NativZen
Advertising Area

Dua PC AI Pertama dari Microsoft akan Hadir di 2024

PC AI buatan Microsoft, Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 yang debut di tahun depan akan punya peningkatan yang signifikan.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Tampaknya tidak akan ada laptop yang bakal hadir di tahun depan yang tidak dibekali fitur AI alias kecerdasan buatan di dalamnya. Ya! Fitur AI bakal semakin populer dan sejumlah produsen laptop berlomba-lomba untuk mempersiapkan hal itu di tahun 2024.

Salah satunya Microsoft yang disebut-sebut sedang mengerjakan PC AI. Raksasa teknologi yang berbasis di Redmon ini bertujuan untuk meningkatkan secara signifikan kemampuan Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 generasi berikutnya yang akan debut tahun depan.

Informasi tersebut datang secara langsung dari publikasi Windows Central yang menyebutkan bahwa Microsoft berencana memasarkan Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6. Keduanya datang sebagai ‘Generasi PC AI pertama yang sebenarnya’.

Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 akan ditawarkan dalam varian Intel dan ARM berupa chip Intel Meteor Lake generasi ke-14 dan Snapdragon X Elite dari Qualcomm. Kedua prosesor tersebut akan memiliki chip neural processing khusus.

Di internal Microsoft, perangkat berbasis ARM generasi berikutnya ini disebut PC CADMUS. Selain itu, publikasi Windows Central juga mengatakan bahwa kedua PC AI besutan Microsoft tersebut dibuat untuk versi Windows berikutnya yang memiliki codename ‘Hudson Valley’.

Dikatakan juga akan ada lebih banyak peningkatan untuk Surface Pro 10 dan Laptop 6 dari sisi desain yang ditawarkan. Perangkat terakhir yang disebutkan akan punya desain baru, yakni bezel yang lebih tipis, sudut layar membulat, dan lebih banyak port.

Tak hanya itu, datang sebagai PC AI, Microsoft juga akan menambahkan tombol Copilot khusus pada keyboard dan toucpad haptic. Sementara itu, Surface Pro 10 disebut-sebut akan hadir dengan layar lebih cerah, sudut yang membulat dan dukungan konten HDR.

Layar tablet ini juga akan punya lapisan anti-reflektif terbaru untuk mengurangi silau. Rencananya, Surface Pro 10 akan hadir dalam dua varian, model dasar dengan resolusi lebih rendah dan model tingkat atas dengan resolusi layar lebih besar.

Microsoft juga disebut-sebut akan memperkaya tablet ini dengan NFC dan dukungan webcam FoV yang lebih luas. Baik Surface Laptop 6 dan Surface Pro 10, keduanya dijadwalkan sekitar tahun 2024, jadi kita tunggu saja. Bagaimana menurut kalian?

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.