NativZen
Advertising Area

POCO: RAM Berkapasitas Besar untuk Apa?

POCO beralasan bahwa RAM adalah salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam sebuah ponsel pintar.

Advertising Area

NATIVZEN.com – POCO di pasar Indonesia kembali menggoda para penggemarnya, POCO Fans. POCO mengatakan bahwa mereka akan selalu menghadirkan performa ekstrem dalam setiap ponsel pintar yang dipasarkan di Indonesia. Ya! POCO akan menghadirkan ponsel pintar dengan RAM besar.

POCO beralasan bahwa RAM adalah salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam sebuah ponsel pintar. Kapasitas RAM yang dimuat ke dalam sebuah ponsel pintar akan mempengaruhi performa perangkat tersebut.

Dijelaskan oleh Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia bahwa RAM merupakan salah satu komponen yang paling menentukan performa sebuah ponsel pintar. Makin besar kapasitas RAM, tentunya akan semakin baik.

“Kapasitas RAM ikut menentukan performa sebuah ponsel pintar. Jika RAM berkapasitas kecil yang dimuat ke dalam perangkat tersebut, bisa menghambat performa meski CPU yang ditanam ke dalam ponsel pintar tersebut sudah kencang,” jelas Andi.

Andi juga menegaskan bahwa POCO selalu berusaha memberikan RAM yang memadai agar performa ponsel pintar yang ada di tangan pengguna bisa terasa lebih bertenaga. Apalagi jika dipakai sebagai perangkat harian untuk menunjang aktivitas yang super padat.

Namun, apakah RAM itu sebenarnya, serta bagaimana cara kerjanya hingga perannya begitu penting bagi sebuah ponsel pintar? Bung Andi sapaan akrab Andi, akan mengupasnya secara tuntas agar kamu lebih mengerti, apa itu RAM dan peranannya.

Tak kenal maka tak sayang

Pada dasarnya, RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu jenis memori dengan karakter cepat. Untuk memudahkan dalam memahami RAM lebih dalam, ada baiknya kita mengerti cara pemrosesan data di ponsel pintar, khususnya terkait peran RAM di dalamnya.

Begini, ketika ponsel pintar kita nyalakan, aplikasi berikut data-data lain yang belum dijalankan/diakses berada di storage. Ketika aplikasi dijalankan, barulah ditempatkan di RAM. Dari sini terlihat kalau RAM merupakan memori untuk menampung aplikasi maupun data-data lain yang sedang berjalan/diakses.

Ketika aplikasi tersebut sudah tidak berjalan, maka akan dihapus dari RAM. Karena itulah RAM juga kerap disebut sebagai memori sementara. Secara arsitektur, RAM berposisi di antara CPU (atau lebih luasnya, chipset) dan storage untuk ‘menjembatani’ kerja kedua elemen tersebut.

Artinya, sistem operasi alias OS maupun aplikasi dan data-data lain yang akan diproses oleh CPU disiapkan oleh RAM dengan membaca/mengambilnya dari storage. Dengan begini, CPU cukup membaca/mengakses data yang ada di RAM.

Ini lebih cepat sekaligus terbilang sangat efisien ketimbang CPU harus membaca/mengambilnya dari storage, yang kecepatan aksesnya jauh di bawah RAM dan isinya masih ‘bercampur’ dengan data yang sedang tidak ingin digunakan.

Jika dianalogikan, RAM adalah kantong di baju atau celana, sementara storage ponsel pintar adalah ransel. Akan jauh lebih cepat menemukan dan mengambil benda yang kita inginkan dari kantong ketimbang dari ransel, bukan? Simpelnya kira-kira seperti itu.

Pengaruh kapasitas RAM

Jika berbicara RAM, yang paling sering diperhatikan adalah kapasitasnya. Setelah paham cara kerja dan peran RAM, sudah mulai kebayang pengaruh kapasitas RAM dalam sebuah ponsel pintar? Berikut ini beberapa yang paling signifikan.

●  Mendongkrak performa hape
Mengingat data-data yang bakal diolah sama CPU terletak di RAM, jadinya dengan semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin banyak pula data yang siap untuk diproses. Sehingga, performa ponsel pintar makin “ngacir”.

Sebaliknya kalau RAM dengan kapasitas kecil, data yang tidak muat ditampung oleh RAM ibarat mesti mengantre dulu sebelum siap diproses. Akibatnya, ketika antrean semakin panjang, ini berisiko membuat ponsel pintar yang kamu gunakan jadi nge-lag.

●  Mendukung multitasking
Aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan juga ditempatkan di RAM. Itulah sebabnya mengapa RAM besar sangat mendukung multitasking. Ya! Semakin besar kapasitas RAM, memungkinkan makin banyak aplikasi yang bisa berjalan secara simultan (bersamaan).

●  Mengingat riwayat
Saat sebuah aplikasi dibuka, RAM juga akan ‘mengingat’ riwayat tersebut serta aktivitas kita di dalamnya. Dengan begini, aplikasi jadi lebih cepat dibuka kembali di kemudian waktu, maupun saat menjalankan fungsi-fungsi atau fitur milik aplikasi tersebut.

Maka, semakin besar kapasitas RAM, bakal makin banyak pula yang dapat diingatnya. Oleh karena itu, ponsel pintar yang kita gunakan dengan kapasitas RAM besar akan semakin cepat untuk membuka aplikasi yang kita ingin jalankan.

●  Main game tambah lancar
Sebuah game membutuhkan RAM yang besar buat menampungnya serta pengoperasiannya, ketika data-data dari game tersebut diolah oleh CPU maupun GPU. Apalagi kalau game 3D, tentu datanya makin besar, sehingga membutuhkan kapasitas RAM yang besar pula.

Mengingat begitu menentukannya peran RAM bagi performa sebuah ponsel pintar, POCO berjanji untuk terus mendobrak batasan di industri ini dengan menghadirkan produk-produk yang mengusung RAM berkapasitas besar di semua lininya.

“POCO selalu berkomitmen untuk menghadirkan rangkaian ponsel pintar dengan RAM berkapasitas besar, termasuk di lini low-end sekalipun. Ini untuk memastikan bahwa ponsel pintar POCO memiliki performa yang paling ekstrem di kelasnya,” pungkas Bung Andi.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.