NativZen
Advertising Area

Review Sharp AQUOS R8s: Bawa SoC Flagship Lawas, Tetap Bertenaga

AQUOS R8s, ponsel pintar flagship dari Sharp yang dirilis di pada awal Desember 2023 dan membawa SoC lawas, tetapi tetap bertenaga.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Nama Sharp di Indonesia memang belum begitu populer untuk berkompetisi di pasar ponsel pintar. Namun, jika kamu mencari perangkat elektronik untuk kebutuhan di rumah, Sharp adalah “rajanya” dari Negeri Sakura alias Jepang.

Nah, di pasar ponsel Indonesia, Sharp pada awal Desember tahun lalu kembali membuat kejutan dengan meluncurkan hape kelas unggulan terbarunya, Sharp AQUOS R8s Series. Ada dua model yang diluncurkan, yakni AQUOS R8s dan AQUOS R8s Pro.

Bagi yang tertarik dengan Sharp AQUOS R8s, ini adalah model terendah dari seri ponsel pintar tersebut, dan bisa juga dijadikan sebagai pilihan untuk menemani kamu beraktivitas. Lantas, seperti apa daya tarik ponsel pintar ini? Baca review-nya hingga selesai.

Unboxing Sharp AQUOS R8s

Meski datang sebagai ponsel pintar unggulan a.k.a flagship, kotak atau boks kemasan Sharp AQUOS R8s tak berbeda dengan kebanyakan ponsel pintar pada umumnya. Sharp menjual ponsel pintar ini dalam boks kemasan dengan dominasi berbawarna biru muda.

Meski begitu, Sharp menghiasi boks kemasannya, terutama pada bagian muka dengan gambar bodi belakang AQOUS R8s yang memiliki kamera belakang tampak begitu lebih menonjol. Juga turut mencantumkan nama produk bertuliskan “AQUOS R8s”.

Sementara itu, Sharp juga turut mencantumkan sebagian spesifikasi yang dimuat ke dalam AQUOS R8s, ini mencakup nomor model, dimensi unitnya, ukuran layar, hingga konfigurasi kamera. Sayangnya, Sharp tidak mencantumkan chipset yang digunakan.

Saat boks kemasan dibuka, pertama kali yang akan kamu lihat adalah unit dari Sharp AQUOS R8s. Kamu jangan kaget! Sharp tidak membungkus unitnya dengan plastik atau kertas. Ya, ini berbeda dengan kebanyakan pabrikan ponsel pintar pada umumnya.

Selanjutnya, di dalam boks kemasannya, kamu juga akan menemukan lembaran Quick Start Guide yang menyatu dengan Kartu Garansi. Selain itu, Sharp juga menyertakan kepala charger bersama dengan kabel USB Type-C.

Mungkin yang sudah tidak pernah lagi disertakan oleh kebanyakan produsen ponsel pintar dalam paket penjualannya adalah earphone. Nah, jika kamu membeli Sharp AQUOS R8s, Sharp masih menyertakan aksesoris untuk mendengarkan musik. Menarik bukan?

Bingkai Logam, Solid dan Kokoh

Sharp AQUOS R8s bisa menjadi salah satu pilihan ponsel pintar flagship yang dipasarkan secara resmi di Indonesia. Sesuai penamaannya, perangkat ini merupakan penerus dari AQUOS R7s yang hadir di Indonesia pada pertengahan tahun lalu.

Bagi kamu yang tertarik dengan R8s, ponsel pintar ini datang dengan desain yang memang pantas sebagai perangkat unggulan. Meskipun bagian belakangnya ditutup dengan material plastik polikarbonat, tetapi sisi-sisinya diikat dengan material logam yang solid.

Pada panel bagian belakang, Sharp menempatkan dua buah lensa yang diposisikan secara berdampingan. Hanya saja, satu lensa, yang jadi kamera utama tampak begitu menonjol, dan mencantumkan ukuran lensa serta aperture yang dimiliki.

Sementara itu, pada lensa yang lebih kecil di sebelahnya, Sharp menyandingkan dengan LED flash di atasnya. Selain itu, Sharp juga mencantumkan logo “AQUOS” dan “SHARP” yang ditempatkan secara terpisah, di tengah dan di bagian bawah.

Di pasar Indonesia, Sharp memasarkan AQUOS R8s dalam dua pilihan warna, yakni Cream dan Blue. Menariknya, panel belakang yang terbuat dari plastik polikarbonat ini tidak mudah kotor oleh sidik jari, tetapi terasa licin ketika digenggam.

nativzen.com menyarankan kepada kamu yang ingin memiliki AQUOS R8s sebaiknya melindungi ponsel pintar tersebut dengan soft-case atau hard-case. Tetapi, kamu harus keluar uang lagi karena Sharp tidak menyediakan aksesoris tersebut dalam paket penjualannya.

Seperti telah disebutkan bahwa AQUOS R8s diikat dengan bingkai yang terbuat dari logam, sehingga terasa begitu kokoh. Dengan bingkai yang dirancang sedemikian rupa serta sudut-sudutnya dibuat melengkung, handset ini benar-benar menonjolkan rasa premiumnya.

Untuk tombol-tombol pengoperasian, seperti tombol volume dan daya, Sharp menempatkanya secara sebidang pada sisi bagian kanan. Tombol daya yang disematkan juga terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari untuk keamanan.

Sisi bagian atas, kamu akan menemukan port jack audio 3.5mm, lubang mikrofon dan slot untuk menempatkan SIM Card dan microSD Card. Uniknya, untuk membuka slot tersebut, kamu tidak membutuhkan ejector. Ya, cukup dicongkel dengan tangan saja.

Pada sisi bagian bawah, kamu akan menemukan lubang mikrofon yang ditempatkan segaris dengan port USB Type-C serta lubang speaker. Sharp juga menghiasi seluruh sisi-sisi R8s dengan tujuh potongan garis putih yang berguna untuk memperkuat sinyal.

Secara keseluruhan, ponsel pintar ini juga sudah lolos dari pengujian Military Standar, mulai dari tes jatuh, hingga ditempatkan pada lingkungan ekstrem. Sharp AQOUS R8s ini juga sudah membawa sertifikasi IP68, tahan air dan debu.

Lalu, bagaimana dengan sektor tampilannya? Datang sebagai ponsel pintar unggulan, Sharp meramu R8s dengan panel layar Pro IGZO OLED 6,4 inci FHD+. Diproteksi dengan Gorilla Glass, Sharp mengkalim bahwa layar ponsel pintar ini memiliki refresh rate hingga 240Hz.

Memang, yang nativzen.com rasakan ketika menggulirkan layar saat membuka aplikasi media sosial, seperti Instagram, Facebook dan sebagainya atau berselancar di internet menggunakan aplikasi browser Google Chrome terasa begitu smooth.

Ditambah dukungan Rich Color Technology Mobile yang dipadukan dengan kemampuan 10 miliar warna, layar AQUOS R8s juga mampu menampilkan gambar-gambar dengan visual yang begitu tajam. Apalagi, tingkat kecerahan layarnya ini sudah bisa mencapai 1.300nits.

Hanya saja, yang nativzen.com rasakan bahwa layar Sharp AQUOS R8s masih membawa desain lawas adalah bezel yang disematkan. Ya, Ponsel pintar ini masih mengadopsi bezel yang begitu tebal, apalagi di bagian atas dan bawahnya.

Kekurangan lainnya, Sharp masih menghiasi layar OLED-nya itu dengan poni berdesain lawas, seperti tetesan air hujan yang jatuh ke bumi. Padahal, sudah tak sedikit produsen ponsel pintar di Tanah Air yang meninggalkan desain tersebut, menggantinya dengan punch-hole.

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir ketika harus menatap layar AQUOS R8s dalam waktu yang lama, seperti saat nonton film. Sebab, Sharp menjanjikan bahwa layar ponsel pintar ini telah mampu memfilter blue light yang berbahaya bagi kesehatan mata hingga 50%.

Ditenagai Snapdragon 8 Gen 2

Punya bodi yang solid dan kokoh, sektor dapur pacu Sharp AQUOS R8s juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Ya, ponsel pintar ini ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2. Meski sudah terbilang lawas, tetapi tetap bertenaga.

Seperti yang kita tahu, Snapdragon 8 Gen 2 adalah chipset unggulan yang diperkenalkan oleh Qualcomm pada akhir tahun 2022. Dibangun dengan fabrikasi 4nm, chipset ini dikalim memiliki kecepatan 25% lebih cepat, dengan 40% lebih efisiensi daya dari pendahulunya.

Lebih detail, Snapdragon 8 Gen 2 membawa CPU Octa-core dengan konfigurasi 1 x Cortex-X3 3,36 GHz; 2 x Cortex-A715 2,8 GHz; 2 x Cortex-A710 2,8 GHz; dan 3 x Cortex-A510 2,0 GHz. Performa grafik chipset ini juga dikalim lebih tinggi 25% dari pendahulunya berkat GPU Adreno 740.

Berbekal chipset Snapdragon 8 Gen 2, pengguna AQUOS R8s juga akan dimanjakan dengan Snapdragon Elite Gaming. Ini sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Qualcomm untuk meningkatkan pengalaman bermain game di perangkat selular, a.k.a ponsel pintar.

Tak ketinggalan, perangkat mobile yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Ge 2 juga akan dimanjakan dengan Snapdragon Sound. Dari penamaannya tentu saja kamu sudah tahu bahwa teknologi ini hadir untuk memberikan kualitas audio yang lebih imersif.

Tidak hanya Snapdragon 8 Ge 2, performa tangguh yang ditawarkan AQUOS R8s juga tak lepas dengan dukungan memori yang disematkan. Di pasar Indonesia, Sharp memasarkan ponsel pintar berbasis Android 13 ini dengan RAM 8GB dengan teknologi LPDDR5x.

Sementara itu, untuk kapasitas penyimpanan internalnya, AQUOS R8s yang berjalan dengan antarmuka AQUOS UX 13 ini memiliki ROM 256GB UFS 4.0. Jika dirasa kurang, kapasitas untuk penyimpanan datanya itu masih bisa diperluas menggunakan kartu microSD.

Kamu yang tertarik dengan Sharp R8s juga tidak perlu khawatir dengan panas yang ditimbulkan. Ponsel pintar ini dirancang oleh Sharp dengan desain sistem pembuangan panas baru, yang menyalurkan udara panas melalui thermo ring di sekeliling kamera belakang.

Dengan begitu, suhu perangkat ini tetap berada pada kinerja yang optimal. Pengguna pun pada akhirnya dapat beraktivitas dan menikmati berbagai konten tanpa hambatan. Sementara, untuk sektor catu daya, ponsel pintar ini dipasok dengan baterai 4.570 mAh.

Ditunjang dengan spesifikasi yang telah disebutkan di atas, nativzen.com merasakan bahwa Sharp AQUOS R8s mampu diajak beraktivitas secara normal, mulai dari berselancar di internet, dipakai untuk berkomunikasi, hingga menikmati hiburan.

Digunakan untuk mendengarkan musik atau nonton film saat “me time”, AQUOS R8s bisa menjadi perangkat yang menyenangkan. Bagaimana tidak! Sharp telah membekali ponsel pintar ini dengan dukungan Dolby Vision dan Dolby Atmos.

Sudah barang tentu, kombinasi kedua teknologi yang dikembangkan Dolby Laboratories itu bisa meningkatkan pengalaman pengguna dalam menikmati hiburan, seperti mendengarkan musik dengan suara yang jelas dan nonton film dengan visual yang tajam.

Menariknya lagi, Sharp juga telah membekali AQUOS R8s dengan dukungan dual speaker stereo. Lalu, bagaimana jika ponsel pintar ini dipakai untuk bermain game? Dukungan Snapdragon 8 Gen 2, ditambah RAM 8GB jadi bukti yang nyata.

Memainkan sejumlah game populer, seperti Mobile Legend: Bang Bang, PUBG Mobile, Asphalt 9: Legends dan eFootball 2024, ponsel pintar kelas unggulan dari Sharp ini mampu melahapnya. Artinya, tidak ada masalah berarti ketika memainkan game-game tersebut.

Tak ketinggalan, nativzen.com juga ingin membuktikan performa yang dimiliki oleh Sharp AQUOS R8s ini melalui tools benchmarking. Ada empat tools yang digunakan, yakni AnTuTu 10, Geekbench 6, 3DMark dan PCMark. Hasilnya, bisa kamu lihat di bawah ini.

Kamera 50MP 1/1.55 Inci

Sharp saat pertama kali memperkenalkan AQUOS R8s di pasar Indonesia mengklaim bahwa flagship terbarunya itu punya dukungan kamera yang telah ditingkatkan. Ya, kemampuan fotografi R8s ini bisa unggul berkat sensor lensa berukuran 1 inci di bagian belakang.

Sensor lensa berukuran 1 inci itu dimuat oleh Sharp ke dalam kamera utama 50MP. Selain itu, Sharp juga menyematkan kamera ultra-wide 13 di bagian belakang serta sebuah LED flash. Menariknya, Sharp juga memperkaya dukungan kamera belakangnya itu dengan gyro-EIS.

Sementara, untuk memanjakan pengguna yang suka foto selfie serta menjawab kebutuhan video call, Sharp telah menyematkan satu lensa lainnya di sisi muka AQUOS R8s. Ada pun lensa yang dimaksud adalah kamera depan dengan resolusi 8MP.

Menggunakan sistem AI yang sama seperti yang ada pada AQUOS R8s Pro, kamu dapat memotret objek di depan mata dengan penuh warna. Selain itu, abadikan keindahan malam bersama R8s dengan memanfaatkan Stary Sky Mode dan Fireworks Mode.

Jika kamu hobi memotret hewan kesayangan, seperti kucing atau anjing yang ada di rumah, Sharp juga melengkapi ponsel pintar ini dengan pelacakan subjek dan autofokus mata yang dapat mengenali seluruh tubuh, wajah, dan mata hewan peliharaan.

Jika ingin menciptakan foto dengan latar belakang blur alias bokeh dan siap untuk dibagikan ke medsos, kamu bisa memilih Potrait Mode. Menariknya lagi, kamu pun bisa mengatur level bokeh yang diinginkan serta level skin dari subjek yang ingin difoto.

Jangan khwatir jika kamu getol memotret menggunakan ponsel pintar dengan mode manual, AQUOS R8s juga menyediakan opsi tersebut. Dengan begitu, kamu lebih leluasa untuk mengatur tingkat ISO, Shutter Speed (SS), White Balance (WB) dan sebagainya.

Dukungan kamera yang ada pada ponsel pintar ini juga mampu kamu mamfaatkan untuk membuat konten video. Menariknya, kamu bisa membuat rekaman video hingga resolusi 8K. Selain itu, ada juga opsi Time Lapse, Slow Video dan HDR Video.

Contoh foto yang dibidik menggunakan Sharp AQUOS R8s

Kesimpulan

Meski ditenagai chipset flagship keluaran 2022, Sharp AQOUS R8s masih jadi ponsel pintar yang layak untuk jadi teman daily driver kamu. Apalagi, perangkat ini hadir dengan desain yang stylish a.k.a tidak ketinggalan jaman untuk di tahun 2024 ini.

Diikat oleh bingkai alumunium, menjadikan ponsel pintar ini begitu nyaman dan terasa solid saat digenggam. Kekurangannya, jika kamu tak ingin bodi AQUOS R8s ini cepat kusam, segera belikan hard-case atau soft-case saat keluar dari kotak kemasannya.

Dipakai sebagai perangkat hiburan, mulai dari mendengarkan musik atau nonton video, AQUOS R8s mampu menyemburkan audio yang gurih didengar di telinga dan visual yang dihadirkan juga sangat tajam di mata dengan warna-warna yang kaya.

Kamu pun tak perlu khawatir ketika ponsel pintar ini diajak untuk membakar waktu sambil bermain game. Dibekali chipset flagship Snapdragon 8 Gen 2, RAM 8GB dan ROM 256GB, AQUOS R8s mampu melahap game-game favorit yang dimainkan oleh banyak orang.

Ketika ingin mengabadikan momen indah yang ada di depan mata, AQUOS R8s punya dukungan kamera yang mumpuni. Diajak memotret pada siang hari bisa, diajak memotret keindahan kota pada malam hari juga sangat bisa.

Dukungan baterai berkapasitas 4.570 mAh, menjadikan ponsel pintar ini bisa menemani kamu seharian. Dibanderol seharga Rp 12.999.000, Sharp AQUOS R8s juga membawa sertifikasi Military Grade sehingga durabilitasnya tidak bisa dipandang sebelah mata.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.