiri atau kanan di sepanjang sisinya.

Utak-atik Gboard #4: Pecah Menjadi Dua

Utak-atik Gboard terakhir yang bisa kamu lakukan ini hanya terbatas pada perangkat dengan layar lebih besar, khususnya tablet atau ponsel pintar yang dapat dilipat. Ya! Kamu bisa membagi keyboard menjadi dua bagian, masing-masing akan rata kiri dan rata kanan.

  • Tampilkan Gboard, dan karena ini cara keempat harusnya kamu sudah lebih piawai.
  • Cari ikon di baris atasnya yang memperlihatkan kotak dengan titik-titik di dalamnya, terbagi antara sisi kiri dan kanan.
  • Ketuk ikon tersebut untuk beralih ke pengaturan terpisah — dan jika kamu ingin menonaktifkan mode split dan kembali ke konfigurasi keyboard standar, ketuk ikon yang sama.
()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.