NativZen
Advertising Area

Acer Aspire Vero 16 Terbaru Mendukung Netralitas Karbon

Aspire Vero 16 (AV16-51P) diperkenalkan oleh Acer sebagai laptop yang diproduksi untuk mengurangi jejak karbon.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Tak berhenti untuk berinovasi, Acer belum lama telah memperkenalkan laptop terbarunya yang masuk ke dalam lini Aspire Vero, yakni Aspire Vero 16 (AV16-51P). Kehadiran laptop terbaru ini juga sebagai upaya Acer untuk mengurangi jejak karbon.

Sesuai dengan perhitungan jejak emisi karbon dan netralitas karbon internasional, laptop terbaru Acer ini akan menyesuaikan siklus pakai guna mengurangi jejak karbon. Selanjutnya, kredit karbon berkualitas tinggi akan dimanfaatkan untuk mencapai netralitas karbon.

Seperti dijelaskan Jerry Kao, COO, Acer Inc yang berbicara di acara “Conscious Technology for a Brighter Tomorrow” di Dubai bahwa untuk mengatasi tantangan yang disebabkan perubahan iklim, Acer kini merancang produk dan mengutamakan visi ‘conscious technology’.

“Dalam merancang sebuah produk, kini kami mengutamakan visi conscious technology. Kami juga punya komitmen untuk menggunakan 100% listrik terbarukan pada tahun 2035 dan net-zero emissions di tahun 2050 dengan bergabung ke RE 100,” ujar Jerry Ko.

Sejak seri laptop ini dihadirkan oleh Acer, Aspire Vero memang telah dirancang dengan konsep eco-conscious. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi jejak karbon, tak hanya dari sisi manufaktur, tetapi juga hingga ke pengemasannya.

“Setiap prosesnya telah diperiksa dan terus disempurnakan, guna berkontribusi pada pengurangan emisi. Iterasi terbaru kami melalui Aspire Vero 16 (AV16-51P) yang telah melibatkan sejumlah upaya di berbagai aspek,” tambah Jerry Ko.

Acer merancang sasis Aspire Vero 16 terbaru dengan kandungan plastik PCR mencapai 60%. Ini meningkat signifikan dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya 30%. Permukaan laptopnya juga tidak menggunakan material cat, dan Touchpad terbuat dari campuran plastik PCR di lautan.

Jika berbicara mengenai komponen di dalamnya, laptop ini ditenagai prosesor Intel® Core Ultra yang lebih efisien dalam penggunaan daya dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor
terbaru ini juga membawa berbagai perubahan dan peningkatan.

Tak hanya dibekali fitur Intel AI Boost, prosesor Ultra Core terbaru dari Intel ini juga memiliki NPU terintegrasi, dan menjanjikan peningkatan performa untuk berbagai aktivitas AI alias kecerdasan buatan, tetapi dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Seperti telah disinggung, Acer juga membuat kemasan “ramah lingkungan” untuk laptop ini. Acer menggunakan 100% kemasan daur ulang yang sudah tersertifikasi oleh FSC. Dengan desain yang disempurnakan memungkinkan kemasan dapat digunakan kembali.

Sementara, untuk mengurangi emisi, Acer juga bermitra dengan perusahaan logistik yang menggunakan biofuel untuk pengiriman berbagai produk pada rute tertentu. Sedangkan untuk mempermudah proses perbaikan atau upgrade perangkat, Acer menggunakan baut standar.

Tak ketinggalan, Acer juga telah melengkapi Aspire Vero 16 (AV16-51P) dengan aplikasi manajemen daya, yakni Acer Sense. Melalui aplikasi tersebut pengguna bisa memilih 4 mode kinerja yang tersedia, sesuai dengan penggunaannya (Eco+, Eco, Balanced dan Performance).

Setelah upaya penerapan di atas untuk mengurangi emisi, Acer akan memanfaatkan kredit karbon berkualitas tinggi untuk mencapai netralitas karbon. Acer Aspire Vero 16 terbaru juga akan dihadirkan pada ajang CES 2024 yang akan berlangsung di Las Vegas pada Januari 2024.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.