NativZen
Advertising Area

Microsoft akan Menambahkan Tombol Copilot di Keyboard

Dalam upaya besar menuju AI, Microsoft telah bersuara bahwa laptop Windows masa depan akan hadir dengan tombol Copilot khusus.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Microsoft belum lama ini telah mengumumkan bahwa aplikasi AI yang dikembangkannya, yakni Copilot telah tersedia untuk pengguna Android, iOS dan iPadOS. Laporan lainnya menyebutkan bahwa Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 akan hadir sebagai PC AI.

Ya! Dua perangkat terakhir yang disebutkan memang masih digarap oleh Microsoft dan diharapkan akan hadir di tahun 2024 ini. Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 akan hadir sebagai PC AI generasi nyata pertama dari Microsoft.

Kini, dalam upaya besar menuju AI, raksasa teknologi yang berbasis di Redmond itu juga telah bersuara bahwa laptop Windows masa depan akan hadir dengan tombol Copilot khusus. Ini artinya akan ada perubahan besar pada keyboard di Windows dalam hampir tiga dekade.

Tiga dekade lalu, Microsoft memperkenalkan tombol Windows untuk membuka menu mulai, dan tombol menu segera ditambahkan di sisi kanan untuk membuka menu konteks. Kini, Microsoft menggandakan upaya AI dengan mengumumkan bahwa tombol Copilot khusus akan menggantikan tombol menu.

Letaknya di sisi kanan keyboard, di sebelah tombol ‘Alt’. Namun, penempatannya diperkirakan bervariasi berdasarkan OEM dan pasar yang berbeda. Microsoft juga mengungkapkan bahwa mitra dan OEM-nya akan mengadopsi tombol Copilot baru pada PC dan laptop terbaru.

Ini jelas akan diterapkan pada perangkat Surface masa depan. Bahkan, Wakil Presiden Eksekutif dan CMO Microsoft, Chris Capossela sudah sesumbar bahwa perangkat baru dengan tombol Copilot bakal bisa ditemui mulai bulan ini.

Tak sedikit OEM akan memperkenalkan perangkat barunya minggu depan di CES 2024 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Besar kemungkinan, perkataan Caposella bisa kita buktikan pada gelaran pameran teknologi terbesar di dunia itu.

Tombol Copilot pada Surface Pro 10 dan Laptop 6 yang sempat dirumorkan kini telah terkonfirmasi. Hal ini menunjukkan bahwa Microsoft memang lebih serius dengan pengembangan AI alias kecerdasan buatan ke depannya.

Bagi kamu yang belum mengetahui, Copilot adalah chatbot AI yang dikembangkan oleh Microsoft. Untuk saat ini, dengan menekan pintasan keyboard Windows + C, kamu sudah bisa memanggil Copilot dan siap untuk digunakan secara cuma-cuma.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.