NativZen
Advertising Area

Kulkas Samsung Dibekali AI Bakal Muncul di CES 2024

Bespoke 4-Door Flexâ„¢ Refrigerator dengan AI Family Hubâ„¢+ 2024, kulkas terkini dari Samsung yang dibekali AI akan unjuk gigi di CES 2024.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Gelaran CES 2024 akan digelar mulai minggu depan, tepatnya mulai 9 hingga 12 Januari 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat. Salah satu raksasa elektronik yang akan meramaikan pameran teknologi terbesar tahunan itu adalah Samsung.

Tak main-main, Samsung kembali ikut meramaikan gelaran CES dengan memperkenalkan produk, aplikasi, dan fitur dapur terbaru. Menariknya lagi, semua yang dipamerkan oleh Samsung ini membawa dukungan kecerdasan buatan (AI).

Tak hanya itu, lagi dan lagi, Samsung juga memamerkan seluruh produknya di ajang CES 2024 dengan menawarkan konektivitas SmartThings yang telah ditingkatkan. Ini akan menyuguhkan ekosistem yang memberikan pengalaman di dapur yang lebih baik.

Produk dan fitur-fitur penting dalam jajarannya itu mencakup Bespoke 4-Door Flexâ„¢ Refrigerator dengan AI Family Hubâ„¢+ 2024. Ini merupakan kulkas dengan fitur Internet of Things (IoT) pertama di industri yang diluncurkan pada tahun 2016 lalu.

Namun, kini raksasa elektronik asal Korea Selatan itu mendongkrak kemampuannya dengan menyuntikkan fitur AI Vision Inside, yang semuanya serba baru. Selain itu, ada juga Anyplace Induction Cooktop, serta layanan Samsung Food yang disempurnakan.

Fitur AI untuk Ide Mengolah Makanan

Bespoke 4-Door Flexâ„¢ Refrigerator yang ditambah AI Family Hubâ„¢+ dikemas oleh Samsung dengan berbagai teknologi inovatif. Salah satu fitur terbaru yang diklaim oleh Samsung bakal membuat pengguna takjub adalah AI Vision Inside.

Samsung menyematkan kamera internal pintar ke dalam kulkas ini untuk mengenali barang yang dimasukkan dan dikeluarkan. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan teknologi ‘Vision AI’, yang dapat mengidentifikasi hingga 33 jenis makanan segar.

Teknologi berbasis AI itu bekerja berdasarkan kumpulan data pelatihan yang sudah ditetapkan, meliputi sekitar 1 juta foto makanan. Pengguna juga dapat menambahkan informasi tanggal kedaluwarsa pada daftar makanan melalui layar Family Hubâ„¢+.

Itu bisa dilakukan secara manual untuk barang-barang yang ingin dipantau. Selanjutnya, lemari es ini akan mengirimkan peringatan melalui layar LCD 32 inci untuk barang-barang yang akan kedaluwarsa sebelum waktunya.

Ada juga fitur Fridge Manager, yang memantau status filter air di dalam kulkas dan menginformasikan kapan filter harus diganti. Itu bisa dilihat langsung oleh pengguna melalui layar Family Hubâ„¢+, dan memungkinkan pembelian filter air baru dengan cepat via Amazon.

Kegunaan layar Family Hubâ„¢+ tidak berhenti sampai di situ. Anyplace Induction Cooktop dan Slide-in Range terbaru dari Samsung memiliki layar LCD 7 inci di mana pengguna dapat menelusuri resep yang telah dipilih dan disimpan dari Family Hubâ„¢+.

Hal ini bertujuan membantu pengguna menyiapkan makanan. Anyplace Induction yang baru juga meningkatkan fungsi dasar memasak, termasuk pemanasan panci dan wajan yang efektif dan tanpa batas di bagian mana pun dari kompor tersebut.

Itu semua berkat teknologi koil lembaran induksi yang dikembangkan Samsung. Selain itu, dengan menggunakan Anti-Scratch Glass sebagai pengganti kaca keramik standar, pengguna tidak perlu khawatir akan menggores permukaan induksi saat memindahkan peralatan masak.

Ditambah lagi, aplikasi Samsung Food – yang kini dapat diakses oleh pengguna di Family Hubâ„¢+, Anyplace Induction Cooktop, dan Slide-in Range – menghadirkan beberapa fitur AI yang telah disempurnakan oleh Samsung.

Contoh, fitur ‘Personalize’ yang didukung Food AI yang telah disempurnakan membantu pengguna menyesuaikan resep sesuai dengan kebutuhan diet, di luar yang sebelumnya tersedia – vegan, fusion – untuk mengakomodasi diet bebas gluten, pescatarian, bebas-susu, dan lainnya.

Sementara itu, fitur baru ‘Image-to-Recipe’ dengan Vision AI yang canggih kini dapat mengenali makanan dan berbagai bahan makanan dari foto serta mengeksplorasi hidangan yang dapat dibuat dengan bahan-bahan tersebut.

Terakhir, yang tak kalah menarik adalah Tailored Meal Plan. Fitur ini akan menganalisis informasi dari pengguna dengan menghubungkan ke profil Samsung Health mereka. Tujuannya untuk membuat makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan mereka.

Menciptakan Dapur yang Lebih Baik Setiap Hari

Dengan Bespoke 4-Door Flexâ„¢ Refrigerator yang dilengkapi AI Family Hubâ„¢+ sebagai pusatnya, ekosistem makanan terkait erat dengan fitur-fitur AI pada produk dapur dan layanan Samsung Food jadi saling terhubung dan menunjang satu sama lain.

Karena itu, pengguna bisa lebih “relate” dengan persediaan makanan sepanjang hari serta memberikan pengalaman dapur yang pintar dan terkoneksi. Di sisi lain, Samsung Food juga terhubung dengan Samsung Health untuk memberikan manfaat lebih bagi pengguna.

Layanan ini menggunakan informasi kesehatan yang dikumpulkan dari Samsung Health untuk menyarankan resep yang sehat dan sesuai. Setelah itu, pengguna dapat mengirimkan instruksi memasak untuk resep tersebut ke berbagai peralatan dapur mereka.

Kemudian ada Tap View, yang menawarkan kenyamanan sehingga memungkinkan pengguna untuk mirroring tampilan ponsel pintar Galaxy mereka ke layar Family Hub™+ dengan mudah. Pengguna juga dapat menikmati aplikasi YouTube dan TikTok di layar kulkas mereka.

Semua kemajuan ini dibangun untuk mencapai tujuan yang lebih besar dari Samsung dalam memperluas ekosistem makanan berbasis AI yang terhubung tanpa batas. Fokus utamanya adalah untuk memberikan pengalaman dapur yang pintar kepada pengguna.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.