NativZen
Advertising Area

CES 2024: Samsung Luncurkan TV Neo QLED 2024 Berbasis AI

Seri Neo QLED (Quantum Mini LEDs), TV terbaru yang diperkenalkan oleh Samsung ini telah ditenagai prosesor NQ8 AI Gen3.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Beberapa hari sebelum gelaran CES 2024 dimulai, Samsung bikin gebrakan dengan meluncurkan jajaran TV 2024. Ini menampilkan TV Neo QLED, OLED, dan Micro LED. Yang menonjol adalah seri Neo QLED (Quantum Mini LEDs) yang ditenagai oleh prosesor NQ8 AI Gen3.

Prosesor tersebut tiba dengan peningkatan besar dibandingkan sebelumnya, dengan menggabungkan teknologi prosesor neural quantum berbasis AI milik Samsung. Selain itu, NQ8 AI Gen3 juga menawarkan kecepatan NPU dua kali lipat.

Tak hanya itu, prosesor tersebut juga memiliki kapasitas neural network yang diperluas dari 64 menjadi 512. Samsung sesumbar bahwa inovasi terbaru ini yang nantinya bisa dirasakan oleh pengguna adalah peningkatan kinerja serta visual yang sangat detail di layar.

Dari segi desain, TV Neo QLED 8K sangat ramping, dengan ketebalan hanya 12,9 mm. Desain yang disebut Infinity Air Design ini menawarkan kualitas gambar yang luar biasa dan menciptakan efek cermin unik, yang membuat TV tampak melayang di sekelilingnya.

Dari segi fitur, Neo QLED 8K mengusung teknologi 8K AI Upscaling Pro Super-Resolution berkat NQ8 AI Gen3. Teknologi ini dapat meningkatkan konten resolusi rendah menjadi definisi ultra-tinggi, memastikan tampilan yang jelas bahkan untuk materi definisi standar.

Selain itu, Neo QLED 8K juga dilengkapi AI Motion Enhancer Pro, yang sangat berguna untuk siaran olahraga resolusi tinggi. Fitur ini mengatasi masalah seperti distorsi bola melalui model pembelajaran mendalam untuk deteksi serta peningkatan gerakan.

Tak ketinggalan, Real Depth Enhancer Pro adalah fitur inovatif lainnya yang turut disematkan oleh Samsung. Fitur ini menggunakan AI untuk mengontrol LED mini, menambahkan kedalaman dan detail pada adegan yang bergerak cepat.

Hal ini membuat gambar tampak lebih tiga dimensi dan hidup dengan memfokuskan pada bagian tertentu. Untuk sektor audio yang lebih harmonis, Samsung memperkenalkan Q-Symphony 2024, yang memungkinkan koneksi beberapa speaker nirkabel dan soundbar.

Selain itu, Active Voice Amplifier Pro meningkatkan dialog dan suara di layar menggunakan teknologi AI, untuk memisahkan serta memperkuat input suara dari audio campuran. Jajaran produk ini tak hanya menawarkan TV 8K, tetapi juga 4K, dengan dukungan Tizen OS 2024.

Kehadiran Tizen OS versi terkini juga menyodorkan berbagai peningkatan seperti aksesoris Designed for Samsung Gaming Hub, Mobile Smart Connect, Multi Control, Samsung TV Plus yang telah ditingkatkan, Vibrary, dan 360 Audio.

Jajaran TV Samsung di tahun 2024 ini juga mewakili langkah maju yang signifikan dalam teknologi layar pintar, yang menekankan kualitas, inovasi, dan fitur-fitur yang didukung AI. Itu semua untuk meningkatkan dan mempersonalisasi pengalaman menonton pengguna.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.