NativZen
Advertising Area

Prosesor Mobile Core Ultra Terbaru Intel Didukung AI

Intel telah memperkenalkan mobile processor Core Ultra terbaru di acara “AI Everywhere”.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Intel telah memperkenalkan mobile processor Core Ultra terbaru di acara “AI Everywhere”. Ini sekaligus menandai fase transformatif dalam komputasi personal. Prosesor ini, dibangun berdasarkan teknologi proses Intel 4 dan menggunakan kemasan canggih Foveros 3D.

Mobile processor Core Ultra terbaru dari Intel ini juga mewakili perubahan arsitektur yang signifikan dengan akselerasi AI alias kecerdasan buatan khusus di seluruh CPU, GPU, dan unit pemrosesan saraf (NPU) yang baru dan saling terintegrasi.

Mendukung lebih dari 100 independent software vendors (ISV) dan menawarkan lebih dari 300 fitur yang dipercepat dengan AI, Intel bertujuan untuk memposisikan PC AI ini sebagai kekuatan dominan di pasar PC pada tahun 2028.

Fitur utama prosesor Core Ultra ini mencakup arsitektur Performance-core (P-core), yang menawarkan kinerja multi-threaded hingga 11% lebih baik untuk PC ultrathin serta GPU Intel Arc, yang menampilkan hingga delapan Xe-core.

Dukungan tersebut menjanjikan kinerja grafis hingga dua kali lipat dibandingkan pendahulunya. Selai itu, Intel AI Boost NPU juga diklaim mampu meningkatkan efisiensi daya sebesar 2,5x untuk beban kerja AI yang berjalan lebih lama.

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan, prosesor ini juga mendukung hingga 16 core, 22 thread, dan Intel Thread Director generasi berikutnya. Dengan frekuensi turbo maksimum 5,1 GHz, keduanya memberikan peningkatan kinerja yang signifikan.

Sementara itu, kapasitas memori mencapai hingga 64 GB LP5/x dan 96 GB DDR5 yang tentunya diharapkan lebih mengesankan. Mendukung Wi-Fi 6E dan Intel Wi-Fi 7 terpisah, prosesor ini memastikan konektivitas tanpa batas.

Dukungan Intel Bluetooth LE Audio bakal meningkatkan pengalaman audio, sementara konektivitas Thunderbolt 4 menawarkan kecepatan 40 Gbps untuk transfer data super cepat. Dukungan toolkit OpenVINO semakin meningkatkan kinerja AI.

Intel juga sesumbar bahwa mobile processor Core Ultra terbaru ini diklaim sebagai prosesor yang ideal untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis AI. Prosesor ini telah tersedia secara global, dan dirancang untuk menjadi otak pada 230 PC AI dari sejumlah mitra terkemuka.

Salah satu mitra terkemuka Intel yang telah mengadopsi CPU Intel Core Ultra terbaru adalah Acer. Pabrikan laptop yang berbasis di Taiwan ini baru saja mengumumkan Predator Triton Neo 16. Ini adalah laptop yang dirancang untuk para gamer dan juga pembuat konten.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.